Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel

Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel - Jika malam tiba maka saat itu adalah hal yang sangat saya sukai karna bisa berkumpul papa dan mama dan adik saya

Malam hari kami sekeluarga sering menghabiskan waktu dengan menonton acara yang seru, hehe doyan nonoton TV

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan utama yang akan saya jelakan saya ingin berbagi pengalaman dulu sebelum saya membuat alat ini

Kejadiannya begini gan, di rumah saya banyak sekali prabotan elektronik dari mesin ricecooker, ice box, televisi, belender, leptop, salon ample, receiver, lampu rumah, mesin oven, strika, hingga mesin-mesin elektronik lainya

Dalam satu kasus pernah terjadi apere rumah saya meloncat gan istilahnya sih turun ampere namanya

Hal ini desebebakan karna banyaknya pemakaian arus listrik yang saya gunakan secara bersamaan

Sebenarnya hal ini tidak akan berpengaruh jika amper rumah kamu berdaya 1500 , tetapi di daerah saya amper sangatlah rendah hanya mencapai 450 saja, tentu saja hal ini tidak cocok sekali bagi sesorang yang ingin membuka usaha di rumah

Akan tetapi saya tidak ada usaha dirumah, tetapi pemakain rumah tangga cukup banyak sekali

Jika hanya untuk memasak nasi dan kulkas hal ini tidak akan menjadi masalah.
Tetapi dalam kasus saya ini saya menghidupkan kulkas dan ricecoocker dan televise bersamaan hingga menyebabkan amper meloncat karna tidak sanggup menahan beban listrik pada saat awal menyalakan televisi

Yah, kita tahu saja yah, televisi mempunya daya tarik hingga 220 , jika amper saya 450 dikurang dengan 220 maka hanya tersisi 230 saja yang harus berbagi dengan peralatan elektronik lainya

Nah, untuk mengatasi hal itu saya harus membeli travo tidak mahal hanya rp 50.000 saja dengan kualitas sendang

Hemz, waktu terus berlalu dari tahun ketahun, bulan ke bulan, minggu ke minggu hinga pada suatu hari travo saya mengalami kerusakan, karna pada saat saya menyalakan televisi rumah, amper menjadi turun

Saya coba buka tu si travo, dan saya terkejut bukan main karna di dalam travo bukanlah seperti alat elektronik pada umumnya sepeti terdiri dari rangkaian komponen-kompenen kebel tapi eh tapi hanya sebongkah semen yang di tambah kawat di tambah kabel dan lampu kecil

Saya cukup kaget bukan main kenapa rahasia sebesar ini saya gak tahu (macam tahu aja) hehe

Sayapun melakukan pembeledahan dengan alat travo,melakukan penelitian dan data-data yang saya himpun

Dan akhirnya saya menemukan cara kerjanya, tapi saya menemukannya di mbah google bukan dari hasil penelitian, hehe

Nah dari kisah di atas disini lah saya mulai memperbaiki travo yang rusak versi saya sendiri mungkin agan dan sis bisa mencobanya di rumah, sebelum kita keproses pembuatan ada baiknya kita mengenali dulu apa itu travo dan bagaimana kerja travo dan bagaimana juga cara kerja travo  versi admim,
Anda penasaran, sama saya juga (uya kuya) hehe, yuk kita ke TKP


#apa itu travo dan bagaimana cara kerja  travo dan bagaimana pula cara kerja travo versi admin (inverator)

Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel
Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel

apa itu inverator? inverator adalah alat yang digunakan untuk menekan daya listrik pada saat pertama kali menghidupkan alat elektronik supaya tegangan alat elektronik itu bisa di redam dengan cara memecah arus listrik pada awalnya selanjutnya akan tetap dalam keadaan seperti semula, kalau ahli listrik pasti paham, hehe

Apa fungsi inverator? fungsi dari inverator yaitu untuk menghentikan lonjakan arus yang kuat pada saat pertama sekali menghidupkan alat elektronik sehingga dapat di redam, alat ini sering di gunakan jika amper rumah kamu hanya berdaya 450 hingga 900 watt,

apa perbedaan inverator dengan stabilizer, keduanya sama-sama sebagai alat peredam listrik?
kelihatannya bagi pengguna listrik alat ini hampir sama ya fungsinya yaitu dapat meredam arus listrik, tetapi kalau di lihat dari segi fungsi lain ternyata alat ini berbeda lo?

stabilizer berfungsi untuk menstabilkan arus masuk ke alat elektronik sedangkan inverator tidak bisa (hanya dapat di gunakan untuk meredam arus listrik yang tinggi pada saat alat elektronik pertama kali dinyalakan setelah itu alat ini tidak akan menstabilkan tegangan listrik lagi.  

Cara kerja inverator versi admim? kita ketahui bahwa iverator berfungsi untuk meredam tegangan tinggi dari arus listrik, nah dengan menambah daya jarak arus listrik dan bentuk arus yang melengkung dan dibantu stabilizer yang rusak maka arus listrik dapat di redam hingga 2 kali lipat.

baca juga: Cara membuat alat jahit sepatu dari jari-jari sepeda dan cara penggunaannya
  

#Cara membuat Travo sendiri dengan menggunakan travo bekas (inverator) dengan menggunakan lilitan kebel


Sebagai manusia yang di beri tuhan kemampuan untuk berpikir, tentu saja kita harus menggunakanya sebaik mungkin, bukan memikirkan hal yang barbau negative melulu tetapi pikirkan hal yang bisa bermanfaat untuk orang lain juga ya sob.

Nah kalian sudah tahu cara kerja travo sekarang kita praktekan yuk cara membuat versi admin level 1, sebenarnya cara ini masih masa review tahap satu karna saya sendiri sudah menumukan cara kedua yang akan admin posting di lain waku.

Sebelum itu sipakan alat dan bahannya terlebih dahulu
 

#alat dan bahan

  • Travo rusak/bekas
  • Obeng
  • Kabel yang panjang (kabel kualitas yang tinggi kalau gak ada cari aja kabel bekas di rumah seperti admin pakai saat ini
  • Lem kabel
  • Terminal listrik
  • Colokan listrik

#proses pembuatan travo dengan hanya satu kabel dari travo (inverator) bekas

Setelah barang sudah siap semua tahap selanjutnya kita akan intip proses pembuatannya

#langkah pertama gulung kabel menjadi bulat hingga habis (lihat pada gambar)


Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel
Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel

#nah, langkah selanjutnya pasang terminal pada ujung kebel dan pasang pulu colokan pada ujung kebel

Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel
Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel

Maka alat travo versi admin sudah selesai, Selanjutnya kita hanya menggabungkan travo yang sudah rusak menjadi bisa di gunakan lagi langkah-langkahnya

#siapakan travo bekas

#buka penutup travo bekas, biasanya di sisinya banyak baut buka dengan obeng

#setelah terlepas penutup travo langkah selanjutnya kita mulai perakitan travo tersebut sebagai berikut

#pada bagian travo ada yang mengarah ke bagian stop kontak dan ada yang mengarah ke bagian semen travo nah, siapkan kebel pasang tembaga kebel yang satu pada stop kontak yang paling atas jangan yang bawah gan, selanjutnya pasang yang satunya di bagian semen travo, 


Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel
Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel

#nah, sekarang ujung kebek tersebut pasangkan terminal lagi sobat

#rapikan setiap sambungan travo dengan baik jangan ada yang konsleting nanti bisa menyebabkan hal yang tidak di inginkan

#setelah rapi, coba dulu travo, apakah lampu travo sudah menyala dengan benar, jika sudah maka tutup kembali travo seperti sedia kala

#nah, akhirnya selesai juga proses perbaikan travo
Oke tinggal menyambungkan alat satu persatu saja lagi, yaitu dengan cara

#kabel travo masuk kelistrik utama lalu travo versi admin listriknya mengambil dari terminal travo lalu tv kamu mengambil listriknya dari terminal versi admin

#selesai

Hemz cukup mudah dan praktis dan lebih kreativ pokoknya


Apa kelebihan dan keuntungannya dari travo yang sudah di update oleh admin ini

#kelebihan

  • #Kekuatan travo naik menjadi 2kali lipat yang biasanya hanya bisa menahan satu alat elektronik saja sekarang bisa lebih
  • #biasanya travo yang di jual dipasaran hanya memiliki satu terminal saja sehingga hanya bisa di gunakan untuk satu alat elektronik saja
  • #Dengan versi yang sudah admin update bisa sampai tiga lo.
  • #biaya yang lebih ekonomis

#kelemahan

  • #travo terkesan jelek dan jadul seperi zaman purba
  • #tidak semua orang punya kabel bekas di rumah apalagi yang panjang sehingga harus membeli kabel dan pada akhirnya harga yang dikeluarkan tidak jauh beda jika membeli travo baru
  • #banyak menggunakan colokan dan terminal yang terkesan seperti alat yang sangat aneh
  • #Tidak semua orang bisa repair sebuah alat elektronik

Nah, tahukan sudah kelebihan dan kekurangan travo versi admin memang tetap kalah unggul dengan travo-travo buatan luar,

Tatapi sebagai warga Indonesia tidak salah nya kita juga harus berpikir kreativ seperti Negara2 tetangga contohnya singgapura

Negara yang kecil tatapi Negara yang kaya akan sumber daya manusianya
Kata para pakar pengamat ekonomi mengatakan:

kemajuan suatu Negara tidak dilihat lagi dari sumber daya alam yang ia punyai karna tidak relavan lagi akan tetapi dari sumber daya manusianya yang mau menajadi lebih baik
Semoga kedepannya Indonesia kita tercinta ini bisa makin maju dan yahut aku percaya kok,  soalnya Indonesia orang-orangnya pada kreativ

Kita bisa lihat contohnya sperti di pinggir jalan banyak bukan orang membuat alat pombensin/pertamina mini, hebat bukan di negara maju sana gak ada pertamina mini seperti di Indonesia keren kan sobat

Semoga artikel yang singkat ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda kedepannya, salam teknologi salam kemajuan Indonesia, sampai jumpa lagi, bye

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

2 komentar untuk "Cara memperbaiki inverator yang rusak dengan menggunakan lilitan kebel mudah dan simpel"

  1. Assalamualaikum, maaf mengganggu mas,
    Barangkali tidak keberatan, ada video cara2nya mas,...
    kurang jelas rinciannya, masih belum mengerti,

    apabila berkenan, ditunggu, makasih
    wassalam

    BalasHapus
  2. walaikum salam, saya sebenarnya ingin membuat vidio tutorialnya mas, tapi saya gak ada smarphone kamera yang bagus, jadi untuk buat vidionya jadi gak bisa di vidioin, tapi coba saya usahain dulu mas, jika kurang jelas bisa dipertanyakan :)

    BalasHapus

Berlangganan via Email