Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian huruf dan kata serta kalimat dan unsur-unsur sebuah kalimat

Pengertian huruf dan kata serta kalimat dan unsur-unsur sebuah kalimat - Sebelum mebahasa mengenai kata dan kalimat, terlebih dahulu harus mempelajari mengenai pengertian huruf. Karna salah satu syarat pembentukan sebuah kata dan juga kalimat adalah gabungan dari beberapa huruf.

Apa itu huruf? Huruf adalah (aksara) unsur abajad yang melambangkan bunyi abjad yang digunakan dalam ejaan bahasa indonesia terdiri atas 26 huruf. Kedua puluh enam ini, seperti yang sudah kita dengar dan kita hapal yaitu dari A hingga Z. berikut ini huruf dan cara pengucapan dalam ejaan bahasa indonesia.
Huruf dan Nama Huruf dalam ejaan Bahasa Indonesia
Huruf
Nama Pengucapan
Huruf
Nama Pengucapan
Besar
Kecil
Besar
Kecil
A
a
A
N
n
En
B
b
Be
O
o
O
C
c
Ce
P
p
Pe
D
d
De
Q
q
Qi
E
e
E
R
r
Er
F
f
Ef
S
s
Es
G
g
Ge
T
t
Te
H
h
Ha
U
u
U
I
i
I
V
v
Ve
J
j
Je
W
w
W
K
k
Ka
X
x
X
L
l
El
Y
y
Y
M
m
Em
Z
z
z

#Pengertian kata
Kata adalah : satuan (unsur) bahasa yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas. Jika kita amati kata iyalah gabungan atau rangkaian huruf-huruf sehingga menghasilkan kosa kata yang sudah memiliki makna yang luas dan bebas.


Jenis kata terbagi menjadi (kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata ganti, kata bilangan, kata depan, kata sambung, kata sandang, kata seru)

Artikel terkait lainnya : Cara pemakaian tanda titik, koma, dan tanda petik atau kutip dengan benar

Bentuk kata tebagi atas (bentuk kata dasar, bentuk kata jadian, bentuk kata ulang,  bentuk kata berklitika, bentuk kata bertingkat, bentuk kata majemuk)
 
#Pengertian kalimat
Ada dua difinisi untuk makan kalimat, yaitu kalimat adalah satuan bahan yang terdiri atas dua kata atau lebih yang mengandung makna dan mempunyai pola intonasi akhir.

Atau dapat juga di artikan sebagai kesatuan yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan (kamus bahasa indonesia balai pustaka – KBBI)
Jadi dapat diartikan bahwa kalimat itu adalah gabungan dari beberapa kata, minimal terdiri dari subjek dan objek S-P sehingga dapat di kenai sebuah makna.
 
#unsur – unsur sebuah kalimat
Kalimat – kalimat dalam kaidah bahasa indonesia sedikinya harus mengandung (2) unsur inti pembentukan sebuah kalimat. Unsur – unsur inti pembentukan kalimat ini antara lain sebagai berikut :

Pengertian huruf dan kata serta kalimat dan unsur-unsur sebuah kalimat
kalimat dan unsur-unsur sebuah kalimat

1. Subjek artinya pokok kalimat atau pelaku yang mengerjakan – disimbolkan dengan (S)
2. Predikat Artinya yang dilakukan/pekerjaan yang dikerjaan oleh subjek atau pelaku – disimbolkan dengan (P)
3. Obejek artinya sasaran atua penderita – disimbolkan dengan (O)
4. Keterangan artinya yang menejalaskan lebih rinci suatu kejadian atau menjelaskan lebih rinci dari sasaran atau penderita (obejek) – disimbolkan dengan (K)

Pada dasarnya ke-empat unsur diatas saling berkaitan satu sama lain. Subjek harus membutuhkan predikat, predikat membutuhkan objek, dan objekpun membutuhkan keterangan.

Kalimat yang kita buah tidak harus selalu mengandung keempat unsur tersebut (S-P-O-K). kita dapat saja membuat kalimat yang hanya mengandung unsur subjek (S) dan predikat (P) saja atau kalimat yang mengandung unsru subjek (S) predikat (P) dan objek (O) yang paling penting adalah susunan kalimat yang kita buat tersebut  haruslah benar.


Contoh pola susunan unsur-unsur kalimat
Kalimat
Susunan unsur-unsurnya
Agus Belajar
S – P
Susi mencuci baju
S – P – O
Rahmah bekerja di kantor
S – P – K
Ulas bermain layang-layang di halaman
S – P – O – K
Cira menangis, ketika ibu ke pasar
S – P - K
Nah, sekarang kamu tidak bingung lagi bukan mengenai apa itu huruf, apa itu kata dan apa itu kalimat? Sebelum memulai membuat sebuah kalimat setidaknya harus tahu dulu apa itu huruf dan kata. Dan juga sebelum ingin membuat kalimat yang baik, sebaiknya harus mengetahui yang mana subjek, yang mana predikat, objek serta keterangan.

Ketika anda sudah memahami ke-empat unsur kalimat ini, kamu pasti sudah bisa membuat kalimat dalam bahasa indonesia dengan baik dan benar. semoga artikel yang singkat ini bisa bermanfaat buat pembaca sekalian, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Pengertian huruf dan kata serta kalimat dan unsur-unsur sebuah kalimat"

Berlangganan via Email