Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)

Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar) - Dikarenakan hari ini hujan tidak kunjung reda, dari malam tadi hingga sekarang, kata orang sih ini hujan maling.

Karna hujan, akhirnya ayah saya gak masuk kerja hari ini, hemz jadi saya bisa bercanda riya dengan ayah saya.

Tetapi ayah saya orangnya tidak pernah menyikan waktu kosongnya selalu di isi dengan hal yang bermanfaat beda dengan saya yang selalu bermalas-malasan kalau sudah pulang sekolah dan kerja maunya tidur melulu apalagi di hari libur ini rasa-rasanya tidak ingin jauh dengan bantal guling.

Ternyata eh ternyata saya lihat deh, apa yang ayah saya kerjakan ternyata dia membuat sebuah sarung pisau yang khas dari suku bugis tetapi banjar ada juga

Saya memperhatikan setiap detail pembuatan, sehingga saya pikir saya bisa memberikan pengetahuan ini kepada agan sekalian. Supaya agan bisa  coba membuatnya di rumah.

Nah bagaimankah proses pembuatan si badik ini, yuk kita ketempat pembuatan

#badik


Sebelum membahas cara membuatnya, admin ingin membahas sekitit tentang sen*j*at* khas suku di indonesia terutama bugis dan banjar


Apa itu badik?

Badik atau badek adalah pisau dengan bentuk khas yang dikembangkan oleh masyarakat Bugis dan Makassar. Badik bersisi tajam tunggal atau ganda, dengan panjang mencapai sekitar setengah meter. Seperti keris, bentuknya asimetris dan bilahnya kerap kali dihiasi dengan pamor. Namun, berbeda dari keris, badik tidak pernah memiliki ganja (penyangga bilah). sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Badik

Sebelum membuat sarung pisau badik ini, siapkan dulu bahan-bahanya sebagai berikut :



  • Kayu ulin/ jenis kayu lainya yang bisa digunakan untuk di ukir
  • Alat ukir dengan berbagai ukuran (pahat)
  • Lem altico
  • Karet bekas ban
  • Pisau
  • Gergaji
  • Pecahan kaca
  • Amplas

#proses pembuatan sarung pisau badik khas suku banjar indonesia


Langkah-langkahnya sebagai berikut

#ukur kepanjangan pisaumu terlebih dahulu, setelah itu siapkan kayu ulin yang akan dibuat, usahakan agak tebal biar bisa dibelah dua.

Bentuk kayu ulin seperti gambar di bawah ini (lihat gambar berikut)

Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)
Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)

#setelah di buat sesuai dengan apa yang saya contohkan, potong kayu ulin dengan pisau, ikuti aja seratnya maka akan mudah dan rata usahakan dengan pelan agar bisa rata.

Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)
Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)

Maka akan terbelah dualah kayu ulin tersebut, nah selanjutnya

#ambil pisau yang telah siapkan sebelumnya, ukur kayu ulin dengan pensil

Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)
Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)

#nah, setelah di ukur, maka langakah selanjutnya kamu ambil pahatan , kamu pahat kayu ulin tersebut sesuai dengan pola yang telah kamu buat sebelumya. Begitu juga dengan belahan kayu ulin yang satunya lakukan langakah di atas

#jika sudah di ukir, coba tes apakah ukiran itu sudah pas dengan pisau yang akan dimasukan tadi dengan cara mayatukan kedua sarung badik kayu ulin yang telah di pahat sebelumnya

Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)
Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)

#sehingga akan terlihat seperti sedia kala, sebelum kayu ulin debelah

Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)
Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)

#oke, tinggal langakah-langkah terakhir, berikan lem altico pada sisi-sisi sarung pisau badik lalu ikat dengan karet ban motor dengan kuat.

#diamkan selama satu hari, buka karet ban motor dan proses selesai. Tinggal tahanp pleting saja, kamu bisa menggunkan pecahan kaya terlebih dahulu untuk mengahaluskan bagian yang kasar, selanjutnya yaitu dengan menggunakan amplas untuk menghaluskan bagian yang telah halus

#nah, tinggal selera anda apakah ingin di warnai, atau tetap mempertahankan warna khas kayu tersebut.

Selesai deh proses pembuatan sarung pisau badik dan untuk melihat hasilnya, saya fhoto seperti ini.

Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)
Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)

Bagus dax sob, emang ayah saya kreatif banget beda dengan anaknya yang gak bisa apa-apa masak air aja hangus, apalagi kalau masak mie kayak masak keret ban aja, gak bisa di kunyah, hehe becanda.

Semoga artikel berikut bisa memberikan informasi bagi anda yang ingin membuat sarung pisau, jika kamu kurang jelas dengan tutorial di atas kamu bisa lihat video berikut ini, semoga tambah bisa.





Sampai jumpa lagi,bye

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

6 komentar untuk "Cara membuat sarung pisau badik khas suku bugis (makasar)"

  1. Bos...ada dk jual sarung hulu dan sarung parang?

    BalasHapus
  2. Bos...jual dak sarung parang dan hulu??

    BalasHapus
  3. di jual gan tapi saya belum terlalu paham untuk masalah jual beli online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo kayu ulin tu kayu bagus dk bt sarung parang?
      Klo kayu nya transaksi, gmn gan? Aq yg ukir,

      Hapus
  4. sebenarnya kayu yang bagus untuk membuat sarung pisau tu jenis kayu pohon nangka, tapi karna saya lebih menggunakan kayu ulin karna gampang dibelah.

    kalau masalah kayu, didaerah agan pasti ada, cari aja di tukang kayu, pasti banyak

    BalasHapus

Berlangganan via Email