Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan untuk sebuah acara

Cara membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan untuk sebuah acaraKetika ingin mengadakan hajatan atau suatu acara banyak sekali point – pont penting yang harus diperhatikan oleh tuan rumah, salah satunya dari segi konsumsi untuk tamu.

Masalah konsumsi atau makanan yang disediakan oleh tuan rumah menjadi hal penting sebagai bentuk penghargaan dan rasa terima kasih kepada undangan yang datang, pelayanan masalah ini haruslah menjadi pokok yang harus anda perhatikan dengan jeli.

Setiap daerah pasti memiliki etika atau adat dalam mempersiapkan konsumsi untuk para undangan,  untuk di daerah perkotaan atau daerah yang sudah maju biasanya dengan cara prasmanan sedangkan untuk di darah desa atau daerah yang masih belum terjamah dengan kemajuan zaman (mengutamakan adat istiadat) lebih kepada cara sederhana menggunakan media wadah/tempat yang besar yang disi dengan berbagai olahan makanan yang disatukan untuk beberapa orang, min 3 orang. Kedua metode ini memiliki peran dan fungsinya masing – masing sesuai dari kemauan tuan rumah.

#kelebihan dan kekurangan cara prasmanan (modern)
metode penyedian makanan dengan prasmanan modern pada umumnya sudah dipengaruhi budaya barat ketimbang dari budaya local, secara sederhana prinsip motede ini sudah tidak mengedepankan rasa kebersamaan ataupun kekeluargaan dari masing – masing tamu.

Cara penyediaanya yaitu makanan atau sajian di sediakan dalam satu wadah yang tersimpah namun dalam porsi yang besar, antara makanan pembuka, pokok dan penutup di pisahkan dalam beberapa wadah, para undangan yang datang tinggal mengambil makanan pembuka, pokok, penutup sesuai dengan seleranya.

#kelebihan
  • Lebih cepat dan efesien
  • Tidak membutuhkan peralatan makanan yang banyak
  • Lebih hemat tenaga untuk para panitia penyelenggara
  • Lebih formal untuk setiap kalangan dengan status yang berbeda
  • Tidak memerlukan ruangan yang besar
  • Hemat biaya pengeluaran
  • Tidak Banyak makanan  yang terbuang percuma


#kekurangan
  • Meninbulkan persepsi pembagian status antara setiap undangan
  • Tidak memberikan efek lebih rasa kebersamaan dan kekeluargaan
  • Dapat mengikis budaya dan adat yang ada
  • Kadang -  kadang bisa tidak sesuai dengan jumlah makanan yang di perkirakan karna para undangan diberikan kebebasan



#Kelebihan dan kekurangan cara Tradisional
cara tradisional dalam penyuguhan makanan memang masih sangat kental kaitannya dengan budaya dan adat istiadat dari masing – masing daerah. Salah satu yang akan saya ambil contoh untuk kawasan wilayah Kalimantan.

Untuk kawasan Kalimantan, cara penyajian makanan secara tradisional yaitu dengan mengunakan suatu wadah besi yang besar (talam)  yang di isi dengan berbagai olahan makanan pada umumnya terdiri 6 jenis varian. Jumlah orang yang mengkonsumsi pada satu idangan berjumlah 3 orang, para tamu akan makan secara bersama – sama setelah sajian makanan tertata dengan baik pada setiap orang yang telah duduk pada rumah yang telah disediakan.

#kelebihan
  • Kuatnya rasa persaudaraan dan kekeluargaan antara sesama tamu undangan
  • Timbulnya rasa toleransi dan rasa berbagi
  • Menjunjung tinggi adat dan budaya yang ada


#kekurangan
  • Membutuhkan peralatan makan seperti piring, sendok, mangkok dan gelas yang cukup banyak
  • Panitia penyelenggara akan bekerja lebih extra
  • Dana yang dikeluarkan akan lebih mahal sedikit
  • Makanan akan banyak terbuang percuma
  • Memerlukan tempat yang cukup besar
  • Kadang – kadang tidak sesuai dengan manajemen waktu yang telah ditentukan


#Cara membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan

Setelah membahas masalah cara menyediakan dengan metode prasmanan (modern) dengan metode tradisional, selanjutnya kita akan ke artikel inti yaitu membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan.

Sebelum kelangkah pembuatan, terlebih dahulu kita akan kupas lebih jauh apa hubungannya dengan suatu acara, cara penyediaan makanan untuk undangan, dan diakhiri dengan cara membuat pola bunga pada kertas makanan.

Artikel terkait lainnya : Tidak pernah merasa cukup penyebab kekalutan pikiran dalam hidup

Dalam penyajian makanan prasmanan modern, kertas pembungkus makanan sering digunakan sebagai wadah pelapis piring, fungsinya agar piring yang digunakan tidak mudah kotor, dan mudah untuk dicuci kembali sebab piring tidak akan bersentuhan dengan makanan yang telah diambil melainkan pada pembungkus makanan yang ada.

Agar kertas pembungkus makanan yang berbentuk kotak lebih menarik serta dapat menyesuaikan dengan bentuk piring yang berbentuk lingkaran, untuk itulah dibentuk sedemikian rupa menyerupai piring dengan pola lingkaran dan dipadukan dengan bentuk bunga, cara pembuatannya cukup sederhana, langkah – langkahnya sebagai berikut :

#proses pembuatan
Langkah awal – sediakan alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu seperti kertas pembungkus nasi, gunting, dan pensil

Cara membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan untuk sebuah acara
Cara membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan untuk sebuah acara

Langkah ke2 – sediakan kertas pembungkus nasi, lipat kearah kiri, selanjutnya lipat keatas, pada bagian yang terbuka, selanjutnya lipat menjadi bentuk segitiga.

Langkah ke3 – tinggal buat pola  yang anda inginkan, kamu bisa berkerasi sendiri dengan menggunakan pensil, jika ingin membuat pola bunga maka buatlah pola dengan bentuk bergelombang dari atas kebawah semakin turun, selanjutnya tinggal gunting dengan rapi. Maka hasilnya akan Nampak seperti di bawah ini. Proses selesai.

Cara membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan untuk sebuah acara
Cara membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan untuk sebuah acara

Karna jumlah undangan yang datang akan banyak, tentu kertas pembungkus makanan juga harus banyak dibuat, tips sederhananya kertas awal yang telah dibuat digunakan sebagai pola seterunya agar tampilannya semetris dengan kertas lainnya.

Catatan PENTIN! Beda daerah beda pula adatnya, begitu dengan tradisinya, kebanyakan orang mengatakan bahwa meletakkan kertas pembungkus makanan di atas piring makanan adalah suatu yang tidak beretika atau rasa tidak hormat kepada undangan sehingga tips diatas tidak sopan untuk dilakukan.

Tidak menutup kemungkinan untuk daerah anda tidak mempermasalahkan hal ini, karna ini hanya anggapan masyarakat saja, lagian toh keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan lebih banyak karna piring akan lebih bersih dan mudah untuk dicuci kembali.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai berbagai pelayanan konsumsi modern dan tradisional, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing –masing tergantung anda ingin menerapkan yang mana dalam suatu acara yang anda buat. Semoga tips dan tutorial diatas dapat membantu apa yang anda cari, sampai jumpa lagi.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan untuk sebuah acara"

Berlangganan via Email