Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menulis artikel yang cepat, efesien waktu dan tenaga tetapi tetap berkualitas

Tips menulis artikel yang cepat, efesien waktu dan tenaga tetapi tetap berkualitas - Waktu adalah uang itulah kata yang sering diucapkan oleh para pebisnin, salah satu kata bijak di utarakan oleh steve jobs mengatakan bahwa.

“yang paling berharga itu bukanlah uang yang banyak, tetapi waktu yang berharga”

Kegiatan sehari-hari tidak akan lepas dengan hitungan detik-menit-jam hingg menjadi 1 hari, setiap perputaran waktu yang ada tidak mungkin bisa dikembalikan lagi.

Tips menulis artikel yang cepat, efesien waktu dan tenaga tetapi tetap berkualitas
Tips menulis artikel yang cepat, efesien waktu dan tenaga tetapi tetap berkualitas

Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan waktu se-efesien mungkin. Salah satunya dalam menulis artikel

Banar kata orang, artikel yang bagus itu adalah artikel yang memerlukan waktu beberapa hari untuk menghasilkan karya yang bagus, walaupun demikian kita tetap memperhatikan agar artikel yang kita tulis tetap efesien waktu dan hemat tenaga

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin berbagi Tips menulis artikel yang cepat, efesien waktu dan tenaga tetapi tetap berkualitas, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya? Simak uraian berikut ini.
 

#Tips menulis artikel yang cepat, efesien waktu dan tenaga tetapi tetap berkualitas

Artikel adalah bagian terpenting dalam seatu blog, tampa artikel blog yang anda buat tidak akan ada gunanya.

Kepadatan aktivitas harian membuat para blogger sulit untuk menulis artikel perharinya, seperti pengalaman pribadi saya sendiri

Pagi hingga siang sekolah. Saing hingga sore (les dan olahraga) malam belajar dan tidur dan kembali ke pagi lagi. Kapan harus mengisi rutinitas blog.
Sebuah manajemen waktu yang baik akan menghasilkan sikap disiplin pada diri anda, ketika anda sudah terbiasa melakukannya, anda tidak akan kesulitan lagi untuk membiasakannya.

Menulis artikel bukanlah hal yang gampang. Butuh konsetrasi. Pikiran dan ide gagasan yang terus mengalir tampa henti yang dituangkan dalam sebuh tulisan. 

Nah, agar dapat menulis tampa hambatan dan efesien waktu, kamu bisa lakukan tips-tips sederhana berikut:
 
#1. Menulis apa yang anda ketahui
Ketika anda mengetahui apa yang akan anda tulis, disitulah ide-ide dan pemikiran terus mengalir.

Anda tidak perlu terikat harus menulis apa yang tidak kamu ketahui, menulis dengan rasa bebean yang tinggi dapat memicu kualitas artikel menjadi kurang baik.

Jika artikel yang kamu tulis bukanlah judul artikel  yang populer, namun setidaknya kamu akan masuk page one karna artikel kamu masuk katagori langka. Walaupun search tidak sebanyak artikel populer namun kemungkinan masuk page one sangatlah tipis.

Artikel terkait lainnya : 6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk

Menulis artikel sesuai dengan kesenangan hati akan menumbuhkan rasa semangat sehingga rasa di dalam hati ingin saja terus menulis. Jadi tulislah apa saja yang kamu ketahui.
 
#2. Menulis menggunakan 10 jari
Menulis artikel blog sebagai kiasan saja, padahal makna sesungguhnya menulis artikel berarti mengetik artikel.

Untuk menghemat waktu dan tenaga kamu harus membiasakan untuk mengetik artikel anda dengan toeri 10 jari bukan 11 jari, memang awalnya akan sulit apalagi bagi kamu yang baru belajar mengetik.

Bisa karna terbiasa, awal-awal menulis pasti memiliki banyak kata-kata yang salah, tetapi percayalah ketika anda berusaha merubah kualitas anda maka suatu hari nanti kamu akan memetik apa yang kamu pelajari hari ini. Maka dari mulailah mengetik 10 jari dalam menulis artikel
 
#3. Fokus
Ketika anda sedang menulis artikel berusahalah untuk fokus apa yang kamu tulis, fokus berarti tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar misalkan televisi dan smartphone anda.

Ketika adan serius dalam menulis artikel, kamu tidak akan memerlukan waktu yang lama dalam menerbitkan 1 artikel yang berkualitas
 
#4. Menulis ditempat yang strategis
Agar mampu menghemat tenaga dan waktu kita perlu tempat yang nyaman untuk meluapkan pikiran yang anda punya. Ketika posisi anda menulis strategis maka dampak pengaruh dari lingkungan dapat di batasi seperti televisi yang menggangu, ruangan yang cukup panas, dan lain sebagainya.
 
#5. Menulis babas hambatan
Menulis bebas hamabatan berarti menulis tampa harus melakukan proses editing.

Maksudanya yaitu kamu tidak perlu melakukan proses edit-mengedit ketika menulis artikel hal ini karna step yang digunakan salah sehingga hanya membuang waktu saja.
 
Langkah-langkah ketika adan ingin menulis artikel yang efesien waktu adalah sebagai berikut :
  • Siapakan kerangka dan poin penting yang akan kamu tulis
  • Ketikkan poin-poin penting itu dengan cara menggunakan 10 jari, lalu setiap poin penting kamu tulis, kamu jabarkan sesuai degan judul poin tersebut
  • Ketika dalam proses pengetikan dan pengembagan poin teruslah menulis tampa bebas hambatan, jangan pernah membaca ulang artikel yang kamu tulis sebelum semuanya rangkum, hal ini biasanya dapat merusak ide yang sudah mengalir dengan baik, terus saja menulis hingga akhir
  • Ketika kamu sudah selesai menulis artikel hingga akhir, kamu baca artikel tersebut sambil meng-edit dan memperbaiki kosa kata yang rancu. Jika sudah selesai tinggal di posting ke blog yang dituju dan proses selesai

Nah, mudah bukan Tips menulis artikel yang cepat, efesien waktu dan tenaga tetapi tetap berkualitas

Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk menulis artikel hal ini karna sikap dan keperibadaian orang itu masing-masing berbeda.

Menurut hasil analisis saya, langkah diatas cukup ampuh diterapakan bagi anda yang memiliki jadwal waktu yang padat.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

1 komentar untuk "Tips menulis artikel yang cepat, efesien waktu dan tenaga tetapi tetap berkualitas"

  1. tipsnya keren.. akan saya coba mempraktekannya.. makasih gan

    BalasHapus

Berlangganan via Email