Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 cara memberikan penghargaan terhadap karya orang lain

4 cara memberikan penghargaan terhadap karya orang lain - Kreasi adalah hasi dari idea atau gagasan seseorang yang mempunyai nilai, baik dalam bentuk konkret maupun absarak.

Sendangkan penghargaan adalah salah satu sikap yang baik terhadap orang lain namun pada masa sekarang penghargaan bisa di berikan kepada sesuatu kreasi  yang iya buat.

Jika kamu ingin melihat seseorang itu beretika dengan baik pasti iya akan menghargai karya orang lain.

Dimasa sekarang sebuah karya baik itu berbentuk konkret atau abstarak sudah memiliki undang-undang tentang hak cipta.


4 cara memberikan penghargaan terhadap karya orang lain
4 cara memberikan penghargaan terhadap karya orang lain

Dalam pembahasan kali ini saya ingin membahas tentang cara menghargai karya orang lain, lebih – lebih dibidang teknologi dan informasi (software), karna biasanya kedua hal inilah yang sering di duplikat atau copyser secara menyeluruh.

Maka dari itu google sangat membeci yang namanya duplikat konten atau merubah karya orang lain seperti di aplikasi play store yang kamu ambil bahannya dan kamu copy semuanya tampa meminta izin dari pihak yang besangkutan.

Nah, untuk memehami 4 cara memberikan penghargaan terhadap karya orang lain, akan saya uraian sebagai berikut.
 

#4 cara memberikan penghargaan terhadap karya orang lain

Penghargaan adalah bentuk apresiasi kita terhadap suatu yang telah di buat oleh orang lain, dan memiliki banyak manfaat terutama dalam bidang software dan aplikasi komputer dan smarphone.

Penghargaan atas kreasi atau karya orang lain tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
 
#1. Tidak memodifikasi (mengubah) , mengurangi, dan menambah hasil karya tampa izin perusahaan / pemilik
Aplikasi yang telah di buat oleh orang lain dengan susah payah, kita tidak boleh memodifikasinya tampa seizin dari pemilik software tersebut. Dalam hal ini lebih di tekankan dalam perangakat lunak dan aplikasi yang sudah ada.
 
#2. Tidak melakukan duplikat, membajak, ataupun menyalin tanpa seizin perusahaan / pemilik
Pernahkah kamu mengunjungi salah satu situs yang memberikan akses download file dan software bahkan film dan animasi lainnya beredar tampa ada seizin dari perusahan yang terkait.

Artikel terkait lainnya : 12 Cara mengatasi kejenuhan selama nge-BLOG

Sekarang google lebih ketat dalam masalah hak cipta, sebab untuk jenis website unduhan apliksi bajakan mungkin lambat laut bisa di hapus oleh pihak googel selama iya menjalankan program milik google, sebab google sengat memperhatikan dan menghargai hak cipta orang lain.

Jangankah software, konten dan gambar yang tidak legal saja sudah termasuk dari melanggar hak cipta orang lain. Untuk itu kamu harus mengunduh gambar yang sudah legal dan menulis artikel sesuai dengan pemikiran dan pengetahuan kamu kamu bisa meneribitkan artikel orang lain dengan meminta izin terlebih dahulu dan meninggalkan sumber rujukan dimana kamu mengambil data/file tersebut.
 
#3. Menggunakan software atau membeli dengan nomor lisensi
Di internet banyak sekali website-website yang menyajikan software-software bajakan, jika kamu termasuk orang yang ingin menghargai dan memberikan apresiasi terhadap karya orang lain, kamu bisa menggunakan software asli dari situs resminya, dengan membeli nomor lisensi suatu software.

Banyak sekali manfaat dari membeli lisensi, yaitu kita dapat menggunakan aplikasi sesuai dengan apa yang kita harapkan tampa ada batasan atau bagian yang dikunci, walaupun kita harus mengeluarkan uang lebih untuk memebeli aplikasi yang legal. Hal ini termasuk cara menghargai karya orang lain.
 
#4. Tidak menggunakan untuk tindakan keriminal
Yang terakhir yaitu menggunakan aplikasi atau software sesuai dengan tujuan dari aplikasi tersebut, bukan untuk tindakan kejahatan atau keriminal lainnya seperti aplikasi chatingan yang hanya ditujukan untuk menipu korban penjualan online dan contoh-contohnya lainnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan #4 cara memberikan penghargaan terhadap karya orang lain

Pada masa sekarang setiap Negara pasti memilik undang-undang hak cipta. Di Negara Indonesia pasal tentang hak cipta tertera dalam undang-undang nomor 19 tahun 2002 tentang hak cipta.

Ketentuan pidana dan sangsi pelanggaran terdapat pada pasal 27 yang berbunyi :
  • Barang siapa yang dengan sengaja dan tampa hak mengumumkan atau memperbanyak suatu ciptaan atau memberikan izin untuk itu, dipidana dengan pidana penjara paling sinakat satu bulan atau denda paling sedikt Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah) atau pidana penjara 7 (tujuh) tahun dan denda yang paling banyak Rp.5.000.0000.000,00 ( lima milar rupiah).
  • Barang siapa dengan sengaja menyerahkan , meyiarkan , memamerkan atau menjual kepada umum suatu captain atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling banyak Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah)
Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan kamu dan bisa saling menghargai karya orang lain, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "4 cara memberikan penghargaan terhadap karya orang lain"

Berlangganan via Email