Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 cara memanfaatkan air kelapa dengan cara berbeda

5 cara memanfaatkan air kelapa dengan cara berbeda - Indonesia termasuk negar tropis yang memang sangat cocok untuk pertumbuhan pohon kelapa. Komoditi hasil buah kelapa untuk negara indonesia memang sangat tinggi.

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Memiliki bentuk yang besar, serta memiliki tempurung yang keras di selubungi dengan serabut yang kasar, walaupun demikian buah kelapa memiliki isi yang sangat manis dan gurih dipadukan dengan air kelapa yang segar.

Pohon kelapa sering juga disebut dengan pohon sejuta manfaat karna dari akar hingga ujung pohon, keseluruhannya itu bisa dimanfaatkan, salah satunya yang akan kita bahasa hari ini yaitu air kelapa

5 cara memanfaatkan air kelapa dengan cara berbeda
5 cara memanfaatkan air kelapa dengan cara berbeda

Pada umumnya air kelapa lebih banyak dikonsumsi secara langsung ketimbang di olah menjadi produk lain, air kelapa muda memang memiliki rasa yang menyegerkan serta memiliki kandungan yang cukup baik untuk kesehatan.
Kita sudah sering sekali mendegar olahan – olahan dari air kelapa, seperti menumana kelapa yang dicampur susu, olahan natadecoco, dan lain sebagainya.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih lanjut cara memanfaatkan air kelapa dengan cara yang berbeda. Terutama untuk urusan masak – memasak dan kesehatan tubuh. untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.
 

#5 cara memanfaatkan air kelapa dengan cara berbeda

Olahan produk air kelapa yang cukup terkenal hingga sekarang adalah pembuatan natadecoco. Natadecoco merupakan hasil permentasi dari air kelapa dengan bakteri nata dan proses pendukung lainnya. Selain olahan natadecoco, ternyata air kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan penyedap dalam berbagai olahan masakan, serta untuk kesehatan tubuh.
 
1. Air kelapa sebagai bahan untuk membuat daging ayam menjadi lebih empuk dan gurih
Agar memperoleh ayam goreng yang empuk di dalam dengan cita rasa yang khas dan berbumbu anda dapat memanfaatkan air kelapa serta beberapa rempah – rempah pilihan, dengan proses sebagai berikut:

 Siapkan ayam yang sudah di bersihkan dan siap di olah selanjutnya rebuslah terlebih dahulu ayam dengan air kelapa yang sudah di campur dengan bumbu- bumbu (ketumbar, bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun salam dan garam secukupnya) lakukan perebusan hingga air mengering. Sampai disini proses daging bumbu empuk siap untuk digoreng dan rasakan sedapnya ayam goreng yang gurih, empuk dan sedap.
 
2. Air kelapa sebagai bahan untuk membuat cita rasa tempe dan tahu menjadi lebih khas dan lezat
Selain dapat digunakan dalam media merebus ayam, air kelapa juga dapat dijadikan bumbu penambah cita rasa pada tempe ataupun tahu, proses penggunaannya sebagai berikut :

Artikel terkait lainnya : Cara menghilangkan kutu beras serta tips membasmi ulat pada pohon

Potong tempe dan tahu sesuai selera, selanjutnya tahu dan tempe diberi dengan bumbu dan rempah (sedikit ketumbar, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, gula merah, dan garam) rebuslah dalam air kelapa sampai airnya habis. Selanjutnya tiriskan tahu dan tempe hingga kering, tahu dan tempe siap digoreng dan disantap.
 
3. Air kelapa sebagai bahan untuk membuat kecap dengan cepat
Pada umumnya untuk membuat kecap asin atau manis selalu melalui proses permentasi ataupun pemasakan yang cukup lama, bagi anda yang ingin membuat kecap dengan mudah dapat memanfaatkan air kelapa. Proses pembuatannya sebagai berikut:

Untuk dapat membuat kecap, bahan – bahan yang diperlukan seperti : sepuluh butir kelapa (cukup ambil airnya saja), masak air kelapa dalam wajan besar, masak air kelapa hingga airnya hanya tersisi tinggal 2 gelas, lakukan proses ini dengan terus diaduk – aduk, tambahkan gula merah, garam, serai, dan daun salam. Masak hingga air kelapa menjadi kental seperti kecap. Kecap tradisional siap untuk disantap.
 
4. Air kelapa sebagai bahan membuat olahan rebung yang gurih
Dalam memperoses memang susah – susah gampang, karna getah dan rasa rebung sangat pahit dan kelat, jika tidak tahu cara mengolahnya dengan benar bisa menimbulkan cita rasa yang kurang sedap. Air kelapa dipilih sebagai penetral rasa pahit, kelat, dan getah pada rebung, proses pembersihan rebung sebagai berikut:

Siapkan rebung yang akan diolah, potong rebung muda sesuai selera anda, lalu rendamlah dalam air garam selama 15 menit, tiriskan, lalu rebus dalam air bersih sampai matang. Selanjutnya buang airnya dan tunglah air kelapa muda, lalu rebus kembali sekali lagi rebung hingga airnya berkurang dan kering, tiriskan. Setelah melalui proses ini maka rebung sudah siap untuk diolah berbagai jenis makanan sesuai selera anda.
 
5. Air kelapa sebagai bahan herbal menghitamkan rambut serta mencegah tumbuhnya uban
Rambut rontoh dan berubah adalah masalah yang sering dialami ketika sudah menginjak usia tua, tetapi di era modern sekarang masalah rambut rontok bahkan ubanan sudah merajalele pada aula muda, penyebab utamanya karna gaya hidup dan konsumsi makanan yang kurang sehat, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok dan menghitamkan rambut secara alami dengan memanfaatkan air kelapa muda, proses penggunaanya sebagai berikut:

Caranya basahilah rambut dan gosoklah kulit kepala dengan air kelapa muda, kemudian, rambut ditutup rampat dengan topi yang tebuat dari plastik pada seluruh permukaan rambut. Diamkan cucian air kelapa muda pada rambut selama 3 jam, setelah selesai bilas dengan air bersih, lakukan secara rutin selama 1 bulan, maka anda akan mendapatkan kalaun rambut hitam dan rambut tidak rontok lagi. Selain itu air kelapa muda juga baik untuk rambut sebagai pencegah ketombe dan rasa gatal pada kulit rambut.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara memanfaatkan 5 cara memanfaatkan air kelapa dengan cara berbeda.

Air kelapa memang memiliki sejuta manfaat apabila diolah dan dikreasikan dengan benar, selain rasanya yang enak, air kelapa muda juga mengandung sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan. Walaupun kebanyakan orang lebih menyukai menyantap air kelapa muda yang masih original tampa campur-campur dengan yang lain. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "5 cara memanfaatkan air kelapa dengan cara berbeda"

Berlangganan via Email