Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memotong kaca dengan bentuk pola tertentu menggunakan cutter glass

Cara memotong kaca dengan bentuk pola tertentu menggunakan cutter glass Untuk dapat membelah kaca, tentu memerlukan alat khusus, sebab benda kaca bukan termasuk benda yang mudah dibelah begitu saja, karna sifat kaca yang licin serta mudah pecah jika terkena benturan, jadi untuk dapat membelah kaca diperlukan alat khusus yang bernama cutter glass.

Cutter glass adalah salah satu alat pembelah kaca yang paling simpel dan murah, selain itu cara pengunaanya cukup mudah untuk dipraktekkan, cara kerja cutter glass bertumpu pada goresan intan yang mengores pada permukaan kaca. Setiap fungsi dari alat cutter glass memiliki fungsinya masing, untuk dapat memahami hal tersebut, kamu bisa baca artikel berikut ini.

Artikel terkait lainnya : Cara membelah kaca dengan rapi dan mudah menggunakan cutter glass 

Pada artikel sebelumnya saya telah mengupas lebih dulu cara memebelah kaca dengan cutter glass, dalam artikel kali ini kita akan mengambil topik yang sama, namun lebih kepada variasi pemotongan serta tips-tipsnya.

Pada umumnya cara pembelahan kaca akan lebih mudah ketika dipotong dengan pola horizontal ataupun vertikan (tegak lurus), sebab kaca tidak mengalami pembelokan yang membuat daya Tarik antara potongan kaca. Kaca yang dipotong dengan lurus akan mudah dilakukan serta tidak mudah mengalami pecah ketika dilepaskan antara yang lainnya.

Tapi bagaimana dengan anda yang ingin membelah kaca dengan berbagai pola tertentu, seperti pola lingkaran, pola daun, pola setengah dan seperempat lingkaran, atau pola bulan hingga pola bunga, apakah proses pembelahan sama dengan proses pemotongan kaca lurus.

Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki cutter glass mini, selain kecil, lebih murah, serta praktis digunakan, ternyata cutter glass juga dapat memotong kaca dengan pola tertentu, akan tetapi kita perlu langkah dan proses pemotongan yang benar.

Nah, dalam kesempatan kali in admin akan mengulas mengenai cara memotong kaca dengan pola tertentu dengan cutter glass, apa saja yang harus dilakukan, untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Cara memotong kaca dengan bentuk pola tertentu menggunakan cutter glass

Apakah kalian mengenal dengan kaca patri? Kaca patri adalah termasuk kerajinan tangan yang terbuat dari kaca dengan memadukan berbagai bentuk kaca clasik, modern serga gradasi warna menjadi berbagai pola – pola yang indah, seni kaca patri sangat populer untuk negara barat, karna cahaya yang tembus pada kaca menghasilkan keindahan tersendiri.

Nah, dalam pembuatan kaca patri, tentu diawali dengan pemotongan keca dengan berbagai bentuk pola yang dibutuhkan, setelah itu baru disatukan dengan besi-besi yang menjadi pembatas antara kaca yang satu dengan yang lain. berikut ini tutorial cara memotong kaca dengan pola tertentu menggunakan cutter glass,sebelum itu sediakan alat dan bahan yang dibutuhkan, ulasannya sebagai berikut.

#Alat dan bahan
  1. Cutter glassh
  2. Kaca
  3. Pensil
  4. Kertas
  5. kayu atau triplek atau benda keras dengan pola tertentu
  6. tang
  7. gunting
  8. gergaji, atau alat pemotong triplek kecil (mata pisau kecil seperti lidi agar mudah mengikuti pola yang dibentuk)


#Proses pemelahan kaca dengan pola tertentu
Langkah pertama – siapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pemotongan kaca dengan pola tertentu agar mumudahkan pengerjaan anda

Langkah kedua – siapkan terlebih dahulu pola yang akan potong, ambil kertas gambar dan pencil, bentuk pola yang sederhana saja.

Tips 1 – tidak semua kaca dapat dibelah menyesuaikan bentuk atau pola yang anda gambar, semakin rumit bentuk gambar semakin sulit untuk dipotong dan kemungkinan kaca pecah lebih besar.

Dalam satu gambar yang anda buat harus satu pola, misal pola daun harus terpisah dengan bunganya, dan pola bunga harus terpisah setiap kelopaknya. Intinya ketika ingin membuat pola yang dipotong anda harus membuat pola yang sederhana mungkin, minal hampir menyerupai bentuk bangun datar pada umumnya, serta tidak banyak lekungan, apalagi lekungan halus dan kecil.

Langkah ketiga – setelah pola dibentuk di kertas, selanjut kamu bisa potong kertas tersebut menggunakan gunting sesuai dengan garis pola pada gambar, selanjutnya tempelkan pola gambar kertas pada kayu atau triplek, selanjutnya bentuk dengan pencil sesuai gambar dan potong dengan menggunakan alat pemotong kayu atau alat pemotong triplek dengan mata gergaji seperti lidi (ukuran kecil), sehingga menghasilkan bentuk pola kaca yang akan dipotong dalam media triplek atau kayu.

Tips 2 – selain menggunakan media kayu dan triplek anda juga dapat menggunakan media miniature daun dan pola-pola tertentu dari plastik sebagai media pola untuk membelah kaca

Cara memotong kaca dengan bentuk pola tertentu menggunakan cutter glass
Cara memotong kaca dengan bentuk pola tertentu menggunakan cutter glass 

Langkah keempat – tempelkan pola yang telah anda buat pada kaca yang ingin dibelah, selanjutnya  potong kaca dengan alat cutter glass, goreskan tinta pada ujung alat cutter glass hingga menghasilkan goresan yang akan membelah kaca tersebut. 

Tips 3 – agar mempermudah proses pelepasan atau pemisahan kaca yang telah dipotong sebaiknya memotong kaca dari pinggir kaca, hindari memotong kaca pada bagian tengah karna akan sulit melepasnya nanti dan kemungkinan pecah lebih tinggi.

Cara memotong kaca dengan bentuk pola tertentu menggunakan cutter glass
Cara memotong kaca dengan bentuk pola tertentu menggunakan cutter glass 

Langkah kelima – langkah selanjutnya, ambil tang dan jepitkan pada bagian kaca yang dibelah, lalu bengkokan secara perlahan – lahan sambil diketuk-ketuk dengan alat cutter glass, lakukan dengan sangat hati – hati hingga kaca terpisah dengan sendirinya.

Tips 4 – proses pemisahan kaca setelah digoreskan dengan cutter glass adalah proses yang paling rumit, untuk itu lakukan dengan sangat hati – hati dan perlahan – lahan karna sedik saja kesalahan kaca bisa pecah, fungsi dari tang untuk membantu proses pemisahan kaca menjadi lebih cepat serta menghindari kaca lebih cepat pecah.

Tips 5 – jika kaca terlanjur pecah kamu bisa merapikan sisi kaca yang tidak selesai dibelah dengan cutter glass hingga kaca terbentuk pola seutuhnya.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui bukan bagaimana sih cara membelah kaca dengan bentuk pola tertentu, initinya membalah kaca dengan bentuk yang melengkung akan lebih sulit dari pada bentuk yang lurus saja. Karna sifat kaca mudah pecah jadi harus hati – hati.

Semakin tebal kaca semakin besar kekuatan tekanan pada saat memotong kaca dengan cutter glass, namun untuk melepasnya cukuplah simpel sama dengan kaca tipis, jadi intinya kaca tipis harus perlu kahati-hatian ekstra agar tidak mudah pecah sedangkan kaca yang tebal hanya perlu daya tekanan saja pada saat proses pemotongan.

Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat buat agan yang sedang mencari cara membelah kaca dengan pola tertentu menggunakan cutter glass, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara memotong kaca dengan bentuk pola tertentu menggunakan cutter glass "

Berlangganan via Email