Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 hal yang perlu dilakukan orang tua ketika anak sedang menuntut ilmu agar menjadi orang berhasil

7 hal yang perlu dilakukan orang tua ketika anak sedang menuntut ilmu agar menjadi orang berhasilSetiap orang yang menikah pasti mendambakan buah hati yaitu seorang anak. Memiliki seorang anak pasti memiliki kebahagian tersendiri bagi orang tua, karna dapat menjadi penyejuk diri ketika lelah bekerja, bisa memotivasi untuk giat mencari nafkah bagi pria, serta masih banyak lagi kebahagian ketika anda telah mendapatkan buah hati.

Anak merupakan titipan allah.swt kepada kita untuk dijaga di dibimbing kearah yang benar, sehingga ia mampu membedakan mana yang baik dan buruk, tentu semua itu dibekali dengan ilmu pengetahuan yang berguna untuk dirinya, keluarga, agama, bangsa dan negara.

Bagi orang tua memiliki seorang anak, tentu memiliki kewajiban pula terhadap mereka salah satunya menyekolahkan mereka atau membekali mereka ilmu agar mereka bisa tahu makna kehidupan didunia ini.

Jika seorang anak telah memiliki ilmu dan dengan ilmu itu ia mengamalkannya, insyaallah ia dapat menjalani hidup lebih baik dari pada orang yang tidak memiliki ilmu. Dengan ilmu pengetahuan tentu ia bisa menjadi orang yang berguna bagi orang lain dan sukses dalam karirnya.

7 hal yang perlu dilakukan orang tua ketika anak sedang menuntut ilmu agar menjadi orang berhasil
7 hal yang perlu dilakukan orang tua ketika anak sedang menuntut ilmu agar menjadi orang berhasil

Bagi orang tua tentu akan bahagia ketika anak mereka menjadi orang yang sukses dan membanggakan bagi keluarga, karna itulah orang tua selalu berupaya mendidik anak mereka kejalan yang benar jika mereka melangkah kearah yang salah.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan mengupas mengenai apa saja yang harus dilakukan orang tua ketika anak mereka sedang menuntut ilmu. Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#hal-hal yang perlu dilakukan orang tua ketika anak sedang menuntut ilmu agar menjadi orang berhasil

Siapa yang tidak kepengen buah hati menjadi orang yang berhasil dalam karirnya? Tentu saja ini menjadi kebanggan orang tua karna bisa mendidik anak mereka dengan benar, walaupun terkadang masih banyak kekurangan dari segi hal. Mendidik seorang anak memang susah – susah gampang, namun ini merupan kewajiban bagi setiap orang tua, contoh kecilnya saja, ketika seorang anak mendekati usia balighnya, anak – anak dituntut untuk mengajari mereka tentang tata cara sholat, nah ketika anak sudah memasuki usia baligh mereka sudah terbiasa dengan menjaga sholat lima waktunya.

Orang tua menjadi faktor penting dalam memberikan ilmu kepada anak, selain dari pada itu orang tua juga memiliki kewajiban lain ketika anak – anak sedang menuntut ilmu baik itu diasrama, pondok pesantren atau disekolah umum lainnya.
Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan orang agar anak – anak menjadi orang yang sukses di suatu hari nanti, ulasannya sebagai berikut.

1. Mendoakannya
Doa orang tua menjadi sebuah perkara yang mudah sekali dikabulkan allah.swt, sebab ridho allah terletak pada ridho kedua orang tua, dan murka allah.swt terletak pada murka kedua orang tua. Sebagai orang tua hendaklah mendoakan kebaikan – kebaikan bagi anak walaupun terkadang anak – anak sering melakukan kesalahan dan bandel. Ketika anak sedang menuntut ilmu teruslah medoakan kebaikan dan keberhasilan dalam belajar dan di mudahkan segala urusannya dalam belajar agar kelak ilmu yang ia perolah dapat bermanfaat bagi orang lain. Terkadang kita merasa jengkel dengan tingkah laku anak – anak yang nakal, tetapi sebagai orang tua teruslah medoakan sebagala kebaikan – kebaikan agar anak dapat berubah dan menjadi orang sukses di kemudian berkat doa yang anda munajatkan setiap harinya.

2. Membiayainya
anak – anak tidak dituntut secara umum membiayai proses pendidikan yang ia lakukan, biasanya hal ini diwajibkan kepada orang tua, selain itu pemerintah juga ikut berperan dalam membantu para orang tua yang kesulitan membiayai pendidikan anak di bangku sekolah.

Artikel terkait lainnya : 10 Tips agar hasil fhoto ijazah dam KTP  kamu bagus dan sempurna 

Bagi orang tua harus dapat mengupayakan supaya kebutuhan anak ketika belajar dapat terpenuhi, agar anak dapat belajar dengan giat dan baik, selain itu harus memastikan rezki yang di berikan hendaklah halal agar ilmu yang diserap anak menjadi berkah untuk hidupnya dan orang lain.

3. Mengawasinya
Walaupun anak mengaji di pondok pesantren atau asrama atau di sekolah umum lainnya, pengawasan orang tua terhadap pendidikan yang ia lakukan haruslah tetap ada, walaupun hal ini telah diserahkan oleh guru yang mengajar si anak, pengawasan biasanya berlaku untuk anak- anak yang menuntutu di sekolah umum  yang masih pulang kerumah dan malanjutkan aktivitas dilingkungan  masyarakat bukan diasarama atau pondok pesantren. Pengawasan berguna untuk mengontrol dan mengevaluasi apa yang dilakukan anak ketika berada diluar lingkunan sekolah.

4. Mengajarkan dan mendidiknya
Walaupun anak didik oleh seorang guru ketika berada di sekolah, namun tetap faktor orang tua juga menjadi guru bagi si-anak ketika berada dilingkungan keluarga, anak – anak sering menanyakan hasil belajarnya di sekolah, orang tua dapat membantu anak untuk mengajari pelajaran yang sulit di selesaikan oleh si anak. 

Faktor penting yang perlu di ajarkan orang tua kepada anak – anak ketika di rumah atau dilingkungan masyarakat adalah adap dan etika terhadap pergaulan, orang tua, masyarakat agar memiliki akhlatul karimah yang baik.

5. Menghindarkan berbagai masalah keluarga pada anak
Setiap keluarga yang di bangun pasti memiliki problem dan masalah, bagi orang tua hendaklah menyembunyuikan berbagai problem masalah pada anak sebab anak – anak mudah sekali patah dan rentan terhadap penderitan orang lain apalagi pada orang tuanya, jika sudah patah hatinya maka dapat menggangu proses belajarnya.
Contoh keluarga sedang mengalami masalah keuangan terhadap pendidikan anak, anak – anak mengetahaui hal ini karena di beberkan oleh orang tuanya, anak – anak merasa memberatkan orang tuanya sehingga ia menjadi putus sekolah dan menempuh bekerja saja dari pada menyusahkan orang tua. Mungkin maksud orang tua si anak memberi tahukan hal tersebut agar anak tahu mengenai keuangan orang tua dalam menyekolahakan, namun terkadang anak – anak salah memahami sehingga malah menjadi patah dan menyebabkan putus sekolah.

Sebaiknya bagi orang tua tidak membeberkan masalah – masalah keluarga kepada si anak, birkan anak pokus belajar dan menuntut ilmu, jangan bebani pikiran si anak dengan masalah – masalah keluarga yang dapat mengurangi fokus belajarnya sebab rasa ingin membantu ayah dan ibunya.

6. memberikan sangsi mendidik ketika salah
Pemberian hukuman yang mendidik dapat memberikan efek jera kepada sianak ketika melakukan kesalahan yang dilakukannya berulang – ulang, pemberian sangsi yang mendidik perlu dilakukan agar anak merasa takut mengulai kesalahan – kesalahan, biasanya pemberian sangsi dapat memberikan efek jera terhadap anak, sehingga anak menyadari dan berusaha memberbaiki kesalahan yang ia lakukan dan berjanji tidak mengulanginya.

Dalam kasus pemberian sangsi terkadang menjadi salah kaprah, orang tua terlalu keras dalam memberikan sangsi serta hukum yang diberikan tidak ada unsur mendidiknya, untuk itu perhatikan jenis hukuman yang diberikan agar anak tidak tertekan terlalu berat yang dapat menggangu proses belajarnya.

7. Mejaga diri pribadi dari dosa
Buah yang jatuh tidak akan jauh dari pohonnya, hal ini menunjukkan perilakuk dan sikap si anak tidak akan jauh dai perilaku kedua orang tuanya. Terkadang guru – guru di sekolah sering mengambarkan bahwa prilaku anak disekolah mencerminkan perilaku orang tuanya dirumah. Sebagai orang tua, hendaklah berprilaku lebih baik dari si anak dan menghindari perkara – parkara yang salah dan dosa, agar anak dapat mencontoh perkara – perkara yang baik dari anda.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai apa saja hal – hal yang harus dilakukan orang tua ketika anak mereka sedang menuntut ilmu agar berhasil dan sukses. 

Bagi seorang anak hendaklah mematuhi segala perintah orang tua selama itu baik, ketika anda di sekolahkan oleh orang tua, hendaklah belajar dengan giat dan sungguh – sungguh agar dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat lagi berkah dan dapat membanggakan kedua orang tua anda.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan ilmu kepada orang tua ketika anak meraka sedang menuntut ilmu di suatu tempat pendidikan, sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya. Bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 hal yang perlu dilakukan orang tua ketika anak sedang menuntut ilmu agar menjadi orang berhasil"

Berlangganan via Email