Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat ekstrakurikuler sekolah sebagai pengembangan diri

7 Manfaat ekstrakurikuler sekolah sebagai pengembangan diri - Selain pendidikan didalam sekolah,pendidikan diluar sekolahpun harus wajib digalakkan siswa, agar mempunyai kemahiran dalam perkembangan bakat dan minat seorang anak.

Dalam dunia persekolahan, program ekstrakurikuler menjadi sangat penting untuk digalakan, mengingat perkembangan bakat dan minat seseorang anak akan terasah pada bagian ini.

Selain dari itu, ternyata kegiatan ekstrakurikuler sekolah juga berperan penting membangun krakter dan ciri khas sekolah tersebut agar menjadi populer dikalangan orang tua, agar supaya anak  mereka dapat bersekolah di sekolah tersebut.

7 Manfaat ekstrakurikuler sekolah sebagai pengembangan diri
7 Manfaat ekstrakurikuler sekolah sebagai pengembangan diri

Kenapa demikian kegiatan ekstrakurikuler sekolah bisa berpengaruh juga terhadap sekolah itu sendiri. Kita ambil contoh sekolah yang mengadakan kegiatan ekstrakurikuler bidang seni tari dan sudah sering mengikuti berbagai kejuaraan, anak – anak yang memiliki hoby menari akanmelirik sekolah tersebut, tentu saja sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang populer akan lebih cepat terkenal.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat dari mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah bagi pengembangan bakat siswa. Kenapa kegiatan ekstrakurikuler sekolah menjadi media pendidikan seseorang siswa di sekolah, dan apa saja nilai plus yang akan didapat oleh siswa. Agar dapat mengetahui ini, YUK kita simak ulasan berikut ini.

#7 Manfaat ekstrakurikuler sekolah sebagai pengembangan diri

Berkat kegiatan ekstrakurikuler, sekolah yang biasa – biasa saja menjadi terkenal, selain berferan untuk sekolah,kegiatan ekstrakurikuler sekolah juga sangat berperan mendidik dan mengasah kemampuan siswa dari hanya sekedar belajar di dala kelas.

artikel terkait lainnya : Pengertian ringkasan dan ikhtisar serta cara menulis rangkuman isi buku dengan benar dan tepat

Seperti teori pendidikan mengatakan bahwa, hasil belajar tatap muka seorang siswa di dalam ruang jelas hanya mencangkup dari 20% ilmu pengetahuan saja, akan tetapi 80%-nya harus dicari dan dikembangkan di luar ruang kelas, salah satunya kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

Jadi bagi kamu yang malas atau tidak pernah sama sekali mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah, harus tahu apa saja manfaat dan kelebihan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah, ulasannya sebagai berikut :

1. Memiliki daya tarik tersendiri
Kamu akan memiliki kharisma dan daya tarik tersendiri ketika terjun dalam ekstrakurikuler sekolah. Misal anak basket dan bola akan terkenal dikalangan para wanita, dan juga sebaliknya – anak sanggar seni akan terkenal dikalangan para wanita. Jadi jika kamu ingin populer dan terkenal disekolahmu, kamu bisa menempuh jalan ekstrakurikuler sekolah,cara ini lebih positif ketimbang hanya menjual sensasi belaka.

2. Mendapat nilai plus dari guru
Anak ekstrakurikuler sekolah itu pasti selalu pintar dimata guru, jenis katagori apapun tetap akan mendapatkan nilai plus dari guru mata pelajaran, sebab penilain disekolah tidak hanya sekedar pengetahuan akan tetapi sikap, krakter, keaktivan, dan sosialisa tinggi.

Para anak – anak ekstrakurikuler sekolah tentu akan mendapat nilai tambahan yang tidak akan didapat oleh murid yang lain, apalagi kegiatan ekstrakurikuler sekolah itu berkaitan dengan mata pelajaran, contoh ekstrakurikuler basket akan berkaitan dengan mata pelajaran olahraga.

Pernah dalam suatu kasus disokolah saya, ada seorang teman saya yang sudah diponis untuk tinggal kelas, namun karna ia beprestasi dalam ekstrakurikuler sekolah bidang olahraga futsal, menjadikan pertimbangan ked4a seorang guru untuk tetap mempertahankan siswa ini naik kejenjang selanjutnya, alhasil siswa ini berhasil naik kelas berkat kegiatan ekstrakurikuler sekolah yg di ikutinya. Jadi intinya para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan mendapat nilai plus dimata guru.

3. Akan terampil dalam masyarakat dan mampu mengembangkan bakat
Selain itu kegiatan ekstrakurikuler sekolah juga akan berpengaruh terhadap keterampilan siswa di tengah masyarakat baik untuk hari ini atau esok hari. Kita ambil contoh anak – anak yang mengikuti ekstrakurikuler sekolah bidang seni memabaca al-qur’an, kemungkinan ia akan aktiv juga di tengah masyarakat, bisa saja ia menjadi guru mengaji untuk anak – anak kecil dilingkungan sekitarnya.

Tentu saja dengan mengikui kegiatan ekstrakurikuler sekolah sesuai dengan passion atau hoby,otomatis akan mengasah kemampuan dan keahlian siswa dari sekedar ilmu pengetahuan.

4. Akan terampil dalam mengelola, menganalisis, mengorganisasi dan memecahkan masalah
Dalam perencanaan dan tata kegiatan setiap ekstrakurikuler sekolah tentu sangat padat sesuai dengan kesepakatan bersama dari anggota ekstrakurikuler dan guru pembimbing.

Program – program inilah yang akan  membentuk karakter dari siswa tersebut, dari segi tata bahasa, organisasi, perencanaan, dan analisis, dll. siswa akan terus terasah ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Jika tidak percaya bandingkan pola pikir siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah dengan yg tidak, ada beberapa aspek yang lebih menonjol dari siswa yang mengikuti ketimbang yang tidak terutama akan terampil dalam mengelola, menganalisis, mengorganisasi dan memecahkan masalah.

5. Menambah wawasan dan pengetahuan baru
Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan mendapatkan pengetahuan lebih dan baru ketimbang yang tidak mengikutinya, seperti yang telah di uraikan diatas bahwa 80% pengetahuan siswa haruslah ia dapatkan sendiri selain di dalam ruangan kelas, salah satu caranya yaitu melalui jalur kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

Pengetahuan itu bisa berupa keterapilan, pengetahuan umum, potensi dan bakat dan lain sebagainya. Kita ambil contoh kegiatan ekstrakurikuler drum band – pengetahuan yang didapat yaitu mengetahui cara menggunakan alat musik, mengajarkan kedisiplinan, rasa saling menghargai dan rasa kebersamaan, gotong royong, dan masih banyak yang lainnya.

6. Pandai bersosialisasi dan cakap berkomunikasi
Samakin banyak kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang kamu masuki, tentu kecakapanmun bersosialisasi akan semakin meningkat dengan demikian otomatis bahasa dan cara berbicaramu akan terlatih.

Anak pendiam sangat di anjurkan sekali mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah agar mampu menguasai dirinya dan mampu bersosialisasi dengan temanya. Intinya semakin banyak ekstrakurikuler sekolah yang kamu ikuti semakin tinggi kecapakapanmu dalam bersosialisasi antara sama teman.

7. Memiliki jaringan sosial yang luas untuk masa depan kelak
ekstrakurikuler sekolah tak ibahnya seperti dalam satu kelas dan satu keluarga besar, tentu antara satu sama lain dalam anggota akan menjadi satu kesatuan utuh. Jika anda sudah tamat nanti tetap akan menjadi sahabat tebaik anda seperti sahabat satu lokal. Dengan mengikuti ekstrakurikuler sekolah tentu jaringan persahabatan anda akan banyak hingga masa dimana akan memulai karir anda, dengan luasnya jaringan persahabatan bisa saling singkron untuk saling membantu di dunia kerja.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan manfaat dari mengikuti organisasi atau ekstrakurikuler sekolah. Memang kegiatan ekstrakurikuler sekolah cukup melelahkan bagi sebahagian siswa, untuk itu pilihlah ekstrakurikuler sekolah yang sesuai dengan bakat dan minatmu sendiri, tidak perlu banyak – banyak yang penting kamu happy dan juga mau belajar dan terus mengasah dengan sungguh – sungguh hingga membuahkan hasil.

Semoga artikel yang singkat ini dapt menambah pengetahuan dan wawasan baru bagi anda, semoga saja anda tidak malas lagi untuk tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah, karna sagat penting untuk menunjang bakat dan keterapilan anda sendiri, sampai jumpa lagi,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 Manfaat ekstrakurikuler sekolah sebagai pengembangan diri"

Berlangganan via Email