Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk

6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk - Beberapa hari ini saya sangat sulit sekali membagi waktu antara nge-blog dengan kegiatan dunia nyata saya seperti : olehraga, tidur, sekolah, dan kegiatan ekstra lainnya.

Setiap hari selalu ada perubahan-perubahan kejadian yang harus dilaluai, karna hal-hal yang tidak terduga bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun.

Penyebabnya bisa dari diri saya sendiri atau dari pihak luar , gara-gara hal ini menyebabkan aktivitas  nge-BLOG selama 1 pekan ini menjadi tidak teratur alias failed

Apakah kamu pernah merasa sulit dalam membagi waktu selama nge-blog?
Mungkin rata-rata menjawab YA’ hal ini wajar saya karena nge-BLOG itu bukanlah hal yang memerlukan waktu yang singkat untuk menerbitkan artikel blog yang berkualitas, belum lagi mengeditnya dan postingnya, perlu waktu berjam-jam.

Apalagi jika di tambah dengan kegiatan lain tentu aktivitas nge-BLOG tidak akan berjalan dengan maksimal karna kepikiran dengan tugas dan  kegiatan lain.


6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk
6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk

Nah, untuk itu perlunya manajemen waktu yang baik untuk mengatasi hal tersebut agar tetap berjalan dengan semestinya.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin  membahas tentang 6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.
 

#6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk

Dalam bidang usaha dan bisnis menajemen waktu adalah salah satu hal yang sangat penting, jika tidak bisa mengatur waktu dengan baik maka usaha yang kita kembangkan selama ini bisa mengalami kegagalan.

Begitu juga bagi para blogger, jka tidak bisa mengatur waktu kapan harus nge-BLOG dan kapan harus melakukan kegiatan lain. Otomatis blog kamu bisa-bisa mengalami kemunduruan baik dari visior hingga penurunan jumlah pendapatanmu di google adsense.

Jika hal ini terjadi, langkah antisipasi haruslah kamu siapkan segera dengan mendongkrak menajeman waktu menjadi lebih bararti, berikut tips-tips sederhana yang dapat kamu lakukan, diataranya sebagai berikut.
 
#1. Menulis jadwal kamu, dan memajangnya
Mungkin kamu sudah menulis jadwal kegiatanmu, tetapi untuk menambah bumbu agar menjadi lebih terasa itu agar menjadi sebuah aturan yang harus di penuhi dan taati , ada baiknya kamu menulisnya d sebuah karton besar lalu memajangnya di kamar pribadimu.
 
#2. Mengerjakan pergatian tugas/kegiatan dengan segera
Ketika satu tugas selesai dengan baik, maka akan bergantilah tugas berikutnya, kadang-kadang kita sering menunda tugas tersebut sehingga waktu untuk tugas berikutnya tidak dapat gunakan secara maksimal

Untuk itu perlunya mengerjakan tugas sesuai dengan tugas/kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah kamu buat sebelumnya.
 
#3. Tidak boleh mengangu kegiatan lain ketika pergantian kegiatan baru
Mungkin kamu pernah mengalami kejadian seperti ini, misalkan kamu mengerjakan tugas kemudian tugas itu tanggung untuk dikerjankan dan perlunya penambahan waktu untuk mengerjakannya namun karna hal ini tugas/kegiatan lainnya jadi terganggu dan tidak berjalan sesuai dengan jadwal yang telah kamu buat.

Jika pada saat harus berganti kegiatan baru maka kamu tidak boleh menggangu gugat jadwal yang talah kamu buat kecuali itu adalah hal yang mendesak sehigga tidak bisa ditunda-tunda lagi
 
#4. Mengerjakan kegiatan anda dengan serius dan fokos
untuk menjadikan suatu kegiatan berjalan dengan baik tentu ada faktor dari dirimu sendiri yaitu kamu  harus mengerjakan tugas dengan serius dan fokos.
Perkerjaan/kegiatan yang kamu lakukan apabila tidak focus dan tidak serius dapat mengakibatkan mengulur-ulur waktu sehingga aktivitas yang harusnya selesai hanya 1 jam menjadi lambat dan memerlukan waktu lebih mejadi 1 : 30 menit.
 
#5. Mengevaluasi hasil kegiatan
Jika kamu merasa kegiatan harianmu mengalami kemorosotan atau tidak sesuai dengan jadwal, ada baiknya kamu mengevaluasi hasil jadwalmu selama 1 pekan, apakah ada yang harus diganti ataukah tetap.

Semakin dini kamu menyadari jadwal yang salah, semakin baik untuk manajeman waktumu.
 
#6. Selalu menanamkan sikap semangat dan pantang menyerah
Nah, langkah terkahir untuk tetap disiplin ngeblog walaupun kegiatan super sibuk, yaitu menanamkan sikap semangat dan pantang menyerah, jika sikap semangat selalu tertanam di dalam hati tugas yang beratpun akan dapat dikerjakan dengan baik dan maksimal.

Berikut ini adalah contoh jadwal yang aku buat untuk manajamen waktu.

WAKTU
NAMA KEGIATAN
20.00 – 01.00
Tidur malam
01.00 – 01.30
Qiyamul lail
01.30 – 04.30
Nge-BLOG
04.30 – 05.30
Shalat subuh
05.30 – 06.00
Olahraga pagi
06.00 – 07.00
Mandi – sarapan pagi – berangkat ke sekolah
07.00 – 12.00
sekolah
12.00 – 01.00
Shalat zhuhur
13.00 – 13.30
Istirahat siang
13.30 – 15.15
Nge-BLOG
15.15 – 16.00
Shalat ashar
16.00 – 17.00
Nge-BLOG / bermain
17.00 – 18.00
Mandi sore dan istirahat
18.00 – 19.00
Shalat magrib dan mutalaah pelajaran di sekolah
19.00 – 20.00
Shalat isya
20.00 – 01.00
Tidur malam

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk

Walupun aktivitas harian kita sibuk dan sulit sekali untuk di control seperti pada jadwal yang saya buat sendiri,kadang-kadang selalu ada saja yang menajadi hambatan untuk melaksanakannya sepeti harus pergi les, pergi jalan-jalan bersama teman, sparing futsal, terlelap ketika tidur dan lain sebaaginya yang membuat kebablasan untuk nge-BLOG

Namu karane saya sudah menerapkan tips di atas, alhamdulilllah semuanya dapat di atasi dengan baik dan lacar.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan kamu dan menajadikan kita semua menjadi lebih disiplin,salam sukses untuk blogger Indonesia. sampai jumpa lagi,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk"

Berlangganan via Email