Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat wadah penggulung tali agar tidak kusut serta cara perawatan tali agar tidak rapuh

Cara membuat wadah penggulung tali agar tidak kusut serta cara perawatan tali agar tidak rapuhTali adalah satu satu benda yang banyak Sekali fungsinya, dari kegiatan belajar, kegiatan pertanian, hingga berbagai aktivitas kerja lainnya seperti pertambangan, pertukangan, dan lain sebagainya.

Tali dapat digunakan sesuai dengan fungsinya, tentu hal ini dilihat dari jenis tali yang digunakan, untuk tali nilon biasanya digunakan untuk benang pancing serta benang layang-layang, tali kapas digunakan untuk berbagai simpul pelajaran, tali tambang digunakan untuk aktivitas pertambangan, dan masih banyak yang lainnya, intinya fungsi tali akan disesuaikan dengan jenis tali tersebut.

Tali memiliki ciri yang umum yaitu bersifat memanjang dengan bentuk bulat dengan diameter yang berbeda-beda semakin besar diameter tali semakin kuat tali dan tidak mudah putus, selain itu ketahanan tali juga di lihat dari bahan tali tersebut, tali plastik cendrung mudah putus dari pada jenis tali lainnya.

Karna sifat tali yang kecil serta memanjang hingga bahkan sampai beberapa kilometer, menyebabkan proses penyimpanan tali selalu digulung. Namun bagaimana jadinya ketika anda membeli tali, namun tali tersebut berlebihan, biasanya anda simpan bukan? Nah, agar proses penyimpanan tali lebih awet serta tidak mudah kusut ketika digunakan kembali ada beberapa tips yang dapat anda lakukan.

Nah, dalam kesempatan kali ini admin akan berbagi tips cara membuat alat atau wadah tempat penyimpanan tali agar tidak mudah kusut serta tips cara menyimpan tali agar tidak mudah rapuh atau rapuk sehingga tali tidak mudah putus. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Cara membuat wadah penggulung tali agar tidak kusut

Karna salah satu ciri-ciri tali yang panjang menyebabkan tali mudah sekali kusut apalagi jenis tali yang diameternya sangat kecil seperti tali nilon, tali tangsi, tali gelasan, dan lain sebagaiya.

Bentuk tali seperti ini lebih baik disimpan pada benda yang memiliki bentuk bulat seperti toples ataupun bekas pipa air yang besar, namun untuk jenis tali tambang ukuran sedang yang sifatnya licin sangat tidak cocok jika disimpan dan gulung pada toples yang sifanya licin.

Agar tali tidak kusus ketika digunakan ulang, kamu harus menyipan tali pada wadah yang pas, soalnya tali yang kusut sulit sekali diperbaiki, langkah yang paling mudah yaitu dengan cara memotong tali, tapi tali yang potong tentu akan mengurangi panjangnya tali tersebut.

Dari pada hal ini terjadi sebaiknya anda membuat wadah penggulungan tali yang cukup mudah, bahkan hanya sekali proses pengerjaan sudah selesai, walaupun mudah dibuat tapi fungsinya jauh lebih besar untuk kamu gunakan. Berikut ini proses pembuatan wadah penggulung tali yang simpel.

#Proses pembuatan wadah tali agar tidak kusut
Langkah pertama – siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu hanya 1 bilah kayu kecil serta pisau

Langkah kedua  - ambil satu bilah kayu, selanjutnya potong kedua sisinya seperti segitiga, besar pemotongan tergantung besar tali dan panjang tali, semakin besar tali yang akan digulung semakin besar pula segitiga yang harus kamu buat

Langkah ketiga – setelah itu, maka alat  atau wadah tempat menggulung tali sudah siap, cara penggunaanya cukup simpel, ikat ujung tali pada bagian tengah wadah penggulung, selanjutnya gulung tali dari ujung segitiga ke ujung segitiga lainnya, lakukan proses ini hingga seluruh tali tergulung semuanya.

Cara membuat wadah penggulung tali agar tidak kusut serta cara perawatan tali agar tidak rapuh
Cara membuat wadah penggulung tali agar tidak kusut serta cara perawatan tali agar tidak rapuh

Wadah tali yang kamu buat sangatlah simpel bukan, namun dijamin tali yang akan kamu simpan tidak akan kusut ketika digunakan kembali, karna tali akan tertarik secara teratur ketika digunakan, karna penyebab tali kusut pada umumnya sebab bagian tali pada permukaan bawah tertarik keluar, biasanya kejadina ini sering terjadi ketika kamu menyimpan tali sembarangan atau menggulung tali tampa wadah yang benar.

Artikel terkait lainnya : Cara memasang GRC Board atau fiberflat untuk dinding rumah agar terlihat seperti rumah beton

Selain itu penggulung tali dengan menggunakan wadah diatas akan membuat praktis proses penyimpanan selanjutnya serta tali akan lebih tahan lama jika disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

Selain langkah diatas, ada beberapa tips perawatan tali agar tali tidak mudah rapuh ketika disimpan, apa saja itu? Ulasannya sebagai berikut.

#Cara perawatan dan penyimpanan  tali agar tidak rapuh

Waupun tali terbuat dari bahan plastik atau nilon atau sebagainya yang pada intinya sulit sekali mengalami proses pelapukan karna sifat dari plastik yang sukar terurai, tapi karna diameter tali sangatlah kecil sedikit saja mengalami rapuh atau rapuk pada bagian tali dapat menyebabkan tali menjadi mudah putus.

Agar hal ini tidak terjadi, kita perlu mengetahui proses penyimpanan tali yang baik agar tidak mudah rapuh, berikut tips sederhananya sebagai berikut.

1. Simpan tali dengan cara digulung dalam wadah
Seperti yang telah diuraikan diatas bahwa tali akan lebih awet dan tidak mudah rapuh ketika disimpan dengan cara dulung ketimbang ditumpuk begitu saja, selain itu penggulungan tali dengan wadahna membuat tali tidak mudah kusut serta mudah digunakan ketika diperlukan.

2. Simpan tali ditempat yang kering
Semua benda akan mudah rapuh dan rapuk ketika disimpan di tempat yang lembab termasuk tali, tali yang disimpan dalam tempat yang basah dan lembab menyebakan tali menjadi berlumut dan lambat laut akan rapuk dengan sendirinya, proses pelapukan tergantung jenis dan ketebalan tali itu sendiri, jadi simpanlah tali pada tempat yang kering.

3. Simpan tali dengan cara digantung
Tali akan lebih awet dan tahan lama ketika disimpan dengan cara digantung, hal ini karna sirkulasi udara yang masuk dan keluar setabil, jenis tali nilon dan tangsi wajib sekali anda letakkan secara bergelantungan, jika anda perhatikan ditoko – toko perlatan pancingan selelu para penjual meletakkan berbagai tali secara bergantungan terutama untuk tali yang memiliki diameter tali yang kecil seperti nilon dan tangsi pancingan.

4. Simpan tali ditempat yang sejuk hindari sinar matahari langsung
Panas matahari secara langsung dapat membuat tali memuai dan mengalami pembesaran molekul tali sehingga tali menjadi lebih lentur namun efek yang ditimbulkan menjadi rapuh, walaupun efek yang ditimbulkan tidak begitu besar, akan tetapi setidaknya hindari menyimpan tali di bawah sinar matahari langsung. Proses ini dapat anda lakukan ketika tali dalam keadaan basah, sedangkan jika sudah kering sebaiknya tali disimpan di dalam ruangan saja.

5. Hindari menumpuk tali dengan benda lain yang bersifat basah
Menumpuk tali dengan berbagai perabotan rumah tangga lainya dapat memicu tali menjadi basah, terutama berupa minyak, dan cairan yang bersifat asam, cairan – cairan seperti dapat memicu tali menjadi sangat mudah rapuh dan rapuk, sebainya tali disimpan secara digantung di dinding rumah ketika disimpan dalam gudang.

6. Simpan tali pada tempat penyimpanan yang lazim anda letakkan
Pada umumnya sifat manusia selalu menyepelakan sesuatu, ketika dibutuhkan dicari minta ampun, namun ketika tidak dibutuhkan dibuang begitu saja, salah satu benda tali, walaupun fungsinya hanya sekali – kali saja namun tetap saja kadang – kadang dibutuhkan juga.

Agar anda tidak terus membeli tali dipasar karna selalu membuang tali begitu saja, atau anda selalu menyimpan tali sembarangan yang harus memaksa anda bongkar gudang, sebaiknya letakkan tali pada tempat yang lazim dan yang umum anda letakkan agar proses pencarian tali ketika digunakan dapat berlangsung secara cepat dan efesien.

Nah, sekarang kamu sudah memahami tentang Cara membuat wadah penggulung tali agar tidak kusut serta cara perawatan tali agar tidak rapuh.
Saran dari saya adalah segala sesuatu benda yang bermanfaat jangalah dibuang begitu saja, sebaiknya simpan dalam gudang dan letakkan sesuai dengan tempatnya, karna bisa jadi barang yang sudah tidak terpakai bisa digunakan dikemudian hari.

Selain itu agar barang yang tidak terpakai tidak rusak dan rapuk seperti tali sebaiknya simpan secara benar dan teliti, jika barang berupa benda yang masih layak pakai, jual saja di OLX mungking ada yang beli, lumayun nambah uang jajan anak. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi anda, sampai jumpa lagi, wasalam.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat wadah penggulung tali agar tidak kusut serta cara perawatan tali agar tidak rapuh"

Berlangganan via Email