Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat telur asin dengan mudah tampa abu gosok

Cara membuat telur asin dengan mudah tampa abu gosok - Salah satu olahan makanan dari telur yang cukup digemari oleh masyarakat adalah telur asin, siapa yang tidak kenal telur asin yang rasanya asin dan gurih yang sedap di makan sebagai lauk pauk.

Telur asin paling cocok dibuat dari telur itik, angsa karna memiliki ukuran kuning telur  yang cukup banyak, jika dilihat dari kandungan gizi, telur asin memiliki kandungan gizi yang cukup baik serta dapat mempertahankan kandungan dan zat yang ada ditelur tersebut.

Untuk mengkonsumi telur asin, kebanyakan orang lebih menyukai membeli telur asin langsung ketimbang membuatnya, hal ini karena proses pembuatannya yang cukup rumit dengan menggunakan  abu gosok atau tanah, lalu di pendam dan menunggu beberapa hari hingga telur mengalami proses pematangan dengan sendiri.

Cara membuat telur asin dengan mudah tampa abu gosok
Cara membuat telur asin dengan mudah tampa abu gosok

Hal inilah alasan kenapa orang lebih cendrung membeli dari pada membuat jika hanya ingin konsumsi sedikit, tapi permasalahan yang ada tidak semua daerah atau di lokasi tempat anda tinggal terdapat orang yang menjual telur asin.

Nah, sebenarnya proses pembuatan telur asin dapat dilakukan dengan beberapa cara dan metode, ada beberapa metode yang lebih simpel dan praktis serta untuk membuat telur asin yang gurih.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih lanjut cara membuat telur asin dengan menggunakan larutan garam dan toples. Bagaimanakan langkah – langkahnya, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 

#Cara membuat telur asin dengan mudah tampa abu gosok

Biasanya kita membuat telur asin dengan cara melumuri telur dengan abu gosok atau hancuran batu bata yang sudah di campuri garam. Cara ini memang ampuh untuk menghasilkan rasa telur asin lebih gurih dan lezat.

Namun bagi anda yang tidak ada keahlian membuat telur asin, namun pengen merasakan telur asin. Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara lebih mudah. Langkah – langkah-nya sebagai berikut :
 
Alat dan bahan
  • Telur
  • Toples
  • Garam
  • Alat – alat dapur lainnya yang dibutuhkan

Langkah dan proses pembuatan telur asin: Siapkan alat dan bahan yang akan diperlukan sebelumnya.  salah satunya bahan untuk membuat telur asin yaitu telur yang berkualitas baik

Siapkan satu gelas garam, larutkan dengan air panas sebanyak satu liter, lalu biarkan air dingin terlebih dahulu

Artikel terkait lainnya : Pentingnya pelayanan prima sebagai strategi pemasaran produk

Siapkan telur yang akan digunakan, sebelum malakukan proses pengasinan, cuci terlebih dahulu telur hingga bersih, pastikan tidak ada yang retak, pecah dan lain sebagainya. Hal ini penting anda perhatikan karna dapat mempengaruhi telur asin yang lainnya. 

Selanjutnya telur  diatur di dalam toples atau tempat apa saja yang dapat ditutup dengan rapat, tuangkan air garam yang sudah di dinginkan sebelumnya. lakukan proses ini hingga air terisi penuh hingga menutupi seluruh permukaan telur asin.

Kemudian toples ditutup dengan rapat, selanjut biarkan telur berada di dalam toples selama 7 hari, hingga proses peng-asinan dapat berjalan dengan baik.

Perbedaan metode ini dengan motede pada umumnya, yaitu telur masih dalam keadaan mentah, sehingga perlu di cuci terlebih dahulu, selanjutnya di tiriskan dan kukus

Setelah proses kukus selesai, telur asin siap untuk di sajikan dan dihidangkan untuk keluarga anda

Nah, sobat simpel bukan, tidak perlu harus merendam telur pada abu gosok dan batu bata untuk menghasilkan telur asin.

Walaupun demikian  dapat dipastikan bahwa rasa dan ciri khas lain dari telur asin pada umumnya tidak dapat anda rasakan, namun hampir mendekati, karna dalam proses yang kita buat tidak ada proses pemanasan dan permentasian secara alami pada telur, sehingga rasa original telur asin pasti akan berbeda juga. Tapi anda tidak perlu meragukan rasa yang disuguhkan dari metode cara mebuat telur asin dengan simpel, rasanyapun tidak juah enak dengan telur asin pada umumnya, selain itu cara ini lebih simpel dari praktis untuk diterapkan oleh ibu – ibu rumah tangga.

Semoga pembahasan kali ini dapat menambah pengetahuan dan kemampuan anda didapur, biar bisa masak dan menyajikan makanan yang lebih enak, sampai jumpa lagi pada info umum lainnya, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat telur asin dengan mudah tampa abu gosok"

Berlangganan via Email