Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat gambar dengan paint untuk blog (simpel dan mudah)

Cara membuat gambar dengan paint untuk blog (simpel dan mudah)Untuk manghasilkan gambar di era sekarang cukuplah mudah dan simpel, dengan menyediakan satu buah kamera pada ponsel atu poket kita sudah mampu membuat berbagai bentuk gambar sesuai tempat atau lokasi yang anda fhoto.

Selain itu agar gambar yang dihasilkan lebih menawan dengan efek – efeknya tentu diperlukan proses editing menggunakan berbagai aplikasi editing photo pada pc atau smarphone.

Selain dari proses pengambilan gambar secara langsung untuk menghasilkan suatu images, kita juga bisa membuat berbagai bentuk gambar dari hasil karna – karya sendiri dengan menggunakan berbagai aplikasi yang ada, misal corel draw, photoshop, dan lain sebagainya yang cukup beken untuk masa sekarang.

Dalam dunia blogging kebutuhan akan penggunaan gambar sebagai penegas dan penjelas artikel sangatlah dibutuhkan, selain untuk memperkaya SEO, gambar juga berperan sebagai bentuk keidahan dan bentuk perwakilan sederhana dari hasil karya tulis anda.

Tapi ada beberapa kaidah atau peraturan dalam dunia Blogging dalam urusan gambar karna kita tidak bisa asal sembarangan memasukan gambar turutama gambar yang memiliki hal cipta, misal gambar yang anda unduh di dunia internet yang anda upload lagi kedalam situs blog atua website anda.

Tidak masalah jika anda menyertakan sumber tempat anda mengambil gambar itu atau gambar yang anda ambil adalah gambar bebas dari hak cipta (Free untuk public) seperti pada situs pixabay yang cukup populer menyediakan gambar original dengan bebas hak cipta.

Tapi bagi yang ingin terjun dalam bisnis adsense tentu masalah ini cukup anda pertimbangkan, sebab walaupun itu termasuk gambar bebas hak cipta, tetap saja masih belum original sepenuhnya, dimana google sangat memperhatikan tingkat keoriginalan produk (artikel, gambar, video, teks) yang anda buat.

Untuk itu ada beberapa cara yang dapat kita terapkan untuk menghasilkan gambar – gambar yang fresh untuk kita upload di blog kesayangan anda. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

#3 Cara membuat gambar untuk blog agar lebih SEO dan original 

Inovasi dan kreativitas anda sangat ditunjang untuk menghasilkan gambar berkualitas untuk blog, tetapi jangan sampai maksa-maksain untuk mengunduh gambar milik orang lain sehingga terkesan tidak SEO dan original di mata mesin pencari. Ada beberapa tips cara membuat gambar untuk blog agar tetap fresh dan original, langkah – langkahnya sebagai berikut:

Cara pertama (1) - Dengan cara membuat secara langsung gambar dengan menjepret kemera anda, baik itu kamera ponsel atau poket. Contoh jika hari ini anda membahas mengenai resep pisang goreng, maka fhotolah hasil masakan pisang goreng anda.

Cara kedua (2) – Dengan membuat hasil skets dipadukan dengan  kreativitas anda menggunakan aplikasi editing fhoto, misal membuat gambar mem, gambar editor warna, gambar sketsa, gambar berbentuk teks, dan lain sebagainya. Contoh : jika hari ini anda membahas tentang SEO, buat saja gambar dengan bagrond warna + tulisan SEO se-kreatif anda sendiri.

Cara ketiga (3) – jika pada proses pertama dan kedua, kamu masih belum menemukan gambar yang pas, maka pilihan alternatif terakhir dengan mengunduh gambar dari situs gambar free (bebas hak cipta) selanjutnya agar gak mirip – mirip amat, perlu melakukan proses editing agar terkesan lebih original.

Itulah ketiga cara memperoleh gambar untuk blog agar tetap original dan fresh, mungkin sahabat blogger yang lain memiliki cara – cara unik yang lainnya.

Dalam kesempatan kali ini admin ingin berbagai tips sederhana yang sering sekali admin pakai untuk membuat gambar dari blog ini, yaitu menggunakan aplikasi paint.

Artikel terkait lainnya : 7 Tips merawat keyboard leptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak 

Kenapa saya memilih aplikasi paint? Soalnya lebih ringan dan simpel serta mudah digunakan, maklum bukan anak multimedia yang ahli menggunakan aplikasi editing keren seperti corel draw ataupun photoshop (tapi jika mau belajar pasti bisa, tapi bawaanya selalu malas, hhe)

Selain itu alasan tersendiri karna saya suka dengan hal yang simpel dan menyukai gradasi warna. Alasan lain juga karna leptop saya memiliki spesifikasi yang rendah sehingga gak bisa instal aplikasi terlalu banyak, takud berat dan lemot.

Intinya suka dengan kesederhanaan tapi gak malu-maluin untuk mendampingi artikel karya tulis yang telah dibuat. Tampa panjang lebar lagi berikut cara membuat gambar untuk blog dari paint, ulasannya sebagai berikut.

#Cara membuat gambar dengan paint untuk blog

Untuk membuat gambar pada paint cukuplah mudah karna pengoperasiannya yang begitu mudah tidak serumit aplikasi – aplikasi editing photo lainnya, walaupun demikian tidak paint tidak memiliki fitur – fitur editing yang lengkap.

Berikut ini beberapa hal dasar dalam pengoperasian paint dalam membuat images atau editing fhoto, diantaranya sebagai berikut :

1. Memasukkan gambar atau menempelkan gambar yang ada
Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memasukkan gambar pada paint, langkah sederhananya cukup mengcopy gambar lalu klik kanan dan klik paste (CTRL + C selanjutnya CTRL + V)
Untuk cara manual dengan memilih menu home selanjutnya pilih icon paste, maka akan tampil 2 pilihan menu, selanjutnya pilih paste from, maka kamu akan dialihkan ke tempat penyimpanan gambar, pilih gambar yang ada, lalu klik ok, maka gambar yang anda pilih akan tampil pada menu paint.

2. Cara cut/crop gambar – rotate gambar
Untuk memperbesar dan memperkecil ukuran menu utama kamu bisa Tarik ujung warna putih pada gambar. Hal ini juga sama proses ketika kamu ingin memotong gambar.

Agar gambar bisa dipotong dari atas kanan kiri dan bawaha kamu perlu melakukan proses rotate dengan memilih menu home + rotate + selanjutanya kamau pilih rotate kearah mana, mau Kenan atau kekiri.

Agar memudahkan kamu melakukan proses pemotongan kamu bisa menggunakan menu tambah lainny a seperti menu select + dan pilih sesuai keperluaan yang ada pada menu select tersebut,

3. Menggunakan menu tool, shapes dan colors
Ketiga menu ini  menjadi point penting dalam proses pembuatan gambar sederhana dalam paint. Menu tool berufungsi memberikan efek tulisan, menuangkan warna, serta menghapus bagian yang tidak perlu.

Pada menu shapes kamu bisa memberikan efek bangun datar dengan berbagai bentuk, seperti segitiga, persegi, persegi panjang, dan masih banyak yang lainnya, gunakan sesuai kebutuhan.

Agar tampilan lebih menarik kamu gunakan berbagai gradasi warna colors atau pada bagian edit colors, kamu pilih warna yang di inginkan.

Itulah petunjuka dasar yang paling inti dalam penggunaan aplikasi paint, memang untuk petunjuk tutorial lebih disarankan untuk melihat secara langsung, kamu bisa akses pada youtobe dengan kata kunci “cara menggunakan aplikasi paint”.

Dari hasil editan yang saya lakukan pada blog ini, hampir semuanya menggunakan paint, salah satunya contoh gambar dibawah ini.

Cara membuat gambar dengan paint untuk blog (simpel dan mudah)
Cara membuat gambar dengan paint untuk blog (simpel dan mudah)

Atau gambar lainnya seperti gambar dibawah ini :

Cara membuat gambar dengan paint untuk blog (simpel dan mudah)
Cara membuat gambar dengan paint untuk blog (simpel dan mudah)

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara membuat gambar dengan menggunakan aplikasi paint, memang untuk membuat berbagai bentuk dan efek tidak akan secanggih pada aplikasi editing fhoto lainnya, namun kesederhanaan dipadukan dengan gradasi warna, akan mengahilkan karya yang bagus juga.

Tips bermain warna – Agar hasil warna saling menyatu lebih baik menggunakan warna yang cerah dipadukan dengan warna yang cerah sedangkan untuk warna yang gelap dipadukan degan warna yang gelap pula agar hasil-nya lebih menyatu.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan  anda dalam bidang IT terutama yang baru belajar nge-blog  (sama seperti admin yang masih tahap belajar) dan dapat berguna untuk membuat gambar yang lebih original dan fresh, sampai jumpa lagi pada aritel teknologi lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat gambar dengan paint untuk blog (simpel dan mudah)"

Berlangganan via Email