Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Historis Desa Pembengis Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi

Desa Pembengis mulai berdiri pada tahun 1965 dengan jumlah penduduk lebih kurang 360 jiwa. Pada saat itu mayoritas penduduknya berpropesi sebagai patani untuk menghidupi keluarganya, dan pernah kejadian pada tahun kurang lebih 1960 hasil dari padi yang sudah di panen, batangnya tersebut berbuah kembali. Itulah yang disebut masyarakat dengan pamangis padi, dan sejak itu desa ini dinamakan dengan Desa Pambangis. 

Historis Desa Pembengis Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi
Kantor Desa Pembengis

Seiring perkembangan zaman, oleh pihak Pemda setempat ingin membuatkan batas wilayah yang diberi dengan tanda gapura dan bertuliskan selamat datang di Desa Pembengis, merekapikir kata Pambangis itu adalah bahasa daerah, sehingga oleh sebab di ubah menjadi Pembengis dengan tanpa ada persetujuan dari desa, oleh karena pemerintah desa tidak ada masalah, desa ini setuju saja dengan nama tersebut, sampai sekarang ini. Desa Pembengis berdiri sejak tahun 1970. Sekarang Desa Pembengis termasuk wilayah kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi yang terdiri dari 15 RT. Adapun kepemimpinan tersebut sampai pada saat ini secara singkat kami sampaikan sebagai berikut :

Historis Desa Pembengis Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi
Desa Pembengis terletak dikecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dengan diapit oleh dua kelurahan yang berbeda kecamatan yaitu Kelurahan Sungai Nibung yang merupakan Kecamatan Tungkal Ilir dan Kelurahan Bram Itam Kiri yang merupakan Kecamatan Bram Itam dan dilalui oleh sungai – sungai yang merupakan anak sungai dari Kuala Tungkal.

Baca Juga: Ajaran dan Nasehat Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

Wilayah Desa Pembengis tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kabupaten Tanjung Jabung Barat yaitu Kota Kuala Tungkal hanya di batasi oleh Kelurahan Sungai Nibung yang merupakan batas awal masuknya KecamatanTungkal Ilir. Desa Pembengis juga merupakan daerah dataran rendah yang dengan struktur tanah lumpur hingga tanah gambut dan tanah liat, yang dilalui oleh Sungai dengan batas-batas sebagai berikut :
  1. Sebelah Utara berbatas dengan :  Sungai Pengabuan
  2. Sebelah Selatan berbatas dengan : Sungai Betara
  3. Sebelah Timur berbatas dengan : Kelurahan Sungai Nibung
  4. Sebelah Barat berbatas dengan : Kelurahan Bram Itam Kiri

Adapun Sungai-sungai yang melewati Desa Pembengis sebagai berikut : Sungai Pengabuan, Sungai Bram Itam, Sungai Pembengis, Sungai Nibung, Parit Cegat, Parit No. 1, Parit No. 2, Parit Saidina, Parit Baru, Parit Lapis, Suak Makun, Parit Lima. Desa pembengis berada pada ketinggian 3 meter diatas permukaan air laut dengan curah hujan rata-rata 200-300 mm/tahun, keadaan suhu udara rata-rata 21 C s /d 27 C. Desa Pembengis merupakan wilayah yang strategis yang terdiri dari pemukiman, TPU, Pekarangan, Perkantoran, dll dengan memiliki luas 8,5 Km Persegi. 

Visi Dan Misi Pemerintahan Desa Pembengis 

Dalam memajukan Desa Pembengis Kecamatan Bram Itam tertuang dalam Visi dan Misi  sebagai berikut :

Visi : Membangun Desa Pembengis Lebih Maju

Misi : 
  1. Bersama masyarakat memperkuat kelembagaan desa yang ada untuk melayani masyarakat secara optimal.
  2. Bersama masyarakat dan kelembagaan desa menyelenggarakan pemerintahan desa serta melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif.
  3. Bersama masyarakat dan kelembagaan masyarakat dalam mewujudkan Desa Pembengis yang aman, tentram, dan damai.
  4. Bersama masyarakat dan kelembagaan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
Baca Juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Historis Desa Pembengis Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi"

Berlangganan via Email