Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memasukan rumus MTK dan tabel dalam artikel blog dengan mudah dan lebih SEO

Cara memasukan rumus MTK dan tabel dalam artikel blog dengan mudah dan lebih SEOAktivitas ngeblog merupakan kegiatan yang cukup populer di era sekarang ini, bagaimana tidak semua media informasi sudah berbasis internet, selain itu bukan hanya pemberi informasi saja namun pencari informasipun terus meningkat mengingat semua orang sudah mengenal kemajuan teknologi yang semakin cepat.

Salah satu aktivitas atau kegiatan yang positif dalam berinternet adalah mencari informasi yang baik dan memberikan informasi yang baik, seperti ada timbal balik antara kedunya, yakni si pemberi dan sipenerima.

Salah satu dari si pemberi informasi adalah para user atau admin blog, atau disebut dengan blogger sedangkan aktivitas yang dalakukan dapat dikatan blogging.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai ilmu – ilmu tentang blogging untuk pemula, mungkin bagi yang baru tahap belajar seperi admin pribadi tidak henti – henti terus belajar dan mengesplorasi kemampuan dalam bidang menulis artikel dalam sebuah blog.

Cara memasukan rumus MTK dan tabel dalam artikel blog dengan mudah dan lebih SEO
Cara memasukan rumus MTK dan tabel dalam artikel blog dengan mudah dan lebih SEO

Salah satu ilmu yang baru admin dapatkan dari master blogging yaitu cara memasukkan rumus mate – mateka, fisika atau symbol-simbol lainnya kedalam artikel blog agar lebih SEO.

Mungkin selama ini kita jarang sekali menemukan atau memasukan fitur symbol atau rumus – rumus tertentu baik itu tentang rumus mete-mateka atau fisika,karna kemungkinan blog pembaca tidak ber-niche pendidikan.

tapi bagimana yang memiliki niche blog pendidikan yang pada dasarnya mengkaji ilmu pengetahuan, tiba-tiba anda dipertemukan dengan pelajaran mate-mateka atau fisika, tentu harus diuraikan secara singat dan jelas terutama dalam penerapan rumus yang disuguhkan.

Mungkin bagi pemula atau baru belajar ngeblog (termasuk admin pribadi yang terus belajar) pasti akan kebingungan sendiri mencari menu atau fitur yang disajikan oleh blogger dalam memasukkan berbagai rumus mate-mateka atau fisika atau symbol lainnya. Sampai agan muter-muter kesana kemari tidak akan pernah menemukan fitur bagian untuk memasukan rumus atau symbol MTK and fisika. Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan, apakah sobat harus ganti niceh atau topik artikel sobat karna tidak mampu memasukkan berbagai rumus yang ada.

Jangan khawatir sobat blogger semua, sebab ada beberapa trik dan tips yang dapat anda maksimalkan dari cara memasukkan rumus mate-mateka atau fisika pada artikel blog dengan memanfaatkan MS. Office dengan cabang Ms. Word.

Nah, dalam kesempatan kali ini admin akan menyuguhkan tutorial cara memsukan rumus mate-mateka dan fisika serta symbol lainnya pada artikel blog agar lebih SEO, bagaimana prosesnya, untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Cara memasukan rumus MTK, fisika dan tabel dalam artikel blog dengan mudah dan lebih SEO

Bagi yang baru belajar nge-blog pasti akan kebingungan ketika ingin memasukkan berbagai rumus formula pada bagan tempat nulis artikel, al hasil langah yang dilakukan hanya bisa menjelaskan secara sederhana saja tampa perlu menerangkan rumus atau formula yang padahal sangat penting untuk beberapa artikel yang berisi pendidikan.

Selain itu kadang – kadang karna tidak tahunya cara memasukkan berbagai rumus serta symbol pada artikel, langsung copy paste saja pada tempat menulis artikel, hal ini sah-sah saja, namun tidak semua perintah yang anda masukkan mulus begitu saja, ada beberapa symbol atau rumus formula yang mengalami permasalahan atau error dimana – dimana karan tulisan yang anda masukkan tidak mendukung untuk artikel blog.

Artikel terkait lainnya : Cara membuat gambar dengan paint untuk blog (simpel dan mudah)

Cara mengatasinya yaitu harus membuat tulisan rumus dan symbol mate-mateka dan fisika yang ada menjadi bentuk koding HTML yang mampu beradaptasi dengan tulisan artikel blog. Nah, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karna untuk memasukkan tabel, symbol ataupun beberapa krakter pada artikel blog cukuplah mudah, langkah – langkahnya sebagai berikut.

#Langkah membuat Tabel dan rumus pada artikel blog
Ketika kalian menerangkan beberapa artikel mengenai, produk atau ulasan harga atau yang berhubungan dengan angka,tentu terkadang di iringi dengan tabel petunjuk, fungsi dari tebel, selain menerangkan informasi lebih mudah, tabel pada artikel juga berfungsi untuk mempercantik tampilan artikel anda di mata pengunjung. Cara membuatya cukuplah simpel dan mudah, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1 – tulis tabel yang akan masukkan pada blog di ms.word terlebih dahulu (saya anggap agan sudah bisa membuat tebel pada ms.word)

Langkah 2 – selanjutnya save hasil kerja anda membuat tabel, dengan cara CTRL + S, maka akan tampil perintah penyimpanan, beri judul tabel dengan nama sesuai selera anda, selanjutnya pada bagian inilah yang menjadi point penting, ubah format data ms.word anda menjadi file HTML dengan cara pilih bagian “save as type” lalu pilih bagiann ‘’web page, filtered” dan save atay simpan.

Cara memasukan rumus MTK dan tabel dalam artikel blog dengan mudah dan lebih SEO
Cara memasukan rumus MTK dan tabel dalam artikel blog dengan mudah dan lebih SEO

Langkah 3 – buka file dokumen tebel yang kamu buat tadi, maka otomatis akan dilarikan atua tebuka melalui aplikasi browser yang kamu gunakan. Akan tampil tabel yang kamu buat versi bentuk HTML yang bisa kamu masukan di artikel blog.

Langkah 4 – langkah selanjutnya agar dapat dicopykan pada artikel blog tekan CTRL + U, maka akan tampil koding HTML yang bisa kamu masukan pada artikel blog. 

Selanjutnya copy koding HTML yang memuat data tabel atau simbol dimulai dari sesudah  <div class=WordSection1> hingga sebelum </div>

Langkah 5 – selanjutnya buka blog kamu, dan buat artikel seperti biasa, untuk dapat memasukkan tabel pada artikel blog, langkah selanjutnya kamu ubah dari compos menjadi koding HTML pada blog terletak pada pojok kanan atas, dan letakkan koding HTML tabel yang talah kamu buat pada area yang kamu inginkan, maka hasil akhirnya akan tampil seperti apa yang kamu buat pada ms,word. Berikut ini contoh tabel yang saya buat.
No
Nama Barang
Merek
Harga
1
Leptop
Azuz
Rp. 4.500.000,00
2
Leptop
Acer
Rp. 4.000.000,00
3
Leptop
Samsung
Rp. 4.800.000,00
4
Leptop
Toshiba
Rp. 5.000.000,00
5
Leptop
Hp
Rp. 3.999.999.00
6
Leptop
Apple
Rp. 9.000.000,00
7
Leptop
Lenovo
Rp. 3.000.000,00

Lantas bagaimana cara memasukkan rumus atau symbol pada artikel blog, ternyata caranyapun sama dengan tutorial di atas hanya saja yang membedakannya data yang telah kamu buat pada ms.word.

Jika kamu ingin memasukan tebel maka tulis tabel pada ms.word sedangkan jika kamu ingin memasukkan symbol atau rumus mate – mateka atau fisika maka tulis terlebih dahulu rumus tersebut di ms.word dan lakukan seperti tutur diatas. Berikut ini contoh rumus fisika yang saya buat dan saya masukkan pada artikel blog.
1.      Reaksi berlangsung 3 kali lebih cepat dari semula setiap kenaikan suhu 100C. Jika pada suhu 400C suatu reaksi berlangsung 3 menit, maka pada suhu 700C reaksi akan berlangsung selama..
a.       1/3
b.      1/6
c.       1/9
d.      2/2
e.       2/3
Pembahasan :
Rumus :
t2  =1/3 ΔT/T  t1
t2 = 1/3 (30/10) x 3 menit
t2     = 1/9 menit

Tips – jadi intinya semua bentuk model gambar, grafik, symbol, rumus, dan lain sebagainya dapat dimasukkan pada blog dengan bantuan ms.word dengan cara mengubah file ms.word menjadi bentuk HTML sehingga bisa di integrasikan dengan koding blog, prosesnya cukup mudah seperti yang telah di tuturialkan diatas.

Nah, sekarang kamu sudah mampu bukan membuat tabel ataupun memasukkan berbagai symbol atau rumus mate-mateka pada blog, sekarang bertambah lagi deh ilmu agan sekalin mengenai dunia blog, saya dulupun tidak tahu tapi karna mau belajar dan mempraktekkan-nya langsung pasti bisa dan mahir.

Intinya jika ingin belajar ngeblog haruslah banyak membaca dan belajar serta dipraktekkan sebagai bentuk aplikasi dari kita baca dan pahami, semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda dalam dunia blogging, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

1 komentar untuk "Cara memasukan rumus MTK dan tabel dalam artikel blog dengan mudah dan lebih SEO"

Berlangganan via Email