Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah

Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah Banyak sekali bentuk dan jenis asesoris hiasan yang sering terbajang di dinding-dinding , meja dan lemari hias pada rumah, fungsi dari aksesoris hiasan ini tidak lain hanya untuk memperindah penampilan rumah.

Bagi ibu-ibu rumah tangga penampilan rumah yang indah dan bagus serta bersih merupakan point yang mendasar, setiap hari selalu ada saja bentuk perabotan baik itu berbentuk hiasan maupun jenis perabotan dapur, sampai-sampai harus melakukan transaksi kredit untuk dapat membeli apayang di inginkan.

Di era sekarang kita dituntun untuk berpikir kreatif dan inovasi dalam setiap persoalan, termasuk dalam urusan hias-menghias, jika kita memiliki kreasi tersendiri kenapa harus membelinya, bisa saja dengan memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai, kita bisa membuat produk yang memiliki nilai seni tinggi. Nah, dalam kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial cara membuat bunga dari plastik warna dengan mudah dan gampang.

Bunga adalah salah satu bentuk aksesoris hiasan rumah yang paling lazim dan umum digunakan, hampir setiap ibu-ibu rumah tangga menyukai yang namanya bunga, selain memiliki warna dan bentuk yang indah, bunga juga memberikan aura keindahan bagi yang memandangnya.

Pada umumnya jenis bunga untuk aksesoris hiasan rumah dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu jenis bunga hidup yang di tanam di pot, dan bunga tiruan yang biasanya diletakkan dimeja-meja tamu.

Dari pada membeli bunga di pasar, kenapa anda tidak berkreasi sendiri membuat bunga dari plastik warna, proses pembuatannya cukup simpel namun tetap elegan, bagaimanakah proses pembuatannya, untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.


#Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah

Plastik adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan oleh manusia, hingga limbah ataupun sampah plastik merupakan sampah terbanyak nomor1 di dunia, padahal proses penguraian plastik bukanlah mudah, perlu hingga ratuasan tahun hingga plastik dapat terurai menjadi tanah.

Proses terbaik untuk memanfaatkan limbah plastik adalah melalui 3R salah satunya dengan cara mendaur ulang limbah plastik menjadi olahan kerajinan tangan yang memiliki nilai juah.

Dalam kesempatan kali ini kita akan memproses plastik warna menjadi kreasi bunga yang indah, sebelum keproses pembuatan sediakan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan, diantaranya sebagai berikut :

#Alat dan bahan
  1. Plastik warna
  2. Kawat
  3. Kertas koran
  4. Lilin 
  5. Korek api
  6. Gunting


#Proses pembuatan bunga dari plastik warna
Langkah pertama – siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan agar memudahkan proses pembuatan dan perangkaian nantinya.

Langkah kedua – ambil plastik warna ungu dan hijau (contoh punya admini) potong pelastik warna menjadi bentuk segiempat, ukuran disesuaikan dengan jenis bunga yang akan dibuat, selanjutnya lipat  menjadi dua bagian, selanjutnya lipat kembali kearah atas, dan lipat lagi menjadi bentuk segetiga, untuk memahami proses ini kamu bisa baca artikel terkait berikut ini.

Artikel terkait lainnya : Cara membuat pola bunga pada kertas pembungkus makanan untuk sebuah acara

Setelah itu gunting secara bergelombang mengikuti bentuk bunga pada umumnya.

Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah
Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah 

Langkah ketiga – agar dapat membentuk sebuah bunga, buat 3 kelopak bunga dan 1 kelopak bawah bunga dengan warna yang berbeda, untuk 3 kelopak atas harus memiliki ukuran yang berbeda, makin keatas harus makin kecil agar kelopak bunga bagina bawah terlihat, sedangkan untuk kelopak bunga bagian bawah yang memiliki warna berbeda, ukurannya sama dengan kelopak bunga yang paling atas. Agar hasil tiruan bunga dari plastik menyerupai berikan sobekan-sobekan kecil pada tiap-tiap helai kelopak bunga. Setelah itu beri lubang pada tengah bunga agar bisa dirangkai satu sama lain.

Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah
Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah 

Selain itu kamu harus juga melakukan lipatan – lipatan kecil yang dibakar secara perlahan menggunakan lilin, lakukan dengan sangat hati-hati agar plastik tidak terbakar dan gosong, tekan dan pijat secara perlahan setelah bagian helai kelopak dibakar secara menyeluruh, lakukan semua proses ini untuk semua bagian kelopak bunga, agar lebih jelas perhatikan gambar dengan seksama.

Langkah keempat – selanjutnya keproses pembatan putik bunga, kamu bisa menggunakan dua pilihan yaitu membeli putik bunga di pasar dengan berbagai bentuk atau membuatnya sendiri. Dalam tutorial kali ini admin membuatnya sendiri denga memanfaatkan kertas koran dan sisa plastik warna.

Proses pembuatan putik Diawali dengan membuat gulungan kecil dari sobekan kertas koran, letekkan di tengah pada plastik warna, selanjutnya gulung hingga menyerupai permen lollipop, agar mudah dirangkai dengan batang pohon tambahkan kawat-kawat halus pada putik bunga.

Rangkai setiap kelopak bunga yang telah kamu buat dengan Diawali memasukkan kelopak bunga yang paling kecil selanjutnya, kelopak bunga berikutnya hingga kelopak terakhir yang berwarna hijau. Perhatikan gambar berikut ini.

Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah
Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah 

Langkah kelima – Tarik seluruh bagian kelopak bunga hingga menghasilkan bunga yang indah, kawat yang terkait pada putik dapat digunakan untuk merangkai bunga pada tangkai bunga yang akan kamu buat. Proses selesai, untuk hasil akhir anda bisa lihat pada gambar berikut ini.

Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah
Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah 

Tips 1 – agar menghasilkan bentuk bunga yang bagus dan semetris usahakan potongan bunga yang kamu lakukan memiliki pola yang sama sehingga dapat membentuk bunga yang bagus, selain itu gunakan 2 warna saja dalam satu bunga, penggunaan warna yang berlebih akan membuat bunga terkesan tidak menyerupai bunga yang asli.

Tips 2 – agar menghasilkan bunga yang keras dan warnya lebih hidup, kamu bisa membuat dalam satu kelopak bunga dengan menyatukan dua lipatan plastik, maksudnya dalam satu kelopak bunga yang kamu buat lebih baik dan indah jika 2 lapis plastik warna ketimbang hanya satu plastik warna.

Tips 3 – jika anda ingin membuat bunga dalam skala besar, apabila ingin membuat tangkai bunga, kamu bisa memanfaatkan ranting pohon yang telah mati, cara pembuatannya mudah sekali dengan cara memabalut ranting pohon mati dengan plastik warna, dan berikan ornament daun dari plastik warna agar lebih hidup. Cara ini lebih ampuh dan bagus hasilnya untuk menghasilkan bunga terkesan lebih hidup.

Tips 4 – agar bunga yang telah kamu buat semakin indah dan tidak mudah berdebu, tambahkan plastik putih transparan sebagai finishing terakhir untuk bunga yang telah kamu buat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan bagaimana proses pembuatan bunga dari plastik warna, modal yang dibutuhkan untuk membuat bunga ini hanyalah plastik warna serta kawat dan lilin saja, tentu murah meriah sekali. Agar bisa bantu – bantu kelurga, kamu bisa tawarkan keibu-ibu tetangga, mana tahu ada yang pesan, lumayan untuk uang lebar.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahun dan wawasan kamu, sampai jumpa lagi pada artikel unik lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat bunga dari plastik warna untuk hiasan rumah"

Berlangganan via Email