Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips sebelum reparasi motor (pembongkaran dan pemasangan komponen motor)

5 Tips sebelum reparasi motor (pembongkaran dan pemasangan komponen motor) - Motor adalah salah satu jenis kendaraan darat yang paling banyak di gunakan diseluruh dunia, karna fungsinya yang fleksibel, mudah digunakan  dalam berbagai perjalanan serta haganya  yang tidak terlalu mahal, membuat alat kendaraan ini menjadi hal yang wajib bagi setiap orang.

Walaupun tergolong memiliki harga yang relatif terjangkau, tetap saja kita perlu merawat kendaraan motor dengan baik agar terhindar dari berbagai kerusakan-kerusakan. Setiap tahun pasti terdapat berbagai kerusakan-kerusakan yang terjadi pada motor anda, baik itu harus mengganti ban yang sudah aus, rantai yang sudah los, AKI motor yang lemah, bola lampu pecah, dan masih banyak yang lainnya.

Jika sudah begini, pada akhirnya motor akan dibawa ketukang bengkel terdekat atau ahli reparasi motor, untuk mengalami perbaikan dan perbaikan, memang kerusakan pada tiap – tiap komponen motor tidak dapat dihindari, namun pengurangan persentasi kerusakan tiap tahunnya dapat di kontrol dan dikurangi dengan perawatan yang rutin yang baik.

5 Tips sebelum reparasi motor (pembongkaran dan pemasangan komponen motor)
5 Tips sebelum reparasi motor (pembongkaran dan pemasangan komponen motor)

Perawatan rutin dapat dilakukan dengan membawa motor kesayangan anda ke dialer service motor, selain dari pada itu kamu juga bisa melakukan perawatan secara manual terhadap komponen – komponen motor menurut cara yang benar.

Perawatan secara mandiri dapat menghemat pengeluaran, hemat waktu dan tenaga, serta melatih kemampuan anda dalam menjaga dan merawat motor secara mandiri. Ada beberapa tips sederhana sebelum melakukan proses pembongkaran atau pemasangan setiap komponen – komponen yang ada di kendaraan motor.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai hal – hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengadakan pembongkaran terhadap komponen – komponen motor, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#5 Tips sebelum reparasi motor yang perlu kamu lakukan sebelum bongkar – bongkar motor

Kadang – kadang kita jarang sekali memperhatikan hal – hal kecil salah satunya dalam proses pembongkaran mesin – mesin pada motor, padahal dengan mengikuti prosudur raparasi kendaraan yang benar akan memberikan keamanan dan keunggulan service yang dilakukan.

5 tips berikut ini sering sekali diabaikan seseorang ketika melakukan reparasi sepeda motor, kana memang dianggap tidak terlalu penting, namun bagi anda yang melakukan pembongkaran motor secara mandiri, kamu perlu melakukannya karna ini demi motor kamu sendiri, berikut ini tips sederhana sebelum melakukan pembongkaran komponen – komponen pada sepeda motor, ulasannya sebagai berikut.

1. Sebelum melakukan proses pembongkaran, lakukan pembersihan terlebih dahulu pada semua bagian dari sepeda motor
Sebelum kamu ingin melukan bongkar – bongkar mesin ataupun perlatan yang ada disepeda motor, sebaiknya kamu bersihkan motor terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar bagian dalam mesin terhindar dari kotoran – kotoran yang ikut menempel nantinya.

2. Siapkan peralatan yang diperlukan dalam keadaan bersih
Selain sepeda motor yang dibersihakan, peralatan atau perkakas repair motorpun harus selalu keadaan bersih, hindari penggunaan perkakas yang berkarat karna dapat menyebabkan komponen – komponen sepeda kotor menjadi kotor dengan karat – karat alat perkakas yang kamu gunakan.

3. Setelah komponen – komponen sepeda motor dibuka, segera bersihkan dan simpan ditempat bersih
Jangan hanya memperbaiki atau mengganti suku cadang komponen mesin serta lainnya, tetapi lanjutkan juga dengan sekalian membersihkan komponen – komponen alat yang ada di sepeda motor, dengan menjaga kebersihan motor akan menghindari kerusakan ringan yang menjadi pemicu kerusakan berat pada motor, hal yang perlu kamu perhatikan kebersihannya terutama pada bagian mesin dan bagian dalam motor.

Setelah pembongkaran mesin dan telah dibersihkan, simpanlah dalam bejana (baskom) yang bersih, jangan meletakkan berbagai baur, serta komponen lain secara  sembarangan, letakkan sesuai wadah yang pas, agar pada saat proses perakitan ulang ataupun pemasangan mesin, kamu tidak kewalahan mencari komponen – komponen motor yang bertebaran dimana – mana.

4. Ketika ingin mengganti OLI, hidupkan terlebih dahulu mesin kendaraan bermotor dalam beberapa menit
Salah satu raparasi mandiri yang sangat simpel dan mudah kamu lakukan dirumah  yaitu mengganti cairan oli motor dengan oli yang baru. Tips sebelum mengganti oli, pastian kamu menyalakan terlebih dahulu mesin sepeda motor dalam beberap menit, baru kemudian membuang oli sepeda motor yang ada, proses ini dilakukan untuk mengeluarkan oli yang sudah aus dan kotor secara maksimal, setelah proses diatas dilakukan segera ganti cairan oli dengan yang baru.

Tips – pastikan kamu membeli oli yang bekualitas dan baik serta sesuai dengan jenis kendaraan anda, misal motor metik akan sesuai dengan jenis oli yang khusus untuk kendaraan motor metik.

5. Putar sakelar utama pada posisi OFF sebelum reparasi sepeda motor
Hal ini wajib kamu lakukan mengingat energy statis listrik yang masih menyala dapat membahayakan bagi anda sendiri, untuk itu sebelum melakan reparasi kendaraan bermotor, pastikan kamu telah mematikan sakelar utama pada posisi OFF.

Selain dari pada itu kamu juga perlu melepaskan kebel – kebel yang berhubungan dengan sumber listrik pada kendaraan bermotor sebelum melakukan reparasi pada bagian mesin.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Tips sederhana sebelum reparasi motor (pembongkaran dan pemasangan komponen motor). Intinya agar sepeda motor kesayangan anda dapat terhindari dari berbagai kerusakan, hendaklah dirawat dan dijaga dengan baik, bukan hanya tahu cara penggunaanya saja melainkan tahu pula cara reparsi secara mandiri, setidkanya anda tahu beberapa hal – hal dasar dalam service motor pribadi anda.

Semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan pengetahuan anda dalam dunai otomotif dalam bidan tehnik reparasi motor, sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "5 Tips sebelum reparasi motor (pembongkaran dan pemasangan komponen motor)"

Berlangganan via Email