Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melakban kabel terkelupas dari tas plastik bekas yang murah namun kuat

Cara melakban kabel terkelupas dari tas plastik bekas yang murah namun kuat Telah dipaparkan sebelumnya mengenai cara menyambung kabel yang benar agar tidak mudah konselet, dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari yang melakban kabel terkelupas dengan cara yang beda namun lebih kuat dan murah yang menggunakan sangke kresek (tas kresek atau plastik) sebagai media untuk melakban kabel yang terkelupas akibat penyambungan 2 buah kabel.

Seperti yang kita ketahui sebuah energi listrik akan berbahaya jika tersentuh tangan, oleh karena itu ketika melakukan penyambungan kabel,  setelah itu kita perlu melakban kabel tersebut, atau ketika kita melihat kabel yang terkelupas maka perlu tindak lanjut dengan melakban kebel tersebut, secara sederhananya, melakban sebagai proses memberikan media yang bersifat i penghambat arus listrik.

Banyak sekali bahan yang dapat digunakan ketika ingin melakban suatu kabel yang terkelupas, seperti penggunaan lem khusus kabel yang terbuat dari plastik. 

Nah, dalam kesempatan kali ini, admin ingin memberikan sedikit cara melakban kabel dengan tas plastik. Mungkin kamu sudah tahu bukan tas plastik sayur yang sering dipakai dipasar untuk memasukkan bahan – bahan belanja. Pemanfaatan limbah plastik rumah tangga, dapat dimanfaatkan secara sederhana untuk melakukan proses melakban kebel yang terkelupas. 

Jika kita tidak memiliki lem khusus kabel, kenapa tidak mencoba menggunakan tas plastik sebagai media melakban kebel, ternyata cara ini lebih hemat biaya serta yang terpenting tetap kuat bahkan lebih kuat, karna tidak mudah lepas dan awet. Bagaimanakah cara melakukannya, untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Tas plastik bekas menjadi media lakban kebel yang lebih kuat dan murah

Siapa yang tidak kenal dengan tas plastik, hampir setiap ibu – ibu rumah tangga mendapatkan tas plastik setiap harinya dari pasar, tas plastik memang bisa menjadi limbah rumah tangga jika terllalu banyak apalagi tidak dimanfaatkan atau didaur ulang kembali.

Artikel terkait lainnya : 12 Tips mengatasi kejaran anjing agar tidak digigit

Bagi anda yang telah menyambung kabel plastik namun kebingungan melakbannya karna tidak  memiliki lem khusus kabel, tenang saja sobat, kamu dapat memanfaatkan tas plastik bekas. Caranya sebagai berikut.

#Bahan dan alat
Tas plastik berwarna hitam (tas plastik yang berwarna hitam dan keras lebih  di unggulkan) 
Korek api
Gunting
Lilin

#Proses pengerjaan
Langkah awal – siapkan bahan dan alat yang akan diperlukan, ambil tas plastik bekas, gunting memanjang

Langkah kedua – siapkan kabel yang akan di lakban

Langkah ketiga – lilitkan secara rapi tas plastik bekas pada area kebel yang terbuka, secara merata dan rapi

Cara melakban kabel terkelupas dari tas plastik bekas yang murah namun kuat
Cara melakban kabel terkelupas dari tas plastik bekas yang murah namun kuat 

Langkah keempat – setelah itu, agar tas plastik bekas dapat menyatu dengan plastik kebel, hidupkan lilin, lalu panasakan secara merata pada tas plastik, sambil di tekan – tekan dengan jari tangan .

Cara melakban kabel terkelupas dari tas plastik bekas yang murah namun kuat
Cara melakban kabel terkelupas dari tas plastik bekas yang murah namun kuat 

Langkah kelima – lakukan secara merata hingga tas plastik terasa menyatu dengan plastik kabel, intinya semakin rapi kamu membalut dan memanaskannya, semakin rapi kualitas lakban yang kamu lakukan. Proses selesai.

Nah, mudah bukan, selama ini kita pasti bingung ketika ingin menutupi kabel yang terkelupas atau melakban kebel setelah proses penyambungan  karna tidak punya lem khusus kabel, sehingga akhirnya dibiarkan begitu saja, padahal jika kebel yang terkelupas menyentuh tangan dapat memicu sentrum dan kejut listrik yang berpotensi melukai tangan bahkan kerusan tubuh. Untuk itu prosedur yang benar ketika berhubungan dengan listrik yaitu memastikan tidak ada kebel yang terkelupas, terutama untuk kebel – kebel rumah tangga.

Semoga artikel yang sederhana ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian, sampai jumpa lagi pada tips – tips unik lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara melakban kabel terkelupas dari tas plastik bekas yang murah namun kuat "

Berlangganan via Email