Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 macam karakter pemain dalam sebuah cerita yang wajib kamu hadirkan

5 macam karakter pemain dalam sebuah cerita yang wajib kamu hadirkan - Serial drama dan aksi – aksi film senetron memang salah satu jenis tayangan yang paling banyak digemari oleh orang banyak, apalagi untuk negara indonesia, yang memang hobi menonton serial drama – drama romansa dan percintaan yang lagi trend-nya.

Drama atau sebuah sinetron itu dapat dikatakan baik apabila seluruh unsur – unsur penting dalam pembuatan-nya sangat diperhatikan sedetil mungkin. Baik itu karakter yang dimiliki tokoh, pamain yang sesuai, tata letak panggungnya, pencahayaan-nya, efek musiknya, petugas dan staf pekerjaanya, dan lain sebagainya.

5 macam karakter pemain dalam sebuah cerita yang wajib kamu hadirkan
5 macam karakter pemain dalam sebuah cerita yang wajib kamu hadirkan

Tokoh adalah salah satu bagian dari unsur yang penting dalam pembuatan sebuah cerita, tampa sebuah tokoh cerita tidak akan dapat berjalan, pemilihan bentuk dan watak tokoh sangat harus diperhatikan, terutama harus sesuai dengan peran yang dimainkannya.

Di dalam diri seorang tokoh, terdapat karakter atau sifat.  Dalam dunia akting per-film-an, banyak sekali jenis – jenis karakter dan watak dari tokoh itu sendiri, mulai dari yang baik hati, yang jahat, yang tidak peduli, yang suka menolong kebaikan serta pembantu kejahatan, semua itu adalah salah satu sifat yang dimiliki masing – masing tokoh.

Para tokoh haruslah bisa memainkan sifatnya dengan baik, sehingga kesan menjiwai sangat kuat dalam dirinya hingga penonton dapat terilusi atau terbawa suasana emosi walaupun itu hanya sekedar sandiwara atau akting belaka.

Sebuah senetron yang baik setidaknya harus menyuguhkan 5 karakter berikut, agar film atau senetron yang anda buat dapat menimbulkan alur cerita yang komplek dari awal perkenalan, pengembangan masalah, konflik, hingga penyelesaian konflik itu sendiri.
 

#5 macam karakter pemain dalam sebuah cerita yang wajib kamu hadirkan

Berhasil atau tidaknya pemain atau tokoh yang berperan itu apabila karakter yang dimainkannya dapat dijiwai dan memiliki eksensi yang kuat pada dirinya, hingga penontoh secara tidak langsung bisa mengingat anda itu adalah tohoh yang baik, ataupun tokoh yang jahat. 

Alur cerita yang baik, tentu menghadirkan beberapa karakter sifat, setidaknya 5 karekter berikut ini harus ada dalam sebuah cerita atau drama, agar alur ceritanya dapat dikembangkan secara baik, diantaranya sebagai berikut :
 
1. Protagonis
Apa itu Protagonis? Protagonis adalah peran yang mewakili hal-hal yang serba baik dalam diri seseorang. Biasanya tokoh protagonis yang dihadirkan merupakan tokoh yang menderita, selalu di sakiti, di khianati, dicaci maki, di tindas, dan sabagainya. Tokoh seperti ini sengaja di hadirkan untuk menimbulkan simpati dalam penonton
 

2. Antagonis
Apa itu Antagonis? Antagonis adalah peran yang dicirikan sebagai tokoh penidas, tokoh jahat dan kasar, tokoh in ia akan menimbulkan emosi penonton untuk membenci atau antipati.
 
3. Sidekick
Apa itu sidekick? Sidekick adalah karakter yang berpasangan dengan karakter protagonis. Biasanya karakter sidekick ini akan membantu setiap tugas yang di emban sang krakter protagonis.
 
4. Kontagonis
Apa itu kontagonis? Kontagonis adalah merupakan karakter yang bertugas membantu aktivitas atau kegiatan yang dilukan oleh karakter antagonis untuk menggalkan keinginan karakter protagonis, biasanya tokoh ini licik, jahat dan menyebalkan
 
5. Skeptis
Apa itu skpetis? Skeptis adalah merupakan karakter yang tidak peduli terhadap aktivitas yang dilakukan oleh tokoh protagonis, tokoh ini bukan lawan dari tokoh protagonis. Tapi kehadirannya kadang menyebalkan karna suka ingin menang sendiri, egois, keras kepala, dan tidak mau tahu.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui bukan mengenai 5 macam karakter pemain dalam sebuah cerita yang wajib kamu hadirkan. Setiap orang yang sudah terjun di dunia akting atau per-film-an harus mampu menampilkan beberapa peran atau watak yang berbeda-beda. Semakin banyak sifat dan karakter yang mampu ia mainkan tampa mengurangi penekanan atau penjiwaanya.

Namun pada umumnya, setiap pemain biasanya memiliki peran dan sifat yang dominan-nya masing-masing. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

1 komentar untuk "5 macam karakter pemain dalam sebuah cerita yang wajib kamu hadirkan"

  1. Terima kasih informasinya terkait karakter. Untuk 5 jenis karakter yg ada, bolehkah ditampilkan referensi yg menjadi rujukan. Sebab saya juga menemukan informasi terkait tp agak beda.

    BalasHapus

Berlangganan via Email