Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengolah buah sirsak mangkal menjadi kolak pandan

Cara mengolah buah sirsak mangkal menjadi kolak pandanBuah sirsak termasuk buah yang banyak tumbuh dikawasan asia tenggara, termasuk Indonesia, buah sirsak memiliki nama yang unik dari setiap daerah, seperti buah kelanda, buah putih, dan lain sebagainya.

Buah sirsak memiliki tekstur yang lembut ketika sudah matang dengan syerat – syerat yang halus berwarna putih, rasanya manis disertai rasa khas asam yang unik, terdapat biji berwarna hitam, kulit buah ini berwarna hijau ketika mangkal dan hijau kekuning – kuningan ketika masak/matang.

Cara mengolah buah sirsak mangkal menjadi kolak pandan
Cara mengolah buah sirsak mangkal menjadi kolak pandan

Buah sirsak diperkaya mengandung antioksidan yang tinggi serta mengandung multivitamin C yang banyak. Buah sirsak banyak sangat cocok dikonsumsi untuk memenuhi zat vitamin dan antioksida di dalam tubuh.

Selain buahnya yang mengandung banyak manfaat, daun buah sirsak juga memiliki sejuta manfaat, yang paling diunggulkan diabad modern ini sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kenker pada tubuh, wow hebat bukan.

Buah ini memang tidak seramai buah – buah pada umumnya seperti jeruk, apel, anggur yang sangat mudah sekali anda temukan dipasar – pasar modern. Buah ini hanya akan mudah anda temukan dipasar – pasar tradisional yang asli saja.

Walaupun demikian anda tetap bisa merasakan dari manfaat dan cita rasa buah sirsak dari berbagai olahan oleh ibu – ibu rumah tangga, seperti buah sirsak di buat menjadi sirup sirsak, atau dodol sirsak, atuapun selai sirsak, semua olahan ini tentu membutuhkan bahan baku buah sirsak  yang matang.

Jika anda pergi kepasar – pasar tradisional jangan herat jika anda akan menemukan buah sirsak yang masih mangkal, memang buah sirsak termasuk buah yang cukup lama matang di pohon sehingga para petani sering memetik buah sirsak ketika terasa setengah matang (belum matang secara utuh) selain alasa berikut karna faktor buah sirsak yang cukup lembek ketika matang sehingga sulit untuk dibawa dalam jumlah besar.

Tapi jangan khawatir karna buah ini sangat mudah matang jika dilakukan proses pemeraman yang baik, namun jika anda tidak sabar lagi merasakan buah sirsak walaupun masih mangkal, ada beberpa olahan yang cocok anda terapkan pada buah sirsak, salah satunya olahan kolak sirsak yang manis.

Pernahkan anda mencicipi rasa kolak dari buah sirsak, hem.. pensaran bukan, bagaimana rasanya dan proses pembuatannya? 

Nah, dalam kesempatan kali ini admin ingin berbagai pengalaman membuat kolak sirsak yang lezat dan berbagi sedikit bagaimana cita rasa dari kolak sirsak ini. 


#Cara mengolah buah sirsak mangkal menjadi kolak pandan

Buah sirsak yang mangkal memiliki tekstur yang keras, berbeda jauh ketika telah masak, sehingga buah sirsak yang belum matang tidak bisa dimanfaatkan secara langsung. Walaupun demikian buah sirsak masih bisa diolah dan dikonsumsi salah satunya dibuat kolak. 

Proses pembuatan-nya hampir mirip dengan proses pembuatan kolak pada umumnya, atau hampir sama persis dengan pembuatan kolak ubi, yang membedakan hanya bahan dasar-nya saja, tutorial pembuatan-nya sebagai berikut :

#Alat dan bahan
  • Buah sirsak mangkal
  • Gular pasir
  • Gula merah (sesuai selera)
  • Cita rasa  yang anda inginkan (daun pandan, vanili, durian)
  • Garam secukupnya
  • Air
  • Santan kental


#Proses pembuatan kolak sirsak
Langkah pertama – siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kolak

Langkah kedua – kupas kulit buah sirsak hingga bersih, selanjutnya potong buah sirsak sebesar ¼ potongan tahu, cuci hingga bersih. 

Langkah ketiga – Siapkan wadah, isi dengan air, rebus buah sirsak, tambahkan sedikit garam, lakukan proses perebusan hingga buah sirsak ½ lembut, jangan sampai terlalu lembut.

Langkah keempat – setelah buah sirsak sudah terasa lembek, angkat dan tiriskan, selanjut-nya keproses pembuatan air kolak yang manis, siapkan air, santan, cita rasa yang anda inginkan bisa vanili, duren, atau pandan) karna saya menyukai rasa original dari sirsak, jadi saya hanya menggunakan daun pandan.

Langkah keempat – rebus semua bahan, sambil dimasukkan garam secukupnya, gulu pasir, serta gula merah (sesuai selera),dan jangan lupa buah sirsak yang telah direbus setengah lembek sebelumnya.

Langkah kelima – aduk secara perlahan agar santan tidak menggupal, setelah rebusak kelok mendidih dan potongan buah kelak sudah terasa lembut dilidah, angkat dan kolak buah sirsak siap dihidangkan.

Cita rasa versi admin – rasa yang dihasilkan dari kolak buah sirsak hampir sama dengan kolak ubi, perbedaannya hanya pada tekstur dari buah sirsak itu sendiri, dimana seperti kita makan buah dengan serat – seratnya dipadukan dengan kuah kolak yang manis, tentu akan menghasilkan cita rasa yang belum pernah anda rasakan, untuk mengetahui lebih dalam rasanya, buat sendiri ya gan ?

Artikel terkait lainnya : 5 kreteria teman sahabat sejati untuk kesuksesan dunia akhirat

#Cara mengolah buah sirsak mangkal menjadi gorengan yang crispy

Selain dibuat menjadi kolak, ternyata buah sirsak yang mangkalpun dapat dibuat aneka gorengan dangan topik sesuai selera anda. Hal ini menunjukkan buah sirsak yang mangkal memiliki rasa yang netral tidak terlu asam sehingga apabila dogoreng akan menghasilkan buah dengan tekstur yang empuk namun tidak asam melainkan ada rasa khas sirsak yang masih tersembunyi yang tidak bisa dijelaskan. Proses pembuatan gorengan buah sirsak dengan aneka toping, langkah – langkahnya sebagai berikut :

#Alat dan bahan
  • Buah sirsak mangkal
  • Tepung sasa pisang goring (biar  lebih praktis)
  • Toping pilihan (susu, coklat, keju)
  • Air
  • Minyak Makan


#Proses Pembuatan goreangan buah sirsak
Langkah pertama – siapkan alat dan bahan yang akan dibutuhkan dalam proses pembuatan gorengan buah sirsak ini.

Langkah kedua – siapkan buah sirsak yang telah dikupas kulitnya, lalu potong sesuai ukuran anda, cuci bersih, lalu tiriskan.

Langkah ketiga – langkah selanjutnya buat adonan dari gorengan dengan tepung sasa pisang goreng (biar lebih praktis tampa embel – embel bumbu lagi), tambahkan sedikit air, aduk hingga merata hingga menjadi adonan gerengan.

Langkah ketiga – siapkan wajan atau kuali, isi dengan minyak sayur, tunggu hingga panas. Sambil menunggu minyak panas, campurkan adonan tepung sasa pisang goreng dengan buah sirsak mangkal, aduk hingga buah sirsak mangkal yang telah dipotong menyatu dengan adonan gorengan.

Langkah keempat – pisang goreng siap digoreng hingga masak dengan tekstur yang renyah di luar tapi empuk didalam, agar menambah cita rasa lebih nendang tambahkan toping sesuai selera anda, kamu bisa menjadikan sirsak goreng keju, atau sirsak goreng coklat, atau sirsak goreng keju coklat. Setelah di beri toping, buah sirsak goreng siap disajikan kepada keluarga anda. Sangat cocok di musim dingin ditambah dengan minum teh hangat pasti lebih makyus.

Cita rasa versi admin – rasa dari buah sirsak goreng menghasilkan cita rasa yang luar biasa, dimana akan terasa crispy diluar namun setelah di gigit sangatlah empuk. Jika dibayangan menyerupai ubi ungu yang digoreng namun lebih empuk dan lebih lezat. dengan cita rasa netral namun tatap mempertahankan aroma khas dari buah sirsak itu sendiri. Agar rasanya lebih mantap tambahkan toping agar perpadukan antara buah sirsak goreng lebih lezat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara mengolah buah sirsak yang mangkal menjadi olahan yang nikmat. Buah sirsak memang diperkaya denga sujata manfaat dan khasiat, dengan mengkonsumsi buah sirsak otomatis kita telah menjaga kesehatan tubuh kita dari zat gizi pada makanan, buah sirsak yang mangkal-pun tidak luput dengan kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi, jika anda penasaran ingin mencicipi bagaimana rasanya buah sirsak dijadikan golak, anda harus membuat dan mencobanya sekarang.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam bidang kuliner sampai jumpa lagi pada info – info menari lainnya. Bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara mengolah buah sirsak mangkal menjadi kolak pandan"

Berlangganan via Email