Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mencangkok pohon yang benar untuk menghasilkan bibit yang unggul

Cara mencangkok pohon yang benar untuk menghasilkan bibit yang unggul Mencangkok adalah salah satu proses pembibitan tanaman secara tidak langsung karna tidak memanfaatkan  biji pada tanaman namun dengan cara memotong kulit kayu dan diberikan serabut serta dibungkus agar timbul akar pada jaringan pohon dalam. Proses mencangkok merupakan bentuk inovasi dalam bidang teknologi pertanian.

Banyak sekali faktor penyebab seorang petani memilih proses pembibitan tanaman dengan cara mencangkok, salah satunya untuk menghasilkan buah yang cepat serta pertumbuha pohon yang cepat, selain itu pohon dengan bibit cangkok sangat mudah perawatannya serta dapat menghasilkan keuntungan yang cepat. Walaupun ada beberapa kelemahan dari bibit cangkok itu sendiri.

Artikel terkait lainnya : Kelebihan dan kekurangan bibit tanaman cangkok dan biji pada tumbuhan

Selain itu bibit cankokan pada tanaman juga dapat dijadikan ladang bisnis yang cukup menjanjikan, karna satu batang bibit cangkok bisa di jual seharga RP.25.000 – 100.000 rupiah tergantung jenis tumbuhan yang di cangkok.

Proses melakukan pencangkokan bukanlah hal yang asing lagi bagi kita, karna aktivitas pertaniaan ini sering sekali kita jumpa dalam pelajaran sains atau ipa waktu duduk dibangku sekolah dulu. Ilmu yang kita dapat hanyalah bersifat umum saja, akan tetapi sebenarnya ada beberapa tips mencangkok tanaman agar menghasilkan  bibit yang unggul serta berkualitas.

Nah, dalam kesempatan kali ini, admin akan mengulas tentang cara mencangkok tanaman yang baik dan benar agar menghasilkan bibit unggul, apa saja yang harus dilakukan? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Cara mencangkok pohon yang benar untuk menghasilkan bibit yang unggul

Agar menghasilkan tanaman yang berkualitas unggul tentu dimulai dari pembibitan tanaman, jika anda mengambil langkah mencangkok tentu diawali dengan proses mencangkok yang benar. Banyak sekali tutorial cara mencangkok yang dapat anda terapkan, semuanya benar, namun agar menghasilkan proses yang lebih baik kita perlu mengetahui apa saja faktor – faktor yang harus diperhatikan selama proses mencangkok mulai dari awal pemilihan batang hingga perawatannya sampai ke proses penanaman bibit cangkok. Tampa memperpanjang penjelasan lagi berikut ini kami sajikan tutorial cara mencangkok yang benar, kita mula’I dengan mempersiapkan bahan yang dibutuhkan.

#Alat dan bahan
  1. Pisau
  2. Plastik putih bekas
  3. Tali plastik
  4. Serabut kelapa


#Proses mencangkok pohon yang benar
Langkah pertama – siapkan alat dan bahan terlebih dahulu agar proses pencangkokan lebih mudah dilakukan.

Langkah kedua – siapkan pohon yang akan dicangkok, dalam tutorial kali ini admin menggunakan pohon jeruk, selanjutnya pilih bagian batang pohon yang akan dicangkok, cara memilih batang pohon yang bagus serta untuk kualitas unggul, pilihlan batang pohon yang menulang keatas, bukan kesamping apalagi kebawah.

Cara mencangkok pohon yang benar untuk menghasilkan bibit yang unggul
Cara mencangkok pohon yang benar untuk menghasilkan bibit yang unggul

Batang atau cabang pohon yang menjulang keatas akan menghasilkan bibit cangkokan yang berkualitas serta akan menjadi turunan pada pohon yang dicangkok.

Langkah ketiga – ambil pisau, kupas kulit batang pohon secara perlahan hingga nampak kulit jaringan dalam, panjang pengikisan bervarisi dari 4-6 cm

Tips 1 – sebaiknya proses pencangkokan dilakukan pada musim penghujan, karna suhu yang lembab dan berair akan menghasilkan akar pohon lebih cepat tumbuh pada jaringan pohon yang di cangkok, selain itu keadaan lembab pada bagian yang cangkok akan menghasilkan proses pencangkokan berhasil.

Langkah keempat – setelah proses pengikisan kulit jaringan dilakukan, langkah selanjutnya diamkan terlebih dahulu bagian yang telah dikikis selama 3 hari, hingga mongering.

Proses ini bertujuan untuk membuat jaringan kulit kayu yang telah dikikis mongering karna jaringan kayu yang baru saja dikikis masih mengeluarkan zat atau cairan batang yang tidak baik apabila masih menempel pada jaringan kulit yang dikupas, sebab kita akan mengubah jaringan kulit yang telah dibuka menjadi seperti akan pohoh bukan batang atau ranting pohon, untuk itulah tunggu hingga jaringan yang dikupas mengering seutuhnya.

Tips 2 – apalagi terjadi hujan ketika menunggu jaringan kulit yang di kupas mengering, hal ini tidak masalah asal menunggu hingga 3 hari, karna untuk memastikan cairan atua zat pada batang tesebut hilang.

Langkah kelima – setelah ditunggu selama 3 hari, barulah ranting yang telah di kupas kulitnya siap memasuki proses pembungkusan. Langkah – langkahnya, siapkan beberapa serabut kelapa yang sudah mulai membusuk, selanjutnya tempelkan pada bagian batang yang telah di kupas sebelumnya, pasang dengan baik dan pastikan menempel pada jaringan kulit dalam.

Tips 3 – kenapa kita memilih serabut kelapa yang telah mulai membusuk ketimbang tanah, sebab serabut kelapa akan menyerap air lebih besar ketimbang tanah, dengan keadaan lembab dan berair menyebabkan proses pencangkokan akan sempurna, selain itu penggunaan tanah akan membuat anda lebih estra dalam perawatan bibit cangkok serta dapat meyebabkan kegagalan peroses pencangkokan apabila tanah tidak dalam keadaan lembab atau basah sehingga menjadi kering.

Langkah selanjutnya, agar serabut kelapa busuk tidak jatuh, maka perlu dibungkus dengan plastik warna putih dan dibalutkan menyeluruh pada permukaan sabut.

Tips 4 – kenapa memilih plastik berwarna putih, fungsinya agar kita dapat melihat pertumbuhan akar cangkokan sehingga dapat memantau proses pertumbuhan bibit cangkok, selain dari pada itu plastik warna putih akan lebih memudahkan cahaya sinar matahari masuk kedalam jaringan akar, cahaya matahari juga akan  membantu proses pembentukan akan pohon pada batang cangkokan.

Langkah selanjutnya, agar plastik warna putih tidak mudah lepas pula, maka perlu di ikat dengan tali plastik, lakukan proses pengikatan dengan kecang agar serabut kelapa benar – benar menempel pada jaringan dalam pohon.

Tips 5 – fungsi pengikatan yang kuat agar serabut kelapa benar – benar menempel pada jaringan pohon sebab apabila tidak sampai menempel, nutrisi dan pertumbuhan akar tidak akan tejadi sebab tidak ada unsur hara yang terjadi untuk membuntuk akar pada bagian jaringan kulit dalam yang telah dikupas.

Cara mencangkok pohon yang benar untuk menghasilkan bibit yang unggul
Cara mencangkok pohon yang benar untuk menghasilkan bibit yang unggul

Langkah keenam – sampai disini proses selesai, hanya tinggal menunggu proses pembentukan akar pada cankokan saja, pada umumnya akan terbentuk akar – akar pada bagian yang cangkok serta siap untuk ditanam pada pot ketika sudah mencapai 1,5 – 2 bulan.

Agar proses pencakokan anda tidak gagal serta menghasilkan akar – akar yang gemuk maka perlu melakukan perawatan, proses perawatannya sebagai berikut.

#Cara merawat cangkokan pohon agar cepat tumbuh akar dan menghindari kematian cangkokan
Kita tidak dapat memastikan apakah proses pencangkokan berhasil, namun apabila mengikuti step demi step pencangkokan yang benar, insya’allah akan berhasil.

Selain proses yang benar ada beberapa faktor keberhasilan sederhana yang dapat membuat cangkokan pada pohon sukses serta menghasilkan akar-akar yang gemuk, berikuti tips perawatan yang dapat anda lakukan.

1. Pastikan keadaan cangkokan pohon dalam keadaan lembab dan berair
Salah satu faktor keberhasilan proses cangkok adalah keadaan lembab dan berair pada bagian batang jaringan yang dikupas, untuk itulah serabut kelapa yang busuk lebih dominan ketimbang menggunakan media tanah.

Selain itu apabila anda mencangkok pada musim kemarau sementara hujan tidak turun – turun anda perlu melakukan perwatan sederhana dengan menyiram bagian yang dicangkok dengan air agar memastikan bagian yang dicangkok dalam keadaan lembab dan berair.

2. Pastikan tidak ada hama atau parasite yang menempel pada cangkokan
Selain dari faktor lingkungan, keberhasilan pencangkokan juga ditentukan oleh bintang penganggu dan berbagai parasite, anda harus mengontrol dan cek bagian yang dicangkok jangan sampai ada bintang yang menganggu baik itu hama binatang maupun parasite perusak tanaman, bersihkan secara berkala jika hal ini terjadi, tapi perlu di ingat jangan sampai membuka atau menganggu bagian yang dicangkok karna ini tentu menghambat proses pertumbuhan akar.

3. Pastikan pohon yang dicangkok hidup dan diberi pupuk agar nutrisi pohon tetap tejaga
Pada intinya bagaimana mungkin akar dan proses pencangkokan berhasil sedangkan pohonnya atau media yang dicangkok mengalami kekurangan nutrisi baik itu air, unsur hara, humus, mineral dan lainnya.

Agar nutrisi pada induk pohon tejaga berilah pupuk alami atau pupuk kadang secara berkala, selain itu anda juga perlu menjaga kesehatan media pohoh jangan sampai layu, mati ataupun kekurangan berbagai zat  yang dibutuhkan pohon, kekurangan ini akan sangat berpengeruh kepada keberhasilan proses pencangkokan anda.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan bagamana Cara mencangkok pohon yang benar untuk menghasilkan bibit yang unggul. Pada dasarnya proses mencangkok pada tutur kali ini sama saja pada proses mencangkok pada umumnya, namun dalam artikel kali ini kam mensuguhkan beberapa tips lebih cara mencangkok yang benar pada setiap pohoh.

Proses mencangkok yang benar tentu akan menghasilkan bibit unggul nanti, tentu buah dan ketahanan pohon akan maksimal karna bibit cangkokan yang telah dibuat sudah bagus. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan kamu dalam bidang pertanian , sampai jumpa lagi,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara mencangkok pohon yang benar untuk menghasilkan bibit yang unggul"

Berlangganan via Email