Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membedakan telur yang busuk dan bagus serta tips menyimpan telur agar tetap awet

Cara membedakan telur yang busuk dan bagus serta tips menyimpan telur agar tetap awet - Telur merupakan makanan yang kaya akan zat gizi dan termasuk makanan yang tinggi akan zat protein yang baik untuk pertumbuhan sel otot tubuh. bagi anda yang sedang menjalani aktivitas pembentukan otot tubuh sangat di anjurkan untuk mengkonsumi telur secara rutin.

Rata –rata konsumsi telur di indonesia sangatlah tinggi karna hampir semua bahan yang diolah di dapur menggunakan telur, dari membuat kerupuk, kue, tumisan, makanan kuah, dan lain sebagainnya.

Memang kebutuhan akan telur sangat tinggi, tak heran memamang ibu – ibu rumah tangga sering membeli jumlah telur dalam jumlah yang banyak, bisa perKilo atau per kotak.

Cara membedakan telur yang busuk dan bagus serta tips menyimpan telur agar tetap awet
Cara membedakan telur yang busuk dan bagus serta tips menyimpan telur agar tetap awet

Telur yang paling banyak dikonsumi rata –rata berasal dari telur ayam, karna lebih standar rasanya daripada telur – telur dari binatang lain seperti itik ataupun angsa, selain itu harga telur ayam jauh lebih murah dibandingkan dengan telur binatang lain.

Walaupun untuk menemukan telur ayam sangatlah mudah, hampir setiap toko di supermarket atau pasar swalayan (toko desa) menjual telur ayam.

Pernahkan anda menjumpai ketika membeli telur, eh tiba – tiba ingin diolah telur ayam yang kita beli ternyata busuk, penyebab telur busuk kebanyakan karna benturan atau goncangan pada proses pengantaran atau pengangkutan telur tersebut. 

Untuk membedakan telur ayam itu busuk atau tidak, ternyata susah – susah gampang, karna tidak semua yang diperedsi sebelumnya ternyata busuk, tap ada beberapa cara sederhana untuk memastikan telur ayam itu busuk atau tidak (walaupun tidak secara mutlak).

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh cara memilih telur ayam yang bagus dan berkualitas terhindar dari busuk, serta cara menyimpan telur yang benar agar tetap awet walaupun tidak dikonsumsi selama beberapa minggu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

#Cara memilih telur ayam yang bagus (Tidak busuk)

Ketika anda membeli telur memang akan terasa sulit untuk membedakan telur yang busuk dan tidak, tatapi kebanyakan telur busuk berada disisi tepi kotak telur, alasan logisnya karna pada bagian tersebutlah telur akan mengalami goncangan yang kuat ketika diangkut.

Selain itu telur yang apabila di gancangkan sedikit terasa seperti ada ruang hampa atau kosong sehingga terkesan berbunyi dari luar, alasan logisnya karna antara kuning telur dan putih telur sudah menyatu.

Artikel terkait lainnya :  Manfaat berkompetisi dalam suatu permainan atau hal lain yang sering diabaikan

Jika anda membeli telur dimalam hari anda dapat menggunakan bantuan sinar lampu untuk menerawang telur, apakah antara kuning telur dan putih telur sudah menyatu atau tidak, jika posisi kuning telur dan putih telur sudah menyatu berarti telur bisa pastikan busuk.

Cara – cara diatas belum dapat dipastikan secara mutlak, karna kadang – kadang tidak semua telur seperti itu busuk, tatapi memang kebanyakan dari ciri – ciri diatas dapat dikatagorikan telur busuk. Jika anda sudah pulang kerumah ada beberapa tips atau tutorial cara membedakan telur berkualitas baik, kualitas tidak baik, dan telur busuk. Untuk dapat mengetahuinya langkah – langkahnya sebagai berikut :

Siapkan alat dan bahan yang akan dibutuhkan, masukkan telur kedalam ember yang telah disi  oleh air, maka akan terjadi 3 kemungkinan yang dapat mempredeksi kualitas telur itu baik, kurang baik, dan busuk.

Telur bagus (baik ) – akan menunjukkan gejala telur dalam posisi rebah serta tenggela

Telur kurang baik – akan menunjukkan gejala telur dalam posisi berdiri
 
Telur busuk – akan menunjukkan telur yang terapung

Pengujian atau langkah – langkah ditas dapat anda terpakan untuk semua jenis telur, namun lebih ditekankan untuk telur ayam.
 

#Cara mengawetkan telur ayam dengan benar

Seperti yang telah diuraikan diatas bahwa kebutuhan akan telur sangatlah tinggi dalam suatu rumah tangga, untuk itu terkadang ibu – ibu rumah tangga sering membeli telur yama dalam porsi yang lebih.

Walaupun telur di bilang jenis bahan makanan yang awet, tetapi tidak selamnya telur dapat bertahan lama, apalagi  jika disimpan pada tempat yang salah.

Kesalahan yang menajadi kebiasaan – kita sering meletakkan telur pada area tutup kulkas, karna memang pada area tersebut sudah disediakan tempat menyimpan telur. Namun menurut faktanya tidak benar menyimpan pada posisi araa tutup kulkas dapat mengawetkan telur, karna penyebab utama telur busuk adalah goncangan, sedangkan pada saat membuka kelkas, otomatis telur juga akan ikut terguncang. Jadi dapat dipastikan kebiasaan ini benar – benar salah.

Namun tidak untuk menyimpan telur pada bagian tubuh kulkas, karna suhu telur akan tetap terjaga dan juga tidak akan mengalami guncangan ketika membuka kulkas, jadi intinya ketika anda ingin menyimpan telur ayam pada kulkas hindari menyimpan telur pada bagian tutup kulkas. 

Bagaimana bagi seseorang yang tidak memiliki kulkas.  Adakah cara sederhana untuk menyimpan telur agat tetap awet bahkan sampai 1 bulan lamanya. Sebenarnya caranya cukup simpel dan mudah, serta dapat dipraktekkan oleh siapapun. 

TIPS – Supaya telur tahan lama, simpanlah telur ayam di dalam timbunan beras, telur akan tahan selama satu bulan

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara Cara membedakan telur yang busuk dan bagus serta tips menyimpan telur agar tetap awet.

Memang untuk mengetahui kualitas telur ayam dibutuhkan ketelitian agar kandungan zat pada telur tetap utuh.  Dan juga sebaiknya setelah membeli telur, sebaiknya dikonsumsi segera sebelum 1 bulan.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda, sampai jumpa lagi dilain waktu, bye.

Baca juga:
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membedakan telur yang busuk dan bagus serta tips menyimpan telur agar tetap awet"

Berlangganan via Email