Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat kalung mendali penghargaan yang bagus dari pita dan kertas warna

Cara membuat kalung mendali penghargaan yang bagus dari pita dan kertas warna - Dalam setiap kejuaraan atau pertandingan sering kali para pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa kalung mendali penghargaan. Biasanya kalung mendali penghargaan terdiri dari tiga tingkatan yaitu mendali emas untuk juara 1, mendali perak untuk juara 2, dan mendali perunggu untuk juara ke-3.

Selain itu penggunaan kalung mendali juga sering di pakai pada even – even penghargaan atau acara wisuda akbar. Pada umumnya bentuk kalung mendali terbuat dari kain, sedengkan untuk liontin-nya bisa dibuat dari emas, perak, tembaga, besi dan plastik.

Penahkan anda menangani suatu kegiatan atau even – even sederhana yang cangkupannya tidak luas, biasanya sebagai bukti kelulusan atua mengikuti agenda tersebut bisa diberikan sebuah kalung mendali, namun karna kedala biaya kegitaan sehingga kebutuhan akan kalung mendali tidak terpenuhi, padahal fungsi dari kalung mendali tersebut sangat dibutuhkan.

Kenapa anda tidak membuatnya sendiri dengan barang – barang yang sederhana serta penggabungan beberapa barang yang tidak terpakai lagi seperti kertas bekas dan lain sebagainya.

Dari masalah ini, kita bisa mengambil ide kreatif untuk membuat sendiri kalung mendalai penghargaan dari pita serta keras warna agar tampilan mendalai terkesan lebih mewah walaupun dengan barang bekas dan barang pendukung lainnya.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai cara membuat kalung pengharggan yang simpel dari barang terpakai dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.
 
#Cara membuat kalung mendali penghargaan yang bagus dari pita dan kertas warna
Dengan memanfaatkan bentuk dan barang yang sederhana serta di tambah dengan ide kreatif, kita dapat membuat kalung mendali penghargaan yang unik namun tetap mewah. Untuk lebih jelasnya cara pembuatanya yaitu sebagai berikut :
 
Alat dan bahan
  • Kertas warna emas
  • Kardus bekas mie instan
  • Stepler
  • Gunting
  • Pencil
  • Lem kertas
  • Gelas ukuran sedang
  • Pita ukuran sedang berwarna biru muda
  • Stiker (logo) kegiatan anda

Langkah – langkah pembuatan:  Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan dibutuhkan dalam peroses pembuatan

Langkah awal kita akan membuat liontin mendali terlebih dahulu, siapkan kertas kardus bekas mie instan, ambil gelas ukuran sedang (gunakan sebagai ukuran lingkaran liontin yang akan dibuat) letakkan pada kardus, setelah itu beri tanda dengan menggunakan pencil

Setelah itu gunting pola yang telah dibuat sebelumnya dengan rapi, maka lingkaran liontin telah anda buat

Selanjutnya lepaskan stiker (logo) yang telah print, tempelkan pada liontin kardus yang telah dibuat. Stiker disini di usahakan menggunakan keras yang tahan akan air, serta tidak perlu menggunakan lem keras namun langsung dapat direkatkan seperti stiker pada umumnya. Untuk ukuran stike yang yang digunakan harus lebar agar dapat menutupi seluruh permukaan kardus baik dari depan dan belakang-nya

Selanjutnya ambil keras warna emas, gunting sesuai dengan panjang keliling lingkaran tesebut dengan lebar 2 – 3 cm

Artikel terkait lainnya : Cara melayani pelanggan pria dan wanita dengan baik agar jadi membeli produk yang ditawarkan

Langkah selanjutnya beri lem kertas pada kertas warna emas tersebut, tempelkan pada sisi – sisi kardus, lakukan dengan teliti dan rapi. Nah sekarang bentuk liontin kalung mendali sudah siap

Selannjutnya hanya tinggal membuat kalung dari pita yang telah disediakan sebelumnya. ambil pita gulung, potong sesuai ukuran pemakainnya, setelah itu potong pada bagian ujung pita dengan bentuk segitiga

Nah, liontin mendali sudah jadu, dan tali liontin sudah jadi, langkah terakhir yaitu menggabungkan kedua bahan tesebut.

Ambil stepler, pasangkan pita dan liontin dengan cara disilangkan serta, pada bagian ujung liontin dilebihkan sedikit pada ujung pita sebagaimana bentuk kalung mendali pada umumnya.

Proses selesai, dan hasilnya seperti pada gambar dibawah ini, bagus bukan gan?

Cara membuat kalung mendali penghargaan yang bagus dari pita dan kertas warna
Cara membuat kalung mendali penghargaan yang bagus dari pita dan kertas warna

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara memanfaatkan barang –barang sederhana untuk dibuat kalung mendali yang keren.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi dengan dana yang minim untuk membuat kalung mendali sebagai kenangan kegiatan yang anda buat, terkadang kita harus bisa kreatif untuk menghasilkan hal yang unik. Semoga artikel berikut bisa menambah pengetahuan dan kreatif anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat kalung mendali penghargaan yang bagus dari pita dan kertas warna"

Berlangganan via Email