Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan bakar alternatif untuk lampu duduk

Cara memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan bakar alternatif untuk lampu duduk - Saya sedikit kesal juga, hari-hari selalu saja mati lampu, mau siang maupun malam, tak ada habis-habisnya

Untuk saat ini di daerah saya memang terjadi pemadaman bergilir di setiap desa, dengar katanya mesin PLN nya pada rusuk, kok rusak melulu dari tahun 2000-2016 gak ada sembuhnya. Jadinya seperti ini deh kalau malam selalu gelap gulita, macam sama sekali gak punya listrik. Hehe

Dari pada mikirin PLN yang gak ada ujungnya, mending saya pekirin hal lain yang lebih beramanfaat.

Nah, sebenarnya saya ingin berbagi pengalam saya pada artikel kali tentang teknologi tepat guna karya tetangga saya.

Ceritanya gini gan, di daerah saya sering mati lampu (kesal),jadi pasti di setiap rumah selalu ada lampu carger, atau lilin atau lampu duduk, tergantung keperluan saja

Nah, pada hari itu, saya lupa mencarger lampu rumah, sedengkan lampu sudah mati, terpaksa deh saya beli lilin di toko

Sesampainya di toko, eh, ternyata ada tetangga saya yang lagi ngegosip (maklum ibu-ibu desa) dia panggil deh nama saya, katanya : masih beli lilin ya mas, oh iya buk, soalnya lupa mencarger lampu rumah, oh gak perlu mas, meding pakai lampu duduk aja, saya bilang deh, minyak tanah gak ada , lagi pula harga minyak tanah cukup mahal.


Cara memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan bakar alternatif untuk lampu duduk
Cara memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan bakar alternatif untuk lampu duduk

Bukan mas, bukan dari minyak tahan, tapi pakai minyak jelantah bekas ngegoreng di rumah, pasti terbuang sia-sia, mending di manfaatkan aja.

Boleh juga nih ide kreativ dari tetangga ane, singkat cerita saya langsung melihat lampu duduk itu dan cara kerjanya, ternyata cara kerjanya hampir mirip dengan lampu duduk pada umumnya hanya saja agak kecil dan rendah untuk tabung minyaknya.

Nah, dari cerita di atas saya sudah tahu cara membuat lampu duduk dengan bahan bakar minyak jelantah, sebenarnya saya malas untuk membuatnya, lagian toh gak kepakai juga, soalnya gak relavan lagi menggunakan lampu duduk, sudah banyak lampu carger yang lebih efesien, tapi karna saya hanya ingin memberikan informasi ini kepada agan, mana tahu bisa berguan suatu saat nanti, jadinya saya harus menulis teknologi sederhana ini, yuk kita keproses pembuatan.


#cara membuat lampu duduk dari bekas kaleng ikan serden dan sumbu kompor

Untuk menyandingkan minyak jelantah kita harus membuat terlebih dahulu lampu duduknya.

Apakah bisa lampu duduk yang di jual di pasaran menggunakan minyak jelantah? Bisa, tapi kurang efesien (lambat menyala)
Untuk itu kita perlu siapkan lampu duduk versi kita sendiri biar makin keren gitu,sebelum keperoses pembuatan siapakan dulu alat dan bahan
 

#alat dan bahan

  • #kaleng sarden yang masih utuh
  • #sumbu kompor
  • #paku
  • #pemotong besi (seng)

#proses pembuatan lampu duduk dari keleng sarden

#langkah pertama pastikan seluruh alat dan bahan sudah tersedia
 
#potong kelang ikan sarden dengan ukuran 1:1 atau setengah-setengah , baik itu kaleng besar maupun keleng kecil, potong menggunkan pemotong besi (seng)

#setelah tutup keleng dan bagian bawah terpisah, maka selanjutnya potong kembali bagian tutup keleng sarden dengan ukuran setengah –setengah ( 1 : 1 ).

#pasang tutuup keleng sarden tersebut pada kelang sebelumnya, biar bisa masuk, bikin permukaan keleng agak melebar biar bisa masuk dengan kaleng yang satunya

#setelah semuanya terbentuk, beri lubang pada tengah keeling dengan menggunakan paku

#setelah di beri lubang, masukkan sumbu kompor, nah selesai deh lampu duduk yang kamu buat

#cara kerja lampu duduk untuk menaikan minyak kepermukaan

Saya coba buka buku pelajaran waktu sd dulu , ternyata ini sama seperti cara kerja pada sumbu kompor, makin panas sumbu kompornya makin cepat minyak naik

Tetapi saya tahu bahwa sifat minyak makan (jelantah) tidaklah sama dengan minyak tanah, sehingga sifat ini tidak akan bekerja

Lalu saya mencari cara alternatip dari permasalahan ini, yaitu menggunakan keleng besi yang dapat menyerap panas.

Nah dari lampu duduk yang telah kamu buat,megapa lampu duduknya terbuat dari kelang sarden? Sebab kaleng sarden tebuat dari besi sehingga dapat menyerap panas untuk mempermudah minyak naik kepermukaan

Kenapa saya memotong kaleng sarden agak rendah? Jika posisi kaleng sarden tinggi, maka daya naik minyak cukup tinggi sehingga lampu sulit bekerja

Maka dari itu saya tidak menyarankan menggunakan botol kaca karna minyak jelantah tidak mudah bekerja dengan wadah yang tidak terlalu panas (menolak panas/meredam panas)

Bagaimana jenis minyak jelantah yang bisa di pakai? Seluruh jenis minyak jelantah, hanya saja semakin minyak itu terus di gunakan untuk menggoreng semakin bagus api yang akan di hasilkan, ini di karenakan karna kadar air pada minyak benar-benar hilang
 

#kelebihan dan keuntungan menggunakan minyak jelantah untuk behan bakar alternatip

Setelah saya analisis sendiri ternyata penggunaan minyak jenlantah sebagai alternatip bahan pembakaran cukup lumayan bagus baik dari segi polusi dan ekomis, untuk lebih jelasnya sebagai berikut:
 
#kelebihan
  • Ekonomis (memanfaatkan minyak yang tidak tepakai)
  • Ramah lingkungan ( tidak menghasilkan asap pada psrose pembakaran)

#kekurangan
  • Proses pembakaran memerlukan waktu yang lebih
  • Memiliki aroma yang tidak sedap pada miyak
  • Tidak relavan di gunakan pada jenis bahan bakar
  • Nah, sobat sekarang kamu sudah tahu bukan manfaat minyak jelantah yang selama ini salalu di buang begitu
Tetapi akhri-akhir ini minyak jelantah banyak juga lo yang sudah memanfaakannya menajdi lebih berguna dengan versi yang berbeda.
Walaupun demikian, tetap saja kita harus memperhatikan kualitas layaknya sebuah produk di daur ulang.

Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan kamu, dan bisa memecahkan masalah di sekitar anda, sampai jumpa lagi,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan bakar alternatif untuk lampu duduk"

Berlangganan via Email