Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 penyebab kerusakan kulkas yang harus anda hindari

7 penyebab kerusakan kulkas yang harus anda hindari - Kulkas adalah salah satu kebutuhan alat rumah tangga yang paling penting, karena fungsinya untuk mengawetkan makanan baik itu berupa sayuran, buah, masakan, atau sekedar untuk membuat es batu.

Karena kebutuhan penggunaan kulkas yang banyak, menjadikan kulkas salah satu alat rumah tangga yang begitu penting, sampai – sampai apabila kulkas mengalami kerusakan, maka pemilik rumah biasanya akan segera memperbaiki pada tukang service kulkas.

7 penyebab kerusakan kulkas yang harus anda hindari
7 penyebab kerusakan kulkas yang harus anda hindari

Pada dasarnya  perawatan dan pencegahan kulkas dari kerusakan cukuplah mudah, apabila anda membaca dan mengkuti saran dan penggunaan yang benar pada buku petunjuk, tentu saja lemari kulkas anda akan lebih awet dan tahan lama.

Dari beberapa penyebab kerusakan pada kulkas, ada 7 faktor atau kebiasaan yang sering dilukan yang menyebabkan kulkas kesayangan anda mudah rusak, untuk setidak-nya adan harus mengetahui hal ini, agar setidaknya tidak melukan beberapa kesalah dalam penggunaan kulkas.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai penyebab-peyebab kerusakan kulkas dari kesalahan penggunaanya, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak uraian berikut ini.
 

#7 penyebab kerusakan kulkas yang harus anda hindari

Perawatan dan penggunaan yang tepat sangat berperan dalam menjaga kesehatan alat elektronik rumah tangga, untuk itu setidaknya hal – hal kecil penyebab kerusakan kulkas-pun harus anda hindari agar kulkas anda tetap bagus, berikut beberapa penyebab kerusakan kulkas yang sering dilakukan, diantaranya :
 
#1. Menjaga stabilitas listrik yang masuk
Listrik adalah salah satu penunjang segala bentuk alat elektronik, tentu saja stabilitas alirannya harus baik dan benar, dalam beberapa kasus kerusakan listrik yang paling banyak karan tegangan listrik dirumah tidak stabil sering loncat, atau mati lampu mendadak, atau yang lebih parahnya lagi menggunakan mesik desil yang lemah untuk mengalirkan daya lisrik di rumah, padahal watt-nya tidak sanggup untuk mengalirkan lisrik pada alat – alat rumah tangga.

Stabilitas listrik juga bisa berpengaruh pada kebel yang sudah usang, atau terkelupas atau kerusakan mesih dalam. Solusi terbaik adalah anda bisa menggunakan stabilizer sebagai pengontrol daya masuk listrik pada kulkas, sendangkan untuk kasus mesin rusak atau kabel yang sudah usang, anda bisa menggantinya atau antar ketukang service. Semakin cepat penanganan-nya semakin dini pula kerusakan yang di timbulkannya.
 
#2. Meletakkan kulkas pada posisi yang benar sesuai standar penggunaan
Kesalahan kedua yang sering sekali dilukakan adalah peletakan kulkas yang salah. Jika anda membaca buku petunjuk penggunaan, mama disitu tertulis bahwa letakkan kulkas pada area datar (tidak miring atau tinggi sebelah). Alasannya karna kompresok dapat berputar dan bekeraja dengan baik. 

Jika anda meletakkan kulkas pada tepi dinding usahakan tidak melekat, agar sirukulasi udara masuk pada bagian belakang, hal ini bertujuan untuk memudahakan mesin menyerap udara.

Artikel terkait Lainnya: Lembaran baru – semangat baru untuk kamu yang galau di putusin pacar atau usaha yang tidak kunjung menghasilkan

Sebaiknya jangan meletakkan kulkas langsung pada lantai, usahakan diberi penyangga di bawah telebih dahulu seperti kotak yang menyesuaikan lebar kulkas serta tidak perlu tinggi, hal ini bertujuan agar bagian bawah kulkas tidak mudah kotor atau menyentuh lantai untuk menghindari konsleting atau sentruman apabila permukaan lantai basah.

Selain itu perhatikan area sekitar kulkas, jangan meletakkan kulkas di ruang yang lembab dan merembes air dan juga didekat kompor yang panas, karna hal ini salah satu penyebab kerusakan kulkas.
 
#3. Jangan memasukan benda yang panas ke dalam kulkas
Suhu di kulkas, haruslah dalam keadaan stabil, memasukan benda yang panas dapat mempengaruhi temperatur kulkas sehingga kulkas harus bekera keras untuk menstabilkannya.

Sebaiknya hindari memasuki benda yang panas kedalam kulkas terutama pada bagian pendingin utama, jika mau kulkas anda tetap awet dan tahan lama.
 
#4. Menghindari penggunaan benda tajam untuk mengambil es batu yang tidak bisa dilepas
Pernahkah anda mengalami tidak bisa mengambil es batu di dalam kulkas sehingga memaksanya dengan cara apapun, ada yang berusaha menariknya sekuat-kkuatnya, ada juga menggunakan benda tajam seperti pisau dan lain sebagainya.

Jika anda tidak berhati – hati dapat menyebabkan patahkanya lantai ruang kulkas, atua jika menggunakan benda tajam biasanya meninggalkan gorasa, tentu saja hal ini akan mengurangi porferma kulkas itu sendiri.

Solusinya, anda bisa menguri temperatur suhu kulkas menjadi 0, tunggu es meleleh sedikit, baru anda mengambil es batu yang sukar sekali dilepas.
 
#5. Tidak membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama
Walaupun efeknya tidak terlalu parah, membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama bisa membuat sehu kulkas berubah-ubah yang menyebabkan kulkas harus bekerja lebih keras, jika keseringan kulkas-pun akan rusak juga.
 
#6. Tidak mengisi kulkas sampai sesak
Penampungan ruang kulkas sudah di desain sesuai penggunaanya, jika memang kebutuhan rumah tangga anda banyak, sebaiknya membeli kulkas yang berukuran besar, sehingga tidak memaksakan memasukan semua kebutuhan hingga terdesak – desak sampai gak bisa ditutup lagi, hehe.

Solusinya pergunakan ruang kulkas dengan baik, bisa di susun dengan rapi agar ruang kulkas dapat menampung dengan jumlah yang banyak tampa dipaksa-paksakan.
 
#7. Menghindari benturan keras pada mesin kulkas dan bagian vital lainnya
Ketika memindahkan kulkas, atau hal – hal lainnya, sebaiknya hindari benturan keras terutama pada bagian belakang kulkas. Benturan pada bagian vital kulkas dapat menggangu porferma kulkas itu sendiri.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai 7 penyebab kerusakan kulkas yang harus anda hindari. Penggunaan yang bijak dan cermat menjadi modal agar alat – alat rumah tangga dapat bertahan lama, salah satunya kulkas. Semoga kebiasaan salah kita selama ini bisa dikurangi agar kulkas anda bisa digunakan dalam waktu yang lama. Sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 penyebab kerusakan kulkas yang harus anda hindari"

Berlangganan via Email