Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan kelebihan menjadi propesi penulis yang jarang diketahui

Keuntungan dan kelebihan menjadi propesi penulis yang jarang diketahui - Setiap orang memiliki banyak sekali kesukaan dan kegemaraanya masing-masing, sehingga kita tidak bisa mengatakan bahwa setiap anak harus memiliki keahlian yang sama karna bakat dan minatnya tentu berbeda – beda.
Bagi hobi membaca tentu akan senang pergi ke perpustakaan berjam-jam hanya sekedar untuk membaca buku, begitu pola yang suka dengan bermain bola, akan terus melatih dan me-asah teknik dalam bermain bola setiap harinya.

Menulis juga termasuk dari hobi, orang yang melukan kegiatan menulis dapat disebut penulis. Bagi seseorang yang memiliki rasa senang menulis tentu tidak akan merasa bosan menghabiskan waktu luangnya di depan buku dan pena atau di depan leptop hanya sekedar menulis apa yang ia suka dan ia tahu.

Keuntungan dan kelebihan menjadi propesi penulis yang jarang diketahui
Keuntungan dan kelebihan menjadi propesi penulis yang jarang diketahui

Menulis adalah salah satu kegiatan mencurahkan segala pengetahuan yang ingin di terjemahkan melalui tulisan yang dibuat yang disampaikan dengan cara membacanya. 

Di era sekarang, kegiatan menulis bukan hanya sekedar membuat buku diary saja, lalu disimpan untuk diri sendiri, namun lebih mengedepankan manfaat  yang diberikan kepada hal-layak.

Tentu saja faktor teknologi dan informasi yang semakin canggih, memudahkan aktivitas menulis dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun ditambah akses yang mudah untuk di bagikan kepada pembaca. Seperti penggunaan media sosial, atau yang lebih baik lagi menggunakan media blog.

Siapa yang tidak kenal blog? Bagi teman – teman pasti sudah mengenal yang namanya blog yang sering sekali digunakan sebagai wadah menampung berbagai inspirasi, pengetahuan dan wawasan anda kepada pengguna dunia maya, agar apa yang anda sampaikan dapat bermaanfaat untuk diri anda maupun orang lain yang membacanya.

Menjadi sorang penulis itu “susah-susah-gampang” namun akan menjadi lebih mudah ketika sudah terbiasa “bisa karna terbiasa”. Selain itu juga menjadi penulis itu haruslah di iringi dengan hobi atau kecintaan anda tentang kegiatan menulis.

Pada masa sekarang banyak sekali orang – orang yang terjun di dunia blogging, otomatis dapat di artikan bahwa banyak sekali yang sudah mulai merintis hobi menulis.

Namun kasus yang saya jumpai di forum diskusi blog indonesia, banyak yang salah kaprah tentang kegiatan menulis atau menjadi seorang penulis, mereka memiliki alasan yang singkat padat namun kurang tapat. Alasan yang sering dilontarkan adalah sebagai bahan mencari uang melalui agenda menulis atau menjadi seorang penulis.

Salahkah sikap seperti ini? Tentu saja tidak, karna hal ini juga keuntungan menjadi seorang penulis, yaitu bisa menghasilkan uang selama ia menekuni dengan serius dan tetap pruduktif.

Tetap kita harus membuka sudut pandang lain, bahwa menjadi seorang penulis tidak terpokus mencari materi saja, namun lebih pada hal – hal lainnya yang harus anda kedepankan pula.

Banyak sekali keuntungan dan keunggulan yang dapat anda rasakan menjadi seorang penulis, selain hanya sekedar mendapatkan uang. Bagi seorang penulis atau blogger sejati, setidaknya harus mengetahui agar, bisa menjadi referensi kedepannya, kenapa sih suka dengan aktivitas Menulis?
 

#Keuntungan dan kelebihan menjadi propesi penulis yang jarang diketahui

Bosan ah jadi penulis, karna hanya menghabiskan 6 – 12 jam perharinya didepan komputer, hasil pendapatannya tidak seberapa. Inilah yang di dapat ketika seseorang hanya mengedepankan meteri dan tidak melihat dari sudut pandang yang lain, padahal menjadi penulis itu memiliki dampak positif bagi diri anda serta untuk orang lain. Tampa kita sadari atau tidak, tulisan sederhana anda dapat merubah hidup anda serta orang yang membacanya. Nah, berikut keuntungan dan kelebihannya :
 
1. Menjadi bos untuk diri sendiri
Menjadi BOS adalah idaman setiap orang, karna cara kerja bos adalah tidak ada yang memerintahkan ia melukan sesuatu kecuali ia ingin melukannya sendiri, enak bukan.

Tidak ada paksaan dan tekanan dari manapun, jika lagi tidak mood dan anda tidak ingin menulis tidak akan ada yang memarahi anda, jika anda sedang malas dan bersantai – santai tidak akan ada yang mengomeli anda.

Menjadi bos untuk diri anda sendiri adalah kelebihan tesendiri yang di miliki menjadi seorang penulis yang memang digunakan sebagai propesi sampingan atua pokok.

Tak heran memang, propesi menulis mudah sekali di dampingkan dengan propesi atau pekerjaan lain, karna tidak ada paksaan dan tekanan ketika ingin melakukannya. Untuk di era sekarang banyak sekali orang yang sudah terjun di dunia blogging atau aktivitas menulis sebagai mata pencahiran sampingan.
 
2. Memiliki banyak waktu luang yang tidak tebuang sia-sia terutama waktu bersama keluarga
Memilih pekerjaan menjadi seorang penulis, adalah orang yang sangat detil menghargai waktunya, sebab ia bisa mempertimbangkan waktu yang diperlukan walaupun itu hanya semenit.

Sekarang coba anda bayangkan ketika anda bekerja di tempat lain, berapa lama waktu yang diperlukan untuk menuju tempat lokasi anda bekerja, berapa lama pula waktu yang ditempuh ketika anda pulang, ditambah dengan jalan yang macet serta waktu yang tebuang secara tidak sengaja? Tentu banyak bukan.

Nah, lantas bagaimana ketika propesi penulis anda geluti baik itu sampingan atau pokok, tentu saja waktu yang diperlukan hanya waktu dimana ketika anda menulis itu, karna pada umumnya aktivitas propesi menulis banyak dihabiskan di rumah.

Artikel terkait lainnya : 7 inspirasi hidup dari lebah (Selalu bisa bermanfaat untuk orang lain walaupun ketika seseorang ada yang menggangu dirimu)

Kelebihan yang anda dapat yaitu, ketika anda sudah memiliki kehidupan rumah tangga, anda akan lebih dekat dengan keluarga anda karna lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri bagi anda dan keluarga anda.

Inilah keuntungan yang baik juga ketika propesi penulis anda geluti, sebab dapat memaksimal-kan waktu yang singkat menjadi lebih efektif dan efesien.
 
3. Keuntungan secara Finansial jika anda produktif, baik secara materi maupun non materi
Siapa bilang menjadi seorang penulis itu tidak memiliki karir yang gemilang, dan penghasilan yang kurang banget? Jika anda tetap fokus dan berkomitmen tinggi untuk menjadi penulis, tentu saja akan membuahkan hasil.

Penulis dalam arti kata disini tidak terikat menjadi penulis yang bersifat membuat artikel di internet saja, tapi dapat menjadi seorang pembuat naskah drama yang sering ditayangkan di TV, pembuat novel, buku – buku, serta berbagai bentuk tulisan yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

Coba anda bayangkan berapa harga satu epesode yang dtayang oleh stasiun TV yang menayangkan hasil karya ada, apalagi bisa tembus 100 hingga 500 epesode, jika dalam satu epesode bisa dibayar 5 – 10 juta. Coba anda kaiukan sendiri.

Atau anda seorang penulis buka, dan buka anda dipasarkan, atau anda menjual ebook dan lain sebagainya, bisa saja dari menulis dan menjadi penulis mengajarkan anda juga dalam dunia berwirausaha. Jika perhari anda dapat menjual 50 buka dengan harga Rp.70.000.00/buku, berapa penghasilan anda perhari. Anda dapat menghitungnya sendiri.
 
4. Penghargaan dan apresiasi dari para pembaca
Hasil karya tulis yang telah anda buat, pada umumnya akan berkualitas atau tidak ketika informasi atau pengetahuan yang anda bagikan dapat bermanfaat bagi si pembaca sesuai apa yang ia cari. 
 
Coba kita lihat karya – karya buku yang terkenal yang ciptakan dari para ahli – ahli, baik yang kontoporer hingga karya – karya klasik. Coba kita lihat bagaimanakah kedudukan dari buku-buku itu hingga sekarang? Rata – rata setiap sumber ilmu pengetahuan harus merujuk pada buku yang memiliki kualitas yang  baik sebagai referensi belajar.
 
Hal ini menunjukkan bahwa karangan – karangan  yang telah dibuat telah di hargai dan di apresiasi oleh pembaca. Ketika pepatah mengatakan bahwa “pembicara yang handal tidak akan ada artinya ketika tidak ada pendengar yang baik.
 
5. Bisa membantu dan bermanfaat bagi orang lain melalui tulisan anda
Semua orang memiliki cara – cara tersendiri untuk mengumpulkan amal ibadah, ada yang suka sedekah, saling menasehati, zikir, dan lain sebagainya.
Menjadi penulis juga dapat dikatagorikan sebagai dakwah dalam bentuk sebuah tulisan. Setidaknya dapat merubah diri sendiri menjadi lebih baik, dan akan berlanjut saling menasehati satu sama lain melalui bentuk-bentuk tulisan yang disajikan. Jadi, menulis juga suatu amal ibadah apabila dilakukan karna allah.swt.
 
6. Menjadikan kemampuan berpikir secara tersruktur dan membuat anda lebih pintar dan berwawasan luas
Ketika anda sedang memikirkan tema, sajikan yang akan dirangkai, hingga isi dan diakhiri dengan penutup, hal seperti ini telah mengajarkan berpikir secara tersruktur.
 
Selain itu sebagai bahan untuk menulis lebih lanjut tentu diawali dengan mengumpulkan bahan – bahan apa yang ingin ditulis, pengumpulan bahan – bahan ini bisa melalui membaca buku, atau sumber – sumber lainnya yang dapat menunjang kualitas tulisan yang akan dibuat nanti, otomatis hal seperti ini telah mengajarkan kita untuk terus belajar, berpikir, serta berusaha mencari sebanyak – banyaknya sumber pengetahuan.
 
Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Keuntungan dan kelebihan menjadi seorang propesi penulis yang jarang diketahui. Memang tidak semua orang memiliki hobi sebagai penulis, namun manfaat yang dirasakan ketika anda menulis sangat dapat dirasakan dalam kehidupan keseharian anda, mulai cara berpikir, bekerja, hingga masalah – masalah dan problem kehidupan.
 
Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai keuntungan yang dapat anda rasakan ketika memilih propesi sampingan menjadi seorang penulis. Sampai jumpa lagi, bye.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Keuntungan dan kelebihan menjadi seorang propesi penulis yang jarang diketahui

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Keuntungan dan kelebihan menjadi propesi penulis yang jarang diketahui"

Berlangganan via Email