Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara bermain lomba makan kerupuk serta peraturannya

Cara bermain lomba makan kerupuk serta peraturannya Kerupuk adalah salah satu jenis cemilan yang cukup populer di indonesia, bentuk dan varian rasanyapun cukup beragam, mulai dari yang manis, pedas, hingga asin. 

Selain menjadi cemilan serta lauk pendamping makanan, ternyata kurupuk juga bisa menjadi alat untuk kegiatan lomba, istilah lombanya yaitu lomba makan kerupuk, lomba ini sering sekali di mainkan dan dipertandingkan ketika ada peringatan atau ulang tahun, salah satunya HUT Kemerdekaan indonesia ke-72 kemaren.

Cara bermain lomba makan kerupuk serta peraturannya
Cara bermain lomba makan kerupuk serta peraturannya 

Bagi anda yang ingin mengadakan kegiatan lomba makan kerupuk di wilayah anda, berikut ini kami sajikan beberapa alat, cara dan peraturan permainan makan kerupuk, serta tips agar dapat menang dalam perlombaan ini, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

#Cara bermain Lomba makan kerupuk

Seperti yang telah diutarakan diatas, lomba makan kerupuk sering kali diselenggarakan ketika ada even-even tertentu. Peserta dari lomba makan kerupuk identik dengan anak-anak, karna kegemasan dan kelucun mereka pada saat melahap kerupuk membuat permainan ini cukup menarik untuk ditonton.  Berikut ini beberapa alat yang perlu kamu sediakan dalam permainan lomba makan kerupuk diantaranya.

#Bahan

  • Kerupuk bayam (Bulat)
  • 2 Tiang (Bambu)
  • Tali rapia

#Cara dan Peraturan dalam lomba makan kerupuk

Langkah pertama – potong tali rapia, ikatkan tali tersebut ke bagian rongga kerupuk, selanjutnya bentangkan tali rapia pada satu tiang dengan tiang lainnya.

Langkah kedua – ikatlah satu persatu kerupuk yang telah di beri tali rapia sebelumnya, letakkan kerupuk secara memanjang hingga ujung tiang (porsinya tergantung jumlah kerupuk yang ada)

Langkah ketiga – peserta berbaris dalam posisi seling – seling, ada yang di depan dan ada yang dibelakang, masing – masing peserta berdiri di depan kerupuk mereka masing – masing

Langkah keempat – peraturan permainan makan kerupuk yaitu, tangan masing – masing peserta diletakkan dibelakang, dan tidak boleh memegang kerupuk ataupun tali kurupuk. Peserta yang melakukan pelanggaran dianggap gugur. Selain itu peserta juga diwajibkan memakan kerupuk yang ada, peserta yang membuang kerupuk (tidak dimakan) dianggap gugur. Jika terjadi insiden kerupuk lepas dari tali yang ada dan jatuh, maka dianggap gugur (mungkin belum beruntung) peraturan terakhir peserta hanya diwajibkan memakan kerupuk bukan tali rapianya. Wkwk,
hehe

Untuk menentukan pemenangnya cukup simpel yaitu peserta yang pertama kali menghabiskan kerupuk tersebut (walaupun masih dalam tahap mengunyah di dalam mulut), bagi peserta yang sudah habis melahap kerupuk yang ada haruslah mengangkat tangannya untuk memberitahukan

Artikel terkait lainnya : 12 Tips mengatasi kejaran anjing agar tidak digigit

Variasi permainan makan kerupuk – mungkin disetiap daerah di memiliki varian dalam permainan ini, mungkin anda dapat memberikan variasi unik di permainan makan kerupuk misalkan menambahkan alunan musik dan mengubah sedikit peraturannya, yaitu peserta harus berhenti memakan kerupuk bayak ketika alunan musik didendangkan, sebaliknya ketika musik berhenti peserta makan kerupuk melanjutkan lombanya.

#Tips agar menang lomba makan kerupuk

Bukan bermaksud sombong atau koseng, hehe, dari SD hingga terakhir mengikuti lomba makan kerupuk, saya belum pernah terkalahkan, haha. Mungkin master makan kerupuk, hehe. Walaupun sebenarnya permainan lomba makan kerupuk ini cukup simpel. Tetapi ada beberap tips yang perlu kamu terapkan agar bisa menang dan dapat mengambil hadianya , berikut ini tips agar menang lomba makan kerupuk diantaranya sebagai berikut.

1. Pilihlah kerupuk dengan diameter kecil
Jenis kerupuk bayam adalah jenis kurupuk tradisional indonesia  yang memiliki rasa gurih dan asin serta renyah, karna termasuk kerupuk tradisional, maka tentu pembuatan kerupuk ini masih minih alat-alat canggih, sehingga diamter dan besarnyapun berbeda – beda dari yang lain, terkadang ada yang besar terkadang ada yang ciyut. Nah kamu dapat memilih kerupuk yang ukuran diameternya kecil agar cepat habis, jika posisi ditentukan oleh panitia, berdoa saja agar posisinya strategis dengan kerupuknya, hehe.

2. pastikan ikatan kerupuk kuat
Jika kerupuk jatuh sebelum habis, tentu kamu akan dianggap gugur, karna cara makan kerupuk kadang – kadang ditarik – tarik, apalagi jika kerupuk bayamnya lempam kaya karet, pasti mudah jatuh, untuk itu sebelum lomba makan kerupuk dimulai, ada baiknya cek terlebih dahulu ikatan tali pada kurupuk di posisi anda.

3. Pastikan ukuran tinggi kerupuk sesuai dengan tinggi anda
Karna setiap anak – anak yang ikut terkadang memiliki tinggi yang tidak sama, maka ukuran tali penyangga kerupuk menjadi tidak rata, tips bagi anda, yaitu dengan melilitkan tali kerupuk beberapa putaran untuk meninggikan kerupuk sedangkan untuk merendahkan bisa menambahkan tali yang lebih panjang lagi. Pengaruh ketinggian kerupuk dapat mempengaruhi posisi anda pada saat makan.

4. Pastikan anda benar-benar lapar
Jika lomba kerupuk diadakan pagi hari di setiap sekolah anda, ada baiknya anda tidak perlu sarapan pagi, agar lapar anda meledak – ledak, jika anda tidak menyukai kerupuk bayam, ibaratkan aja anda sedang makan ayam rasa balado. Rasa lapar juga membuat anda akan cepat menguyah kerupuk.

5. Memiliki kukuatan gigi yang kuat
Jangan heran kalau ada sebagian anak yang giginya berdarah, atau malah kesakitan gigi pada saat menarik kerupuk, walaupun sebenarnya  kerupuk itu renyah, jika memiliki kekuatan gigi yang lemah apalagi yang malas gosok gigi, pasti deh gigi dan gusinya mudah berdarah. Memiliki kekuatan gigi yang kuat perlu diperhitungkan ketika anda ingin mengikuti lomba makan kerupuk ini.

6. Makan dengan diamter yang besar
Jangan kamu ibaratkan lomba makan kerupuk dengan makan biasa pada umumnya, makanlah dengan cara menguyah kerupuk dengan diamter yang benar – benar besar, sampai MAX simal dari mulut kamu dapat menampung, soalnya untuk menangkap mulut menggunakan kerupuk sangat sulit, ada baiknya menangkap kerupuk tidak terlalu banyak namun sekali lahap langsung ¼ bagian hilang.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai bagaimana cara bermain lomba makan kerupuk serta tips agar bisa menang. Sebenarnya menang dan kalah dalam pertandingan itu sudah biasa, yang terpenting sportivitas dan kegembiraan yang dirasakan, walaupun kalah yang penting dapat makan kerupuk gratisss…, nah cukup sampai disini artikel mengenai lomba 17 agustus yang sering di permainnkan, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

2 komentar untuk "Cara bermain lomba makan kerupuk serta peraturannya "

  1. Aku tahun ini ikkut makan kerupuk tapi ga menang,, soalnya kerupuknya tinggi banget jadi makannya harus loncat gitu :(

    BalasHapus
  2. tetap semangat,yang penting dapat makan kerupuk gratis :) hehe

    BalasHapus

Berlangganan via Email