Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips mengatasi kejaran anjing agar tidak digigit

12 Tips mengatasi kejaran anjing agar tidak digigit - Anjing adalah salah satu jenis hewan mamalia (hewan yang menyusui dan melahirkan serta memiliki daun telinga), anjing salah satu binatang yang paling populer dipelihara oleh manusia, sama halnya dengan kucing yang juga cukup populer dipelihara oleh manusia.

Walaupun demikian anjing termasuk hewan yang najis dalam islam, sehingga tidak baik untuk di pelihara jika tidak digunakan sesuai dengan fungsinya seperti menjaga kebun dan lahan dari serangan berbagai hama, kenapa anjing itu najis sebab pada liur anjing serta bulu anjing yang basah tersimpan ribuan bakteri yang tidak baik untuk kesehatan manusia, untuk itulah kenapa seorang muslim dilarang memelihara anjing, sebab untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri, karena islam mengajaran tentang petingnya kebersihan, sebab kebersihan adalah sebahagian dari iman.

Anjing termasuk binatang yang cerdas, ia mampu mengingat berbagi penjelasan singkat serta memahami berbagai bentuk perintah, terutama kepada majikannya sendiri, selain itu anjing juga memiliki penciuman yang super tajam, ia termasuk salah satu hewan yang sering dimanfaatan untuk melacak sesuatu benda dengan penciumannya yang tajam, daya larinya yang kuat serta gigitannya yang super kuat. Tak heran memang anjing sering digunakan dalam bidang pengamanan dan pelacakan dalam kepolisian.

Anjing juga memiliki memory daya ingat yang cukup tinggi, ia sangat mudah mengetahui antara majikannya dan orang asing, anjing juga sangat patuh pada majikannya serta sangat peduli dengan kelompokknya masing – masing.
Jika hari ini anda mengusiknya dan menganggunya, selamanya ia akan ingat perbuatannya anda, atau jika dalam komplek daerah anda tinggal terdapat orang yang memelihara anjing, jika anda sering lewat maka ia akan mengingat diri anda, dan sudah dianggap orang sekitar komplek dan bukan orang asing, itulah kehebatan memory anjing dalam mengingat suatu hal serta mampu membedakan mana orang terdekatnya dan mana orang asing apalagi orang asing yang mencurigakan.

Namun semua itu tidak berlaku untuk anjing gila atau anjing yang mengidap penyakit rabies, anjing yang sudah rabies tentu cukup berbahaya karna apabila anjing menggigit manusia dapat menularkan penyakit rabies pada manusia jika lambat penanganan serta pemberian vaksian rabies dapat memicu demam hingga kematian.

12 Tips mengatasi kejaran anjing agar tidak digigit
12 Tips mengatasi kejaran anjing agar tidak digigit

Bagaimana ciri – ciri anjing rabies itu secara umum? Untuk dapat memastikan itu adalah jenis anjing normal atau anjing rabies tentu perlu pemeriksaan dari dokter hewan, namun secara sederhana kita masih bisa membedakan apakah itu termasuk jenis anjing biasa atau rabies, ciri – cirinya yaitu :
  1. Buntuk anjing melengkung kebawah kearah perut
  2. Suka menyendiri di tempat yang gelap
  3. Suka menggoggong dan mengejar orang lain tampa sebab
  4. Serta selalu mengeluarkan lidahnya dengan air liur yang banyak sekali


Ke empat ciri diatas merupakan ciri umum yang dapat kita perhatikan secara langsung apakah anjing itu mendekati rabies atau tidak.  Nah, bagaimana jika kita berhadapan dengan anjing yang tiba mengusik anda atau menggongong anda, misalkan ketika anda berjalan kesuatu daerah dan bertema dengan anjing, apa yang harus dilakukan ketika tiba-tiba ia mengejar anda, mungkin kejadian seperti tidak pernah terbayangkan oleh kita.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan mengulas lebih jauh mengenai beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika dikejar anjing jalanan, apa yang harus dilakukan dan apa saja harus dihindari, berikut ini ulasannya sebagai berikut.


#12 Tips mengatasi kejaran anjing agar tidak digigit

Kita mungkin tidak pernah mengira bahwa suatu saat pergi kedaerah teman atau tetangga tiba – tiba ketemu anjing dijalan, atau berpapasan dengan anjing di jalan. Mungkin sebahagian orang ada yang fobia dengan anjing akan langsung lari. Padahal cara ini cukup salah, sebab dapat memicu kejaran anjing.

Selain itu ada juga kasus dimana orang dikejar anjing, tapi bingung menyelamatkan diri, dan pasrah digigit dikaki. Duh kasihan bangetkan, apalagi ketemu dengan anjing yang mengidap rabies, pasti tambah kacau, bisa babak belur dibuat si anjing.

Jika seperti ini kita perlu memperhatikan situasi dan memperitimbangkan dengan sangat cepat agar selamat dari kejaran anjing, nah, berikut ini beberapa tips sederhana cara menyelamatkan diri dari kejaran anjing, ulasannya sebagai berikut.

1. Jika anjing menggongong Jangan panik dan terkesan mencurigakan
Salah satu jurusan andalan si anjing adalah kemampuan menggonggongnya yang cetar membaha, apabila kalian sudah ketakukan pasti sudah gemetaran dulu atau lari sekencang-kencangnya.

Jangan begitu sobat, sebab cara ini cukup salah, sebab menggonggon anjing bukan berarti anjing itu mau mengejar atau menggigit tetap berupa sinyal pembelaan dirinya atau berusaha menakuti anda yang sedang lewat.

santai saja bos dan anggap saja seperti angin lewat, maka anda akan selamat dengan kejaran anjing, selama anda tidak lari selama itu juga anjing yang normal tidak akan mengejar anda, sebab ciri – ciri anjing yang normal tetap akan merasa takud terhadap manusia dan tidak akan menyerang apalagi mengigit begitu saja, apalagi kalau kita tidak mengusik si anjing.
Namun tips ini tidak berlaku dengan ciri – ciri anjing gila atau anjing yang mengidap rabies, jangan banyak basi – basi karna tampa dibilangpun anjing akan segera mengejar anda dan siap menghajar anda hingga babak belur, jadi intinya jangan sok berani juga, perhatikan dengan jelas apakah si anjing termasuk anjing yang normal atau anjing yang rabies, lihat dengan baik dan cepat sesuai dengan ciri-ciri yang telah saya utarakan diatas.

Tips 1 – jika anjing menggonggong jangan panik dan gelisah tapi perhatikan dengan baik apakah termasuk anjing rabies atau tidak, agar dapat mengambil langkah penyelamatan selanjutnya.

2. Jika tetap menggongong balas dengan gertakan ringan
Salah satu ciri – ciri anjing yaitu menggonggong untuk menggertak anda atau orang yang sedang lewat, jika hal ini terjadi balas dengan gertakan ringan jika si anjing tidak mau diam, tetapi perlu di ingat hal ini berlaku untuk anjing anjing rabies, sebab untuk jenis anjing rabies makin digertak makin meringat ia akan menghajar anda.

Pada umumnya jenis anjing yang sehat akan berhenti atau lari dari anda ketika digertak sedikit, sebab anda merasa tidak takud ketika digertak oleh anjing.

3. Jika anjing tidak mengejar jangan lari
Jangan pernah coba lari begitu saja ketika anjing menggonggong didepan anda, sebab tindakan lari adalah salah satu tindakan yang salah karna bisa memicu kejaran anjing, sebab gerak – gerik anda mencurigakan, dikira anda seorang maling atau orang asing yang tidak baik oleh si anjing.

Artikel terkait lainnya : Cara membuat wadah penggulung tali agar tidak kusut serta cara perawatan tali agar tidak rapuh

Lari dari gonggongan anjing ada porsinya serta ada tempatnya, disesuaikan dengan kondisi si anjing, jika anjing normal santai saja bos, jangan ambil tindakan lari yang justru membahayakan anda sendiri.

4. Jangan tatap mata anjing
Beberapa tips menghindari anda seorang yang mencurigakan bagi si anjing atau anda dikira orang asing, maka hindari menatap mata anjing walaupun ini tidak terbukti secara pasti, tetapi menatap mata anjing dapat menimbulkan kecurigaan anjing pada diri anda.

5. Cari lokasi yang tinggi
Jika anda dikejar dari jarak jauh, jangun buru-buru lari, karna jika anda lari pasti anda kalah, apalagi jika berhadapan dengan anjing rabies yang tidak mampu menahan insingnya. Bawa pikiran tenang dan lihat situasi sekitar apakah ada bagian ruangan atau benda yang tinggi yang dapat naiki atau berada diatas, seperti pohon bisa anda panjat, atau tombok tetangga, atau benda-benda tinggi yang lainnya yang bebas dari jangkauan anjing, anjing berbeda dengan kucing yang bisa memanjat tembok dengan mudah. Cara seperti ini lebih ampuh menghindari anjing gila ketimbang anda berlari.

6. Lari kelokasi yang ramai
Sifat anjing akan berani ketika bertemu dengan satu makhluk hidup namun akan takut ketika berhadapan dengan beberapa individu, hal ini merupakan suatu kebiasaan dan insting naluriah binatang, tapi hal ini tidak berlaku untuk anjing rabies, karna bisa jadi satu rombongan warga terkena gigitan anjing gil, bukannya selamat malah menambah korban jiwa.

7. Terjun kesungai
Jika di lokasi tempat anda dikejar oleh anjing gila atau anjing rabies, ternyata terdapat sungai dan anda juga bisa berenang, sebaiknya tinggal ceburi aja badan anda kesungai, otomatis anda tidak akan dikejar lagi oleh si anjing, jika anjing masih ngeyel tetap mengejar lempar aja pakai lumpar  , di jamin deh anjing pasti kapok mengejar anda.

Anjing sangat tidak menyukai air, jadi ketika anda sudah terjun kesungai atau genangan air, anjing tentu akan berhenti mengejar anda. Tapi ada beberapa kasus anjing masih tetap mengejar, kalau sudah begini ya lanjutin berenang bareng anjing, biar makin seru kejar-kejarannya,hehe kocak deh kalau anjing berenang, bukannya focus mengejar anda, malah si anjing pikiranya bagaimana supaya bisa keluar dari air (aduh si anjing nafsu niat untuk mengigit orang).

8. Masuk kerumah warga setempat
Sudah kepepet dikejar anjing gila dijalan, anda harus sigap dan cepat berpikir, jika ada pagar atau rumah orang, tinggal naiki saja, otomatis anjing gak akan bisa masuk, kalau gak ada pagar masuk saja kerumah warga, tapi ingat harus permisi ya gan, biar gak dikira maling lagi sama si tuan rumah. Oh iya kalau anjing masih mengejar, segera kunci pintunya sob, karna kalau hanya masuk doang, otomatis si anjing masuk juga, habis deh satu rumah di gigit anjing.

9. Ambil benda keras sebagai pengaman diri jika sudah tidak ada tempat perlindungan
Sebagai antisipasi saja gan, kalau ketemu kayu pada saat lari, pungut aja biar penjagaan ketika anjing sudah mau menggigit anda, lumayan sebagai senj@t@ perlindungan dini, walaupun begitu jangan pernah menyakiti anjing kalau dia tidak mengigit, gertak dari jauh menggunakan kayu, biar anjing berpikir dua kali kalu mau maju.

10. Lemparkan sesuatu ke tubuh anjing (benda yang aman untuk dilempar agar tidak melukai anjing)
Selain benda yang berbentuk pegangan, anda juga perlu mengambil benda yang bisa dilempar pada anjing, pada dasarnya sifat binatang akan takut ketika ada benda yang menyakiti tubuhnya, lempar sekali jika sudah kena, anjing gila bisa lari atau merasa kapok mengejar anda. Cara ini cukup ampuh jika anjing masih jauh biar anjing akan stop dulu sebelum sampai pada diri anda.

11. One Vs one (balas menggongong dengan menghadap kearah anjing tidak membelakanginya)
Jika anda sudah tersudut dalam satu wiliyah dan tidak ada tempat untuk bersembunyi atau meminta pertolongan kepada warga, maka langkah terakhir adalah one vs one, anda harus berupaya melindungi diri dengan berbagai cara, jika anjing menggonggong balas pula dengan gonggongan, jika dia mengejar maka kejar balik, siapkan alat sebagai perlindungan, yah, bagaimana lagi tidak ada jalan untuk lari atau bersembunyi kecuali one in one. 

Apapun yang terjadi usahakan jangan sampai tergigit serta tercakar, seperti di film rasiden evil saja, sidikit saja gigitan atau cakaran anda bisa menjadi zombie, kalau kisah nyatanya sih anda akan demam, gila atau kematian jika tidak diobati.  (khusus anjing rabies)

12. Berjongkok dan berpura – pura mengambil benda sesuatu untuk dilempar keanjing dengan posisi menghadap kearah anjing
Ada beberapa tips yang di ajarkan oleh orang tua saya, karna saya sering dikejar anjing waktu kecil sebab dikomplek saya tinggal banyak anjing berkeliaran, walaupun bukan anjing rabies sih. Tapi saya cukup kesal juga karna tuan rumah pemilik anjing tidak merawat anjing dengan baik, sampai – sampai tentangga saya pernah sekali digigit anjing.

Caranya anda menghadap karah ajing, lalu jongkok, lalu peragaan mengambil benda sesuatu serta kalau ada lemparkan kearah anjing, cara ini cukup jitu untuk menggertak anjing yang sok pemberani, selain itu cara ini menunjukkan bahwa anda tidak lari tetapi mengajak duel dengan si anjing, otomatis si anjing tidak akan mengambil langkah sembarangan untuk dapat menggigit anda, kalau anda tetap kuat maka anjing akan putar badan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi kejaran anjing, tips diatas dapat anda lakukan pada seluruh anjing normal namun tidak untuk anjing gila atau anjing rabies, karna anjing rabies tidak memiliki insing hewan yang sehat lagi.

Pada akhir – akhir ini marak sekali peredaran anjing gila serta kasus orang tergigit anjing gila, padahal obat rabies tidak murah loh, serta bukan hanya disuntik satu kali tetapi harus beberapa kali hingga memastikan virus rabies benar – benar hilang, selain itu digigit anjing rasanya sakit sekali.

Dari pada kena gigit, mending menyelamatkan diri dari kejaraan anjing – anjing gila yang berkeliaran dengan 12 tips diatas, semoga artikel yang singkat ini dapat membantu apa yang anda cari, sampai jumpa lagi pada tips unik lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "12 Tips mengatasi kejaran anjing agar tidak digigit"

Berlangganan via Email