Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menulis slogan dan poster yang benar beserta langkah – langkahnya

Cara menulis slogan dan poster yang benar beserta langkah – langkahnya Slogan dan poster adalah salah satu media edukasi dan infromasi berupa bentuk tulisan dan gambar yang sering sekali ditampilkan di tempat – tempat umum dengan tujuan agar masyarakat dapat membacanya serta menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari.

Kita tidak akan asing lagi melihat berbagai bentuk slogan atuapun poster ditempat – tempat umum seperti, pasar, jalan raya, bahkan di sekolahmu sendiri.

Jika anda amati, bentuk dan struktur yang disuguhkan poster ataupun slogan pasti menarik bukan? Penuh dengan imajinasi dan kreativitas, tidak membingungkan dan tidak mengandung unsur kata yang berbelit – belit, lugas, singkat dan jelas dan sangat mudah untuk diserap dengan hanya sekali baca saja.

Cara menulis slogan dan poster yang benar beserta langkah – langkahnya
Cara menulis slogan dan poster yang benar beserta langkah – langkahnya 

Sebenarnya apasih itu slogan ataupun poster itu? Adakah perbedaan antara slogan dan poster? Serta bagaimana cara membuat slogan dan poster secara kreativ dan menarik?

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai langkah – langkah menulis slogan dan poster dengan baik dan benar. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Pengertian dan cara penulisan slogan yang benar

Apa sih pengertian dari slogan? Slogan adalah merupakan perkataan atau kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu atau menjelaskan tujuan dan visi suatu organisasi, golongan, produk dan jasa.

Jadi slogan dapat di artikan pula berupa untain kata – kata yang membentuk suatu kalimat pendek yang sangat menari untuk dibaca serta mudah untuk di ingat oleh si pembaca dengan maksud menerangkan apa yang telah di tujukan dalam intisari slogan tersebut yang biasanya sesuai dengan tujuan organisasi dan golongan yang membut slogan tersebut.

Slogan tidan hanya menerangkan berbagai bentuk informasi umum saja, namun juga dalam bentuk jasa dan produk yang ditawarkan sehingga slogan juga sering kamu temukan dalam produk – produk di pasar, tujuan utamanya agar produk yang ditawarkan lebih cepat di ingat masyarakat serta memiliki trend tersendiri.

Agar slogan yang kamu buat menarik, kreatif, serta dapat menari konsumen/pembaca, maka setidaknya kamu melakukan langkah – langkah yang harus dilakukan untuk menulis slogan, yaitu sebagai berikut:

1. Tentukan terlebih dahulu objek yang akan menjadi Bahan dasar ketika ingin membuat slogan
Tentukan terlebih dahulu objek yang paling umum dalam pembuatan slogan-mu, jika kamu ingin membahas lingkungan maka cari yang lebih sfesifiknya misalkan membahas tentang lingkungan air, atau membahas tentan penambah hutan yang gundul atau lain sebagainya.

2. selanjutnya kamu cari dan analisis dengan baik keunikan dan ciri khas dari dari objek yang akan di buat slogan
Selanjutnya cari hal yang unik dari objek yang telah kamu tentukan sebelumnya, buatlah dalam beberapa point penting yang menjadi uraian singkat mengenai objek yang telah anda tentukan, misal membahas mengenai menjaga lingkungan hutan maka hal – hal yang menajadi ciri khas hutan seperti : penebangan pohon, hutan yang gundul, reboisasi, penanaman, penghijauan, go green, dan masih banyak yang lainnya.

3. Selanjuta pilihlah ciri khas / keunikan yang paling menonjol dari yan lain pada obejek yang akan dibuat slogan
Setelah mengumpulkan ciri khas/keunikan dari objek yang telah ditentukan, langkah selanjutnya menyeleksi dan memilah – milah mana yang terbaik dari yang terbaik, mana yang lebih menonjol ciri khasnya/keunikannya dari yang lain.

4. Selanjutnya carilah ungkapan – ungkapan yang paling kreatif, khusus,  yang mampu menarik pembaca pada slogan yang akan dibuat
Selanjutanya kamu dapat mencari ungkapan – ungkapan menarik dari berbagai bentuk ciri khas yang telah kamu tentukan, misal :
  • Gundul – “hutan yang gundul becana bagi kita”
  • Menanam – “menanam sejuta pohon di hutan gundul”
  • Reboisasi – “gerakan reboisasi menyelamatkan bumi kita”
  • Pohon – “satu pohon 1000 kehidupan”


5. Tulislah ungkapan – ungkapan itu dalam bentuk slogan kita yang singkat, padat dan jelas dengan pemilihan kata – kata yang bervariasi dan persuasif
Setelah kamu temukan berbagai ungkapan – ungkapan slogan selanjutanya kamu sortir kembali mana yang lebih cocok dan pas sebagai slogan mengenai lingkungan, proses ini perlu ketelitian dan menelaah setiap kata demi kata. Setelah menemukan kata yang cocok tulis slogan dengan baik dan rapi.

6. Agar lebih menarik desain tampilan slogan se-kreatif mungkin agar dapat menarik perhatikan si pembaca
Agar slogan menghasilkan suatu karya yang lebih kreatif baik bentuk teks anda dapat menggabungkan berbagai bentuk gambar yang ringan namun tidak berlebihan hingga menimbulkan kesan menutupi teks slogan yang menjadi point penting dari slogan itu sendiri.

Artikel terkait lainnya : Adap dan etika seorang anak kepada orang tuanya (Berbakti kepada ayah dan ibu)

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan langkah – langkah menulis slogan dengan baik dan benar, dengan mengikuti langkah dan penunjuk penulisan slogan yang benar, otomatis kamu akan menghsilkan slogan – slogan  yang kreatif dan indah. Berikut ini contoh – contoh teks slogan:
  • “Osis SMP Suka jaya – kreatif, maju dan cerdas”
  • “Menanam sejuta pohon dihutan gundul”
  • “Budayakan menabung sedini mungkin”
  • “Maju terus pantang mundur”
  • “Disiplin dijalan menjadi cermin pribadi”
  • “Budaya antri adalah cerminan diri”


#Pengertian dan cara penulisan poster yang benar

Apa sih pengertian poster? Adalah plakat yang dipasang di tempat umum, ditulis dengan huruf yang menarik dan mudah dibaca serta dilengkapi dengan gambar – gambar yang sesuai.

Poster pada umumnya disampaikan kepada hal layak dengan tujuan memberikan informasi mengenai suatu hal atau sebuah edukasi di lingkungan masyarakat. Tampilan poster sangatlah menarik dan kreatif dengan berbagai perpadukan gambar dan teks yang edukatif. Menurut jenisnya poster dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu : poster pengumuman dan poster iklan.

Poster pengumuman biasanya disajikan dalam bentuk gambar yang kreatif serta penjelasan mengenai suatu hal, contoh poster Bahasa AIDS, poster tentang rabies, poster tentang pentingnya imunisasi, poster tentang menjaga lingkungan dan sungai dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk jenis poster iklan lebih kepada penjelasan mengenai produk yang ditawarkan secara lebih ringkas dan singkat dengan memberitahukan kelebihan dan keungguhlan dari produk tersebut, jenis poster ini sering sekali kita jumpa di depan – depan tolo, atau grai toko yang tenama seperti poster mengenai smarphone, leptop, atau busana pria dan wanita dan masih banyak yang lainnya.

Agar dapat membuat poster dengan benar, kita harus mengetahui berbagai langkah – langkah pembuatan poster, yaitu sebagai berikut :

1. Menentukan kegiatan yang akan diumumikan atau jenis barang/produk/jasa yang akan dibuat poster
Tentukan terlebih dahulu tentang kegiatan, ataupun seuah tema pengumuman/informasi yang disajikan, jika dalam bentuk iklan tentukan secara lebih sfesifik mengenai produk yang ditawarkan misal, produk peralatan rumah tangga maka sfesifikan lagi dalam bentuk yang sederhana seperti alat pemasa nasi (rice cooker) atau komor gas, dll.

2. Selanjutanya temukan unsur – unsur yang akan diumumkan dalam slogan tersebut
Jika dalam bentuk penguman edukasi maka temukan berbagai pont penting yang harus di sampaikan, jangan sampai menguraikan segala point informasi yang disajikan, misal membahas tetang AIDS maka point pentingnya pada bagian cara penularannya serta pencegahannya.

Sedangkan untuk jenis poster iklan lebih kepada keunggulan dan kelebihan produk dalam bentuk yang sangat ringan, tidak panjang lebar namun dapat memikat hati para konsumen, contoh : bahan tahan lama, awet, tahan banting, tidak mudah rusak, dan lain sebagainya.

3. menuliskan unsur – unsur dengan memperhatikan tata letak, bentuk huruf, serta tipografi, bentuk gambar, animasi gambar dan lain-lainnya yang dapat menunjang semakin menariknya poster untuk dibaca
Salah satu point penting yang harus diperhatikan ketika ingin membuat poster adalah gaya tulisan dan bentuk gambar yang disuguhkan, seseorang akan tertarik menganalisis gambar ketimbang membaca perihal yang anda tujukan, agar poster dapat menarik mungkin tunjukkan kreativitas dan kebolehanmu dalam memainkan berbagai gradasi warna, pengaturan tata letak gambar dan teks namun ingat harus tetap singkat, padat dan jelas.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui bukan langkah – langkah dalam pembuatan poster yang menarik. Berikut ini beberapa contoh poster, diantaranya sebagai berikut :

Cara menulis slogan dan poster yang benar beserta langkah – langkahnya
Cara menulis slogan dan poster yang benar beserta langkah – langkahnya 

Sekarang kamu sudah memahami lebih mendalam langkah pemubatan slogan dan poster, pada dasarnya bentuk poster akan lebih menari dibandingkan slogan. Slogan hanya mengutamakan penekanan kata yang singkat dan akurat, sedangkan poster harus memperhatikan unsur tampilan dan kreativitas gambar agar dapat memancing seseorang untuk membanya.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda mengenai slogan dan poster, sampai jumpa lagi pada artikel edukasi lainnya, bye. 

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

2 komentar untuk "Cara menulis slogan dan poster yang benar beserta langkah – langkahnya"

  1. bagaiana dengan caramenulis iklan?

    BalasHapus
  2. Pengertian Iklan Baris

    Iklan baris adalah iklan yang hanya terdiri dari beberapa teks dengan informasi yang singkat, padat, dan jelas.

    Iklan baris termasuk iklan yang sangat ekonomis, karena harga iklan baris disesuaikan dengan jumlah kata atau space yang digunakan.

    Iklan baris biasanya ada di majalah ataupun koran terbitan harian.
    Struktur Iklan Baris

    Secara umum iklan baris terdiri dari
    Keterangan : Jual/Beli
    Nama Produk
    Kondisi Produk
    Keterangan


    Tambahan
    Nomor Telepon/Kontak/Alamat
    Syarat-syarat Iklan Baris adalah sebagai berikut:

    Dibuat dalam format kolom dan baris, yang fungsinya untuk menghemat biaya iklan.
    Menggunakan singkatan atau akronim.
    Ditulis dengan ukuran yang sama, jumlah baris masimal 6 baris dan minimal 3 baris.
    Bahasa singkat, padat, hemat, bahasa yang digunakan sesingkat mungkin.
    Disusun berdasarkan jenis yang sama.
    Istilah-istilah yang digunakan dalam iklan baris

    cpt = cepat
    djl = dijual
    hub = hubungi
    nego = negosiasi
    mls = mulus
    bgs = bagus
    Contoh Iklan Baris

    BalasHapus

Berlangganan via Email