Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips penggunaan lemai es yang benar agar tahan lama dan tidak mudah rusak

Tips penggunaan lemai es yang benar agar tahan lama dan tidak mudah rusak - sebagai pengguna produk yang baik tentu saja harus mengetahui cara penggunaannya, untuk itu perlunya pengetahuan dasar untuk hal ini.

Lemari es merupakan alat elektronik yang sangat di butuhkan dalam rumah tangga, banyak sekali yang ingin disimpan dalam kotak pendingin ini,mulai dari makanan sampai buah , sayuran, dan daging.

Tips penggunaan lemai es yang benar agar tahan lama dan tidak mudah rusak
Tips penggunaan lemai es yang benar agar tahan lama dan tidak mudah rusak

untuk menjaga lemari es tetap awet dan tahan lama perlunya penggunaan yang benar dan perawatan yang rutin.

nah dalam artikel saya kali ini, saya ingin memberikan tips tentang penggunaan lemari es yang benar. apa saja itu?

Yang perlu di perhatikan sebelum menggunakan lemari es


#1. Pindahkan lemari es dengan hati-hati. Miringkan lemaries (maksimal 50 derajat) ke belakang, kemudian angkat dengan 2 orang atau lebih dengan hati-hati.
Letakkan pada lantai yang datar.

Penepatan pada lantai yang tidak rata dapat menimbulkan getaran dan kebisingan . jika salah satu kaki lemari es tidak tidak menyentuh lantai, mak a aturlah sekrup pengatur ketinggian ‘adjuster bolt” yang terletak disudut bawah engsel pintu lemari es.
 
Letakkan lemari es ditempat yang menurut anda baik, yang aman dan tidak menghalangi ruang gerak. Aturlah penempatan hingga sirkulasi udaranya baik. Beri jarak antara lemari es dengan dinding (dari bagian belakang minimal 10 cm, dari samping 12 cm dan bagian atas 10 cm).
 
#2. Untuk mencegah kerusakan dan berakibat terbakar atau tekena kejutan listrik, hindarkan unit dari tetesan air atau tempat yang berkelembapan tinggi.
 
#3. Hindari lemari es dari penyinaran langsung sinar matahari atau sember panas lainnya (misalnya: lilin kompor, dan lain-lain)
 
#4. Laranglah anak-anak bila berayun / bermain pada pintu lemari es.
 
#5. Lepaskan tusuk kontak dari kotak kontak bila lemai es tidak akan digunakan untuk jangka waktu yang lama.
 
#6. Bila hubungan listrik terputus mendadak, matikan lemari es, putar dial termostaat ke posisi off atau melepas tusuk kontak, untuk menghidupakan kembali tunggu lima menit agar kompresor berada dalam keadaan normal.
 
#7. Gunakan pralatan listrik yang berstandar keselamatan lemari es , biasanya lemari es pada umumnya menggunakan tegangan AC 220V, 50 Hz gunaakan kotak kontak khusus dan jangan dikombinasikandengan pemakian yang lain, tusuk kontak jangan sampai terjepit benda lain.
 
#8. Dilarang mencongkel es evaporator dengan benda tajam.
 
#9. Untuk pemeliharaan lemari es, bersihkan dengan kain lunak basah yang sudah diperas habis airnya tidak menetes ,jangan disenprot (pakai srayer/selang).

jangan memakai larutan yang mengandung bensol, minyak tanah atau pembersih kimiawi lainya. Khusus pada gasket, bila kotoran sudah bersih harus dilap sekali lagi agar gasket tetap bersih dan kering. Gasket yang kotor dan basah akan mudah rusak dan menyebabakan lemari es kurang dingin.
 
Sebelum melepaskan utility shelf, lepaskan terlebih dahulu utility cover.
 

Nama-nama bagian dalam lemari es dan fungsinya


Ice tray fungsinya tempat untuk membuat es
 
Evaporstor door, fungsinya pintu penutup ruang pembeku (freezer).
 
Chilled case, fungsinya tempat penampungan air hasil defrost dan dapat berungsi untuk mentimpan makanan yang membutuhkan suhu rendah. Air hasil defrost harus di buang.
 
Utility shelf, fungsinya untuk temapt mentimpan obat, dll
 
Egg shelf, fungsinya tempat untuk meyimpan telur
 
Dial thermo, fungsinya pengatur suhu pendingin
 
Cover crisper, fungsinya penutup crispir dan berfungsi juga untuk menyimpan makanan
 
Pc tray, funsinya untuk tempat meyimpan makanan
 
Crisper, fungsinya untuk tempat untuk meyimpan sayuran dan buah-buahan agar tetap segar
 
Adjuster bolt, fungsinya untuk kaki kanan yang dapat di putar dan fungsinya juga untuk mengatur kerataan posisi lemari es.
 
Bottle shelf, fungsinya tempat untuk meyimpan minuman dalam botol besar
 
Door gasket, fungsinya karet penyekat pintu
 

Gejala dan masalah pada lemari es dan cara memperbaikinya


Kurang dingin 
periksalah dial thermostat, aturlah pada posisi yang tapat. Periksalah gaske, kemungkinan ada bagian yang ranggang. Mungkin isi lemari es terlalu padat, atau ada makanan yang masih terlalu panas.
 
Mengeluarkan bunyi 
perikasalah kedudukan lemari ws atau lantai yang tidak rata. Periksalah belakang lemari es, mungkin menyentuh dinding atau ada perkakas yang bersandar pada lemari es.
 
Kompresor tidak bekerja
periksalah hubungan kabel sumber listriknya, kemungkinan terlepas atau kurang baik penepatannya, periksalah kotak konaknya kemungkinan arus listriknya terputus.
 
Perhatian
Untuk menghindari terjadinya luka bakar jangan menyentuh kompresor atau pipa dengan tangan saat lemari es beroperasi, karna termperaturnya tinggi.
 
Ketika terjadi ketidak normalan /kerusakan pada lemari es anda, hentikan pemakaan produk dan lepaskan keabel listrinyadari stop kontak , anda bias membawa lemari es anda ke service center.

Tips penggunaan lemari es

 

(a) Bersihkan botol minuman yang akan disimpan, karena dari kotoran yang melekat akan keluar bakteri yang dapat membahayakan kesehatan anda.
 
(b) Bersihkan dan bungkus semua makanan yang akan disimpan dengan plastic, agar kondisinya tetap baik, segar dan baunya tidak mempengaruhi yang lain.
 
(c) Hindari menyimpan makanan yang masih panas ke dalamlemari es, makanan yang masih panas akan mempengaruhi beban pendingin.
 
(d) Atur penepatan makanan agar ruangan lemari es efesien dan tidak menghalangi sirkulasi pendingin.
 
(e) Tutuplah pintu dengan rapat agar mendapat hasil pendingin yang baik.
Pembuatan es
 

Pembuatan es

#1. Pindahkan ice tray dan covernya dari pc tray ruang pembembeku (freezer).
 
#2. Isilah kotak es dengan air yang dapat diminum saja, sesuai dengan batas (water level) yang dianjurkan pada ice tray, lalu masukkan ke dalam tempat ruang pembeku (freezer).
 
#3. Agar cepat menjadi es, putarlah dial pada posisi 3 bila telah menjadi es, keluarkan kotak es dengan hati-hati.
 
#4. Untuk melepaskan es dari kotak es/ ice tray, cukup dengan dipuntir saja. Karena kotak es/ ice tray tersebut sangat lentur.

Penggunaan pengatur suhu

Off, lemari es dalam posisi tidak bekerja
 
Dingin lavel 1, digunakan untuk menyimpan makanan dangan jumlah yang tidak terlalu banyak
 
Dingin lavel 2, digunakan untuk meyimpan makanan dalam jumlah yang banyak.
 
Dingin level 3, digunakan untuk mmbuat es dengan cepat (FC) dan untuk meyimpan makanan yang memerlukan suhu yang sangat dingin.

System pencairan bunga es

(b) Caranya yaitu putar dial thermostat ke posisi OFF untuk memulai pencairan bunga es. Cairan bunga es akan di tamping oleh chilled case yang ada di bawah evaporator. Saat proses pencairan bunga es berlangsung kompresor tidak bekerja, putar kembali dial thermostat ke posisi ke-2 atau ke posisi yang lain sesuai kehendak anda setelah proses pencairan bunga es selesai
 
(a) Air hasil defrost yang ditampung di chilled case harus dubuang dan di bersihkan, lakunlah pencairan bunga es minimal dua minggu sekali.

Baca juga:
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

1 komentar untuk "Tips penggunaan lemai es yang benar agar tahan lama dan tidak mudah rusak"

  1. saya juga ada nih artikelnya mengenai tips penggunaan kulkas/lemari es silahkan kunjungi service kulkas sidoarjo siapa tau bisa juga jadi referensi anda

    BalasHapus

Berlangganan via Email