Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Industri rumahan kerupuk udang yang renyah dan gurih

Industri rumahan kerupuk udang yang renyah - Di indonesia sangat mengenal akan namanya kerupuk, sehingga hampir kalangan masyarakat indonesia menyukai cemilan ringan ini (kerupuk), jenisnya dan varian rasa kerupuk sangat beragam dari rasa original hingga rasa – rasa baru seperti BBQ- keju – coklat, dan lain sebagainya.

Kerupuk memang termasuk cemilan tradisional, namum tidak kalah saing dengan cemilan seperti biskuit dan makanan ringan lainnya, salah satu rasa yang paling diminitai oleh masyarakat kita iyalah kerupuk dengan rasa original udang yang gurih.

Industri rumahan kerupuk udang yang renyah dan gurih
Industri rumahan kerupuk udang yang renyah dan gurih

Rasa paduan antara kerenyahan dan rasa khas udang memberikan bumbu lebih pada kerupuk tersebut, selain itu kerupuk udang juga mudah dipadukan dengan berbagai jenis makanan lainnya, seperti bakso, pecal, nasi goreng, soto, dan lain sebagainya.

Karna minat dari konsumen yang tinggi, membuat banyak para pelaku industri rumah makan yang menyediakan kerupuk udang. Dari hasil analisis ini kerupuk udang merupukan alternatif industri rumahan yang relatif mudah dilakukan serta cukup menggiurkan untuk di geluti.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai usaha rumahan dengan mengelola bisnis kerupuk udang. Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 
#Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha bisnis kerupuk udang
Dalam aspek kegiatan jual beli sangat di tuntut untuk bisa memberikan gagasan dan inovasi dalam usaha sehingga usaha yang dijalankan dapat bertahan serta memiliki kekuatan dalam daya saing pasar.

Artikel terkait lainnya :  Awali dengan Bismillah, Memulai nge-Blog lagi setelah Fakum selama 3 bulan

Biasanya dalam produk olahan makanan yang paling di utamakan itu terdiri dari beberapa aspek seperti : Rasa dari produk, kebersihan produk, jenis dan keunggulan bahan dari produk, bentuk tampilan yang menarik serta memiliki  izin dari Dep. Kes, hal ini bertujuan untuk mendongkrak harga produk yang dijual serta memberikan kepuasan kepada pelanggan.
 
#Proses pembuatan kerupuk udang yang renyah
Proses pembuatan kerupuk udang sangatlah sederhana, proses ini hampir mirip dengan pembuatan bakso. Untuk step-step-nya sebagai berikut :
 
Bahan Utama
  • Untuk kualitas baik menggunakan : 1 Kg tepung tapioka berbanding dengan 2 -3 Kg udang segar
  • Untuk kualitas sedang bisa menggunakan : 1 Kg tepung tapioka berbanding dengan 1 Kg udang segar
Cara pembuatan kerupuk udang yang renyah
Siapkan daging udang segar, kupas hingga bersih
 
Tembahkan ketiga bahan berikut : Tepung, daging udang yang telah di bersihkan sebelumnya, garam secukupnya

Giling ketiga bahan tersebut menggunakan penggiling bakso, maka akan menghasilkan adonan – adonan yang sudah di giling halus

Selanjutnya bentuk adonan yang sudah digiling menjadi bulat agak pipih memanjang dengan ukuran sebagai berikut : (lebar : 10 cm) (ketebalan : 5cm) (panjang : 30 cm).

agar memudahkan dalam proses pembentukan adonan di sarankan menggunakan minyak goreng, tidak dianjurkan menggunakan air karna akan mengurangi kerenyahan kerupuk ketika digoreng. Minyak goreng juga berfungsi agar adonan yang telah di bentuk sebelumnya tidak saling lengket ketika di kukus nanti.

Siapkan kukusan yang sudah di panasakan, susun adonan yang sudah dibentuk, kukus hingga matang, waktu yang diperlukan kisaran 1 – 1,5 jam hingga bagian dalam adonan matang sempurna

Angkat adonan yang telah dikukus, selanjutnya adonan di biarkan dingin terlebih dahulu sebelum melakukan proses pemotongan

Pada proses pemotongan anda dapat melakukan secara manual atau menggunakan mesin, ketebalan kerupuk yang baik yaitu kisaran 1 mm

Susunan hasil potongan keripik udang dalam ayaman bambu, selanjutnya jumur di terik matahari langsung, lama dan waktu yang diperlukan untuk menjemur tergantung dari panas matahari tesebut, tanda – tanda kerupuk yang siap dikemas atau kering adalah keripik udang mudah dipatahkan.

Keripik udang siap dikemas dan diberi label yang menarik, dan siap untuk dipasarkan, kamu dapat memasarkan keripik udang dengan mode keripik  kering atau keripik udang yang telah digoreng dan dikemas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan proses pembuatannya, dengan modal yang murah serta proses pembuatannya yang mudah, menjadikan industri usaha keripik udang ini dapat di geluti oleh siapapun terutama bagi ibu-ibu rumah tangga dalam skala kecil atau besar.
 
#Catatan dan keunggulan keripik udang yang perlu anda pertahankan
Biasanya konsumen selalu memilah – milah produk dipasaran terutama apabila produk tersebut memiliki kesamaan yang banyak, agar kerupuk udang yang anda buat memiliki banyak peminat dan konsumen atau pesanan anda perlu melakukan dan mempertahankan hal – hal berikut ini :
  • Produk keripik udang yang anda buat harus bebas dari bahan kimia dan bebas dari pengawet makanan seperti pewarna atau penambah cita rasa
  • Memiliki cita rasa yang gurih dan enak
  • Menggunakan bahan udang segar serta bahan tepung yang bagus
  • Ada izin dari Dep. Kesehatan
  • Serta memiliki bentuk kemasan yang menarik dan tidak lupa juga promosi pada teman – teman dan tetangga sekitar atau menggunakan Sosial media sebagai media promosi yang efektif.

Nah, sekarang anda tertarik memulai usaha bisnis kerupuk udang yang renyah, anda bisa mencobanya dirumah terlebih dahulu sebagai makanan pendamping nasi, ketika anda yakin memulai usaha ini, kenapa anda harus menunda-nunda, semoga bermanfaat, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

2 komentar untuk "Industri rumahan kerupuk udang yang renyah dan gurih"

Berlangganan via Email