Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah

Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah - Leptop adalah perangkat elektronik yang paling banyak digunakan oleh manusia pada era sekarang, walaupun masih kalah saing dengan smarphone yang lebih simpel dan multifungsi, namun leptop memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh smarphone yaitu sebagai alat yang membantu pekerjaan manusia dalam bidang administrasi, akuntansi, multimedia, presentasi, bisnis, hingga pekerjaan yang berhubungan dengan IT dan lain sebagainya yang lebih mutahir dan canggih ketimbang teknologi pada smarphohe.

Setiap hari perusahan – perusahan ternama selalu berinovasi menciptakan berbagai bentuk dan model leptop dengan berbagai bentuk kecanggihannya.

Walaupun demikian leptop lama anda tetap menjadi idola anda bukan? Memang leptop yang menamani susah duka dan bahagia dalam bekerja menjadi alat elektronik tersendiri yang menjadi histori dalalm perjalanan hidup anda.

Kadang – kadang ketika seseorang sudah mencintai sesuatu, ia sulit sekali untuk melepasnya, termasuk hanya sekedar leptop pribadinya.

Termasuk saya sendiri yang sudah menggunakan leptop acer aspire selama 5 tahun walaupun ada beberapa bagian yang harus diganti juga pada akhirnya, namun karna leptop inilah yang selalu menemani saya dalam mengerjakan tug@s disekolah, menjadikan leptop histori.

Salah satu bagian yang telah rusak yaitu bagian keyboard, maklum setiap hari selalu menulis dan mengetik berbagai artikel dan informasi berita lainnya, tapi alhamdulillah dalam jangka 3 tahun keyboard baru menunjukkan gejala – gejala kerusakan, memang penggunaan keyboard yang terlalu sering penyebab singkatnya umur keyboard leptop  yang kita miliki. Untuk itu kita perlu merawatnya.

Artikel terkait lainnya : 7 Tips merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak 

Karna terlanjur cinta dengan leptop kesayangan saya, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti saja keyboard leptop ini dengan yang baru, hal ini juga di faktori dengan cara memasang keyboard di acer aspire tergolong mudah, jadi saya hanya membeli bahan keyboard baru saja, selebihnya bisa pasang sendiri.

Bagi teman – teman yang bingung bagaimana cara memasang keyboard pada leptop, berikut ini kami sajikan tutorial cara mengganti keyboard yang rusak dengan yang baru, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

#Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah

Tidak semua leptop memiliki bentuk cara pemasangan keyboard yang sama, leptop merek Toshiba atau asus akan berbeda dengan acer, tapi secara umum dapat dibedakan menjadi 2 tata letak keyboard :

Tipe (1) keyboard berada di bagian atas komponen lain sehingga untuk proses penggantian keyboard yang rusak tidak perlu membokar komponen lainnya cukup langsung mencopot keyboard yang rusak lalu menggantinya.

Tipe (2) keyboard berada di bagian dalam dan tidak akan bisa di lepas dari atas, untuk proses penggantian keyboard yang rusak harus melalui tahap bonkar komponen – komponen lain terlebih dahulu, baru bisa membuka keyboard yang akan diganti.

Sekarang anda harus memperhatikan leptop anda apakah masuk kedalam tipe 1 atau tipe 2. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan leptop acer aspire 4738Z yang memiliki tipe tata letak keyboard tipe 1 jadi proses bongkar keyboard tidak memerlukan perhatian khusus. Proses dan langkah bongkar dan pemasangannya sebagai berikur :

Langkah pertama – siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu obek, serta keyboard leptop baru

Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah
Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah

Langkah kedua – perhatikan sisi atas kiri dan kanan atas keyboard terdapat bagian seperti tonjolon, tekan kebawah bagian tersebut lalu ungkit, lakukan pada bagian kiri da kanan.

Langkah ketiga – buka secara perlaha-lahan, ingan jangan asal Tarik karna kabel penghubung keyboard dan komponen leptop masih meyatu.

Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah
Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah

Langkah keempat – buka klip penghubung antara kabel keyboard dengan komponen leptop secara perlahan, Tarik klipnya ketas maka kabel keybordnya akan lepas. Selanjutnya keyboard leptop bisa dilepas seutuhnya.

Langkah kelima – anda tinggal memasang keyboard leptop yang baru dengan cara memasukkan kabel keyboard leptop pada klip yang ada selanjutnya tutup kebawah klipnya sebagai tanda terhubungnya antara komponen leptop dengan keyboard leptop.

Langkah keenam – tinggal pasang seperti semua, masukkan dari bawah terlebih dahulu selanjutnya tekan bagian kiri dan kanan atas. Proses selesai.
Sebagai pengujian anda tinggal gunakan dan coba ketik beberapa hurup yang ada, jika berfungsi maka proses pemasangan sukses.

Nah, mudah bukan cara mengganti keyboard leptop acer. Bagi anda yang memiliki tata letak keyboard tipe2 yaitu berada di dalam sehingga harus dibongkar pasang terlebih dahulu komponen – komponen yang ada, sebaiknya serahkan saja pada ahlinya atau jasa repair leptop untuk menghindari atau kerusakan pada komponen yang lain.

Semoga tutorial yang singkat ini dapat memberikan pengetahuan baru buat anda mengenai dunia IT dan teknologi, sampai jumpa lagi,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara mengganti keyboard leptop acer aspire dengan mudah"

Berlangganan via Email