Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 ilmu yang perlu dikuasai oleh TU dan Operator sekolah

7 ilmu yang perlu dikuasai oleh TU dan Operator sekolahMenjadi tenaga kependidikan memang susah – susah gampang, sebab banyak sekali ilmu – ilmu dasar yang perlu dikuasai oleh seorang unit tata usaha sekolah dan operator.

Menjadi tenaga kependidikan memang penuh dengan pekerjaan yang menyibukan, mulai mengurusi siswa, sekolah dan segala bentuk lingkup pendidikan, para pekerja di balik layar ini sering sekali tidak terlalu kelihatan pekerjaannya namun manfaat dan fungsinya cukup diperhitungkan sebagai penyongsong kemajuan dunia pendidikan yang ada.

Tapi jika kita amati para pekerja tenaga kependidikan di sekolah memang masih dianggap sebagai penyonsong dari belakang saja, sehingga perhatian pemerintah masih kurang ketimbang tenaga pendidik (guru).

Itulah curhatan sedikit dari teman saya termasuk saya pribadi yang masih menggeluti dibidang ini, walaupun juga tetap didukung oleh menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini kita tidak akan mengupas mengenai hal itu, melainkan perkara ilmu – ilmu apa saja yang perlu dikuasi oleh tenaga kependidikan seperti TU dan operator agar hasil kinerjanya maksimal.

7 ilmu yang perlu dikuasai oleh TU dan Operator sekolah
7 ilmu yang perlu dikuasai oleh TU dan Operator sekolah

Jika anda baru bergabung di suatu sekolah dan di terima menjadi tenaga kependidikan seperti TU dan operator, pasti kamu bingung apa yang perlu di kerjakan ketika menjadi tenaga kependidikan di sekolah.

Secara umum unit  tata usaha adalah para pekerja yang mengurusi segala bentuk tata usaha sekolah mulai dari  administrasi siswa, guru dan sekolah. Semakin hari tingkat kemanjuan pendidikan di Indonesia semakin tinggi sehingga mengharuskan para unit tata usaha dan operator meningkatkan kemampuan diri dari segi keilmuannya.

Nah, apa saja ilmu – ilmu dasar yang perlu dipelajari ketika menjadi seorang unit tata usaha (TU) dan operator, secara sekilas dapat saya rangkum sebagai berikut :

#7 ilmu yang perlu dikuasai oleh TU dan Operator sekolah

Menjadi seorang TU dan operator memang butuh jiwa yang besar dan pengorbanan karna kerjanya yang banyak dan super banyak namun mendapatkan gajian yang tidak melebih target yang diinginkan,  untuk itulah kenapa menjadi TU dan operator butuh jiwa yang besar dan perlu cemungut. Hehe

Artikel terkait lainnya : 7 Tips menghapal kosa kata bahasa inggris cepat dan lengket

Selain itu menjadi TU dan operator perlu mengetahui berbagai ilmu – ilmu dasar terutama yang berhubungan dengan teknologi sekarang yaitu penggunaan computer atau leptop, secara sederhana seorang unit tata usaha dan operator setidak – tidaknya mampu mengoperasikan komputer dengan baik serta mampu menjalankannya beserta  aplikasi pendukungnya. Berikut ini ilmu dasar yang perlu di kuasai seorang unit tata usaha (TU) dan operator.

1. Administrasi
Tidak dipungkiri lagi bahwa seorang unit tata usaha (TU) dan operator harus mengetahui tentang ilmu administrasi. Secara sederhanya segala bentuk pengolahan sekolah harus berdasarkan adminisrasi yang baik. Contohnya saja ketika kita ada badan pengawas sekolah untuk meneliti sekolah baik untuk agreditasi atau lain – lain, tentu yang point yang penting sebagai pertimbangan di lihat dari segi administrasi sekolah.

Ini menjadi PR tersendiri bagi seorang TU dan operator untuk menguasai ilmu adminisrasi sekolah. Mulai dari surat menyurat, kearsipan, mengurus berbagai tata keadministrasian siswa maupun guru, dan lain sebagainya. Setidaknya cara kerja adminisrasi sekolah tidak jauh beda dengan adminisrasi perkantoran pada umumnya. 

2. Kemahiran bermain computer/leptop dan perlatan pendukung keadministrasian
Seperti yang telah di bahas pada point atas bahwa segala  bentu administrasi tidak lepas dari penggunakan computer dan leptop, mulai dari memubut surat, membuat segala keperluan guru dan siswa,membuat soal ujian, dan masih banyak yang lainnya. Selain mahir menggunakan leptop seorang TU juga harus mahir menggunakan segala bentuk aplikasi pendukung kerja, seperti MS. Office (word, excel, power pont, acces, dll) serta aplikasi lainnya, seperti apalikasi pendataan nilai, siswa, guru, dan sekolah. Semakin hari banyak sekali bentuk aplikasi yang berguna untuk memudahkan para TU dan operator sekolah dalam melaksanakan tugasnya.

Kemampuan penggunaan computer juga harus dibarengi dengan perangkat pendukugnya seperti mahir menggunakan mesin printer, mesin fhotocopy, stensil, , alat penghancur arsip (berkas), serta segala bentuk – bentuk alat pendukung keadministrasian sekolah lainnya.

3. Ahli Fhoto dan design
Kemampuan ini juga cukup diperhitungkan bagi seorang unit tata usaha karna kemampuan fhotografer dan design menjadi bahan kerja anda, seperti ketika pembuatan baleho sekolah, brosur, spanduk kegiatan, kemapuan dokumentasi sekolah (fhoto), semua ini juga tidak lepas kemahiran anda mengoperasikan photoshop, corel draw sebagai alat untuk membuat logo sekolah dan aminasi – aminasi lainnya. 

Memang kemampuan design dan fhotografer tidak kebanyak TU menguasainya, untuk itulah kenapa setiap TU sekolah memiliki unit kerjanya masing – masing dan bertugas sesui topologi jaringannya. Tapi bagi anda yang menjadi TU dan operator di sekolah hanya sendirian dan hanya anda sendiri yang mengurusi unit  tata usaha sekolah, hal ini menjadi PR bagi anda untuk menguasai ilmu fhotografer dan desing agar memudahkan pekerjaan anda.

4. Tahu pengorganisasian  sekolah
Selain mahir menggunakan alat – alat elektronik dan teknologi, kamu juga dituntut mahir dalam tata organisasi sekolah, maksudnya kamu tahu bagian – bagian jaringan kerja kamu. Misalkan kamu bertugas mengurusi bagian pelayanan siswa, atau bagian operator, atau bagian adminisrasi keuangan sekolah, intinya setiap unit tata usaha di sekolah memiliki fungsinya masing – masing, kamu harus tahu ini dan memahami sruktur organisasi sekolah kamu agar memudahkan kamu dalam bekerja.

Misalkan jika kamu berasa di sekolah MTS, dan Man maka kamu dibawah naungan kementrian agama atau kantor depertemen agama, jika kamu berada di SMP atau SMA maka kamu dibawah naungan dinas pendidikan. Kamu perlu mempelajari semua ini mulai dari dasar hingga ke atas, fungsinya tidak lain agar kamu tahu topologi jaringan kamu bekerja.

Selain tahu tentang organisasi sekolah, kamu juga harus pintar bergaul sesama guru, dan mudah beradaptasi dengan semua guru, terkadang ada sebagian guru yang menjengkelkan dan ada juga  yang baik hati, intinya kamu harus dapat membangun kerja sama antara kepala sekolah, guru, pengawasa dan tenaga administrasi lainnya.

5. Tahu penggunaan internet
Bagi seorang operator pasti tahu tentang cara penggunaan internet mulai dari yang dasar yang hingga seluk beluknya, mulai dari menyimpan alamat, mengakses suatu situs, penggunaan suatu situs, dan cara pengoperasiannya. Bagi seorang operator sekolah kemahiran berinternet sangatlah dituntut, sebab hampir 90% kerja seorang operator sekolah dilakukan melalui akses online seperti pendataan guru sertifikasi di padamu negeri (Dinas Pendidikan), di simpatika (KEMENAG).

Bagi seorang TU kemahiran berinternet juga sangat diperlukan, ketika ingin membuat surat namun tidak tahu format dan bentuk katanya, kamu dapat menggunakan fasilitas mbah google sebagai bahan mencari informasi yang kamu butuhkan.

6. Ahli koding / dan menjalankan website yang dikelola sekolah
Memang kebutuhan tentang ahli koding atau ahli design website tidak terlalu di tonjolkan bagi seorang TU atau operator tetapi bisa jadi ini menjadi pekerjaan anda ketika kepala sekolah menginginkan membuat website sekolah, setidaknya kamu tahu sedikit dasar – dasar perkodingan, salah satu bentuk yatu blog atau website.

Bagi sekolah maju, hampir setiap sekolah memiliki website sendiri sebagai bentuk akses dan informasi sekolah melalui jaringan internet, bahkan ada yang melakukan proses belajar mengajar melalui internet yaitu dengan proses ulangan online, atau vidio pendidikan yang dapat ditontot oleh siswa. Selain itu juga sekarang bahkan melakukan akses pendaftaran melalui jaringan online disetiap sekolah yang sudah populer.

Bagi seoarang TU hal ini menjadi tantangan sendiri untuk bisa menjalankan situs atau website sekolah, tentunya harus paham tentang dunia koding dan cara mengoperasikan sebuah website, mulai dari upload, domain, server dan hostingan.

7. Ahli service Peralatan kerja yang dasar
tidak dapat dipungkiri lagi, alat – alat pendukung kerja anda terkadang mengalami kerusakan ringan dan berat, jika kerusakannya hanya dalam bentuk ringan, setidaknya kamu harus mampu memperbaiki sendiri, teruma berbagai alat yang memang berhubungan dengan kerja kamu seperti leptop yang error karna kerusakan sistem kamu dapat melakukan instalasi sendiri tampa memerlukan jasa service, atau kerusakan pada mesin printer karna katridge rusak, kamu dapat menggantinya sendiri, atau ketia power suplay Cpu rusak kamu dapat menggantinya.

Kamu juga perlu mempelajari berbagai tanda – tanda kerusakan pada alat kerja kamu  serta tahu cara perawatannya, setidaknya kamu tahu dasar – dasar perbaikan alat elektronik serta tahu juga cara merawat dan menjaganya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan apa – apa saja ilmu yang perlu dikuasai oleh seorang TU atau operator, banyak sekali bukan? Memang cukup banyak karna kerjanyapun memang sangat banyak, semoga saja pemerintah memperhatikan para pekerja dibalik layar pendidikan (tenaga kependidikan) diseluruh indonesia.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu mengenai dunia pendidikan, sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya. Bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 ilmu yang perlu dikuasai oleh TU dan Operator sekolah"

Berlangganan via Email