Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara lomba balap karung untuk anak-anak dan remaja yang seru

Cara lomba balap karung untuk anak-anak dan remaja yang seruSemarak 17 agustus dan even – even lainnya sering sekali dijadikan ajang untuk menjalin kebersamaan dan kegembiraan di masing – masing daerah, tidak hanya mengadakan kegiatan dasarnya, namun di iringi juga dengan game-geme menarik lainnya, salah satunya balapan karung yang cukup populer  di setiap daerah indonesia.

Dari katanya saja kita sudah mengetahui bahwa balapan berarti lomba dengan adu kecepatan, sedangkan karung berarti media yang menjadi alat sebagai balapan, jadi balapan karung dapat diartikan sebagai lomba berbalap dengan menggunakan karung dimana peserta memakai karung dan melakukan berbagai cara, bisa berupa melompat, berguling-guling, hingga lari gaya bebek untuk bisa sampai ke garis finish, intinya apapun tehnik yang digunakan, peserta yang sampai ke garis finish terlebih dahululah yang menjadi pemenangnya.

Selama ini kita mengetahui bahwa lomba balap karung identik dengan variasi yang sama yaitu peserta memakai karung dan melompat – lompat menuju garis finish, ternyata setelah saya rangkum dari berbagai pelosok tanah air, saya menemukan 2 jenis balap karung dengan kategori yang berbeda yaitu khusus balap karung anak-anak dan khusus balap karung remaja.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas mengenai kedua jenis balap karung ini, untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Lomba balap karung untuk remaja

Tingkatan usia juga sangat mempengaruhi jenis permainan, makin tinggi usia makin sulit jenis permainan yang dilombakan ketika 17 agustus, salah satunya balap karung. Alat dan bahan yang diperlukan dalam permainan ini diantaranya:

Cara lomba balap karung untuk anak-anak dan remaja yang seru
Cara lomba balap karung untuk anak-anak dan remaja yang seru

#alat dan bahan
Karung goni
Tali rapia (sebagai patokan untuk star dan garis finish)

#Peraturan dan cara bermain balap karung (remaja)
1. Peserta harus terlebih dahulu mendaptarkan diri kepanitia, lalu menunggu nomor peserta dipanggil dan siap berlomba

2. peserta menggunakan atau mengenakan karung sesuai lokasi yang ditunjuk panitia

3. peserta bebas melakukan gerakan apa-apa, asal tetap mengenakan karung ketika menuju kegaris finish. Contoh : melompat, berlari, bergulir, dll.

4. Peserta dianggap sudah menang ketika sudah memasuki area finish dengan catatan tetap menggunakan karung.

Artikel terkait lainnya : Membagi waktu antara kerja sebagai penulis dan Tenaga Pendidik dan kependidikan dan kuliah

Tips agar bisa menag – dalam permainan balap karung, poin yang paling penting adalah stamina dan kekuatan kaki, siapa yang memiliki stamina kuat tentu lebih unggul dari peserta lainnya, tapi perlu di ingat juga ada beberap tips agar dapat melangkah dengan cepat yaitu dengan cara mengambil setiap lompatan secara maxsimal kearah depan bukan kerah atas.

#Lomba balap karung untuk anak – anak

Anak – anak identitik dengan keunyu-unyuannya, sampai lucu semakin meriah deh lomba balap karung, untuk lomba balap karung bagi anak – anak sedikit dimodifikasi dengan menggunakan karung beras. Bahan dan alat yang deperlukan.

Cara lomba balap karung untuk anak-anak dan remaja yang seru
Cara lomba balap karung untuk anak-anak dan remaja yang seru

#Alat dan bahan
Karung beras
Tali rapia (sebagai penanda garis star dan finish serta tali untuk mengikat karung beras)

#Cara dan peraturan bermain balap karung (anak – anak)
1. anak – anak mendaptarkan diri kepanitia, harus sehat dan kuat

2. peserta berbaris di karung masing – masing dengan mengenakannya.

3. disinilah perbedaan dari lomba balap karung untuk anak – anak yaitu, anak-anak memasuki karung beras dengan cara berjongkong, lalu karung beras akan di ikat dan hanya menyisakan bagian kepala si anak. Intinya anak – anak tidak bisa bergerak leluasa lagi, hoho, lucu banget.

4. peraturannya hampir sama dengan diatas yaitu anak – anak boleh melakukan berbagai gaya untuk menuju kegaris finish, boleh berguling – guling atau melompat – lompat kaya kodok

5. panitia harus berjaga di area lomba, karna terkadang ada beberapa anak yang terjatuh, kalau sudah jatuh, so pasti tidak bisa bangun lagi, jadi perlu di bangunkan untuk memulai lomba lagi, aduh kasian, hehe.

6. peserta yang dulu sampai kegaris finish dialah pemenangnya

Tips agar bisa menang – inti dari permainan ini yaitu tetap mengutamakan stamina dan kekuatan fisik, bahkan lebih melelahkan karna melompat dengan posisi jongkok, untuk itu area finishnya gak perlu jauh-jauh. Jika kamu sudah mendekati area finish namun terjauh, tidak masalah menggunakan cara berguling – guling kaya ban mobil, walaupun pening yang penting menang, hehe. Semangat 45.

Nah, itulah cara bermain balapakan karung ala 17-san yang ada diindonesia dengan dua variasi yaitu untuk anak – anak dan remaja (dewasa). Sebenarnya masih banyak lagi variasi – variasi balap karung seperti balap karung estaped, dll. Tentu semua ini disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Semoga informasi yang singkat ini dapat memberikan pengetahuan umum bagi anda yang ingin mengadakan lomba balap karung, sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara lomba balap karung untuk anak-anak dan remaja yang seru"

Berlangganan via Email