Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikap dan perilaku yang harus di miliki untuk calon wirausaha

Sikap dan perilaku yang harus di miliki untuk calon wirausaha - Sebagai seorang wirausaha muda tentu banyak sekali hal-hal yang harus kamu pelajari, terutama tentang sikap dan prilaku.

Sikap dan perilaku yang harus di miliki untuk calon wirausaha
Sikap dan perilaku yang harus di miliki untuk calon wirausaha

Sikap dan prilaku wirausaha


Sikap dan prilaku yang baik akan membawa kemajuan besar terhadap usaha yang kamu kembangkan, apa saja sikap dan prilaku yang harus di tanamakan dalam dirimu jika ingin menjadi pengusaha yang sukses.


#1. Memiliki rasa percaya diri yang kuat

Percaya diri dapat dimaknai dengan kemampuan yang mempercayai bahwa aku pasti bisa dan menyadari kemampuan diri sendiri sehingga dapat di gunakan secara tepat.

Percaya diri merupakan suatu modal dasar yang di gunkan sebagai aktualitas diri.  Dengan kamu percaya dengan kamampuan dirimu  maka kamu sudah mampu memahami dirimu sendiri.

Orang yang tidak percaya diri (minder) tentu saja akan menghambat pengembangan potensi diri, orang yang tidak percaya biasanya memiliki sifar yang pesimis dalam menjalankan usahanya, ragu-ragu  serta selalu membanding-bandingkan usahanya dengan orang lain.  Hal ini tentu saja salah, karna setip orang pasti memiliki potensi diri yang berbeda-beda maka dari jangan kamu samakan usahamu dari orang lain.

#2. Memiliki sifat disiplin yang tinggi

Dalam berwirausaha tentu saja aktivitas harianmu terjadwal bukan, ya mulai dari bangun pagi hingga tidur lagi.

Dalam mengisi aktivitas harianmu tentu saja harus memiliki sifat disiplin, tidak perlu mengukur jauh-jauh apakah kamu termasuk orang yang disiplin dalam berwirausaha.

Kamu cukup melihat apakah kamu sering bangun pagi atau tidak ? menurut  penelitian bahwa orang yang selalu bangun lebih pagi memiliki sifat disiplin yang tinggi.

Seorang wirausaha harus memiliki kedipsilinan yang tinggi, disiplin dapat di artikan sebagai komitmen yang teratur dalam kegiatan, tugas, dan pekerjaan usahanya. Disiplin itu bukan hanya sekedar melakukan sesuatu hal secara rutin akan tetapi juga di iringi dengan ketapat waktu yang sudah di agendakan sebelumnya. 

Seorang wirausaha yang selalu menunda-nunda aktivitasnya  maka ia akan sulit sekali untuk meraih sukses di masa mendatang.

#3. Berkomitmen tinggi

Berkomitmen dapat diartikan sebagai kesapakatan mengenai suatu hal, seorang wirausaha harus sudah memikirkan dan mengidintifikasi cita-cita/harapan dan targer dalam usahanya, misalakan dalam bulain ini saya harus sudah bisa beli motor, atau yang lain. Maka dari itu tentu saja komitemenmu menentukan usahamu.

Dalam membangun usaha, tentu saja diperlukan target yang perlu di capai. Apa kegunaanya? Kegunaanya banyak sekali salah satunya untuk mengukur usahamu sudah berjalan secara maksimal apa belum. Hal ini tentu saja di gunakan untuk berkomitmen terhadap dirimu sendiri.
 
Tapi bagaimana dengan cara berkomitmen terhadap orang lain terutama konsumen/langganan pembeli produkmu, apa yang harus dilakukan?
Banyak sekali contoh berkomitmen terhadap pelanggan salah satunya yaitu pelayanan prima, memprioritaskan pelanggan dan menjaga kualitas produk yang dipasarkan.

#4. Kejujuran

Kejujuran merupan landasan moral yang pertama harus dimiliki setap calon wirausaha, kejujuran bukalah dinilai dari perkataan saja tapi di nilai dari seluruh aspek yang komplit. Mulai dari produk yang dijual harus sesuai dengan kualitas dan harga, tidak melakukan penyalah gunaan bahan dalam produksi pembuatan atau semacamnya.

Memang di jaman moderen sekarang perilaku jujur sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat kita, karna mereka beranggapan orang jujur itu lambat kayanya. Ini memang sudah menjadi penyakit dalam kehidupan sekarang ini, kita ambil contoh saja dari para penjual es cendol, apakah semua bahan yang digunakan layak dikonsumsi. Nah tentu hal ini kita tidaj dapat memastikan, tapi kebanyakan yang saya temukan yaitu para penjual mencampur pemanis buatan dengan takaran yang lebih tampa menggunakan pemanis alami, karna di anggap pemanis buatan lebih murah ketimbang yang alami, tentu saja hal ini menadakan ketidak jujuran terhap pelanggan.

#5. Memiliki daya kreativitas yang tinggi

Untuk memenagkan pesaingan pangsa pasar dunia ataupun daerah kamu, tentu saja kreativitas kamu dalam berwirausaha, kreativas itu bukan hanya suatu hal yang baru saja akan tetapi memiliki nilai lebih dan kegunaan yang lebih banyak ketimbang produk yang lain.

Maka dari itu kreativitas dan ide merupakan hal yang harus selalu kamu kembangkan dalam berwirausaha, jadilah pengusaha yang selalu memanfaatkan trend dan modifikasi dan selalu update.

#6. Bersikap realistis

Realistis yaitu kemampuan berpikir secara nyata, rasional dan benar dalam setiap pengambilan keputusan. Banyak calon wirausaha yang berpotensi tinggi tapi pada akhirnya mengalami kegagalan karna cara berfikirnya tidak secara rasional, atau dapat di bilang tidak sesuai dengan logika, maka dari itu kamu harus seleksi dalam membuat agenda dan target jangan sampai tidak rasional.

#7. Mandiri

prilaku yang terakhir yang harus dimiliki seorang wirausaha adalah sikap kemandirian.

Kemandirian dapat di katakan berhasil apabila kamu sudah bisa mengambil keputusan dan bertindak sendiri dengan baik tampa memerlukan bantuan dari orang lain. Kemandirian akan menumbuhkan sikap yang lebih dewasa dan bertanggung jawab terhadap usahamu.

jika kamu sudah tahu akan sikap dan prilaku yang wajib di miliki oleh calon-calon pengusaha yang sukses. langkah selanjutnya adalah penerapan dalam aktivitas keseharianmu.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Sikap dan perilaku yang harus di miliki untuk calon wirausaha"

Berlangganan via Email