Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membagi waktu antara kerja sebagai penulis dan Tenaga Pendidik dan kependidikan dan kuliah

Membagi waktu antara kerja sebagai penulis dan Tenaga Pendidik dan kependidikan dan kuliahMenulis adalah salah satu hoby yang saat ini masih tetap aku geluti selain dapat menyalurkan insipirasi kepada hal layak menulis juga dapat menjadi tambahan keuangan bagi saya. Memang aktivitas menulis tidak dapat saya tekuni max, karna kesibukan di didunia nyata.

Dalam beberapa bulan terakhir saya tidak pernah menerbitkan artike lagi, sebab tidak ada waktu luang selain bekerja di dunia pendidikan, saya juga harus sibuk dengan kuli@h saya yang cukup lumayan padat.

Setelah beberapa bulan vakum dari rutinitas menullis, akhirnya saya berusaha lagi untuk bisa menulis kembali, walaupun hanya bisa menerbitkan 2 artikel saja perhari, itupun harus mengejar jam di tempat kerja, universitas, dan aktivitas harian lainnya. Walaupun demikian saya masih pengen manjadi penulis yang bisa memberikan informasi bermanfaat bagi orang lain. Karna yang namanya hoby, apapun halangan dan rintangannya pasti pengen aja dilakukan, hehe.

Inilah bentuk artikel pertama aku setelah beberapa lama tidak menulis lagi , aduh, rasa-rasanya sudah beku ni otak, karna jarang sekali berkreasi dengan tulisan – tulisan menarik. Ada rasa kaku dan telmi.

Membagi waktu antara kerja sebagai penulis dan Tenaga Pendidik dan kependidikan dan kuliah
Membagi waktu antara kerja sebagai penulis dan Tenaga Pendidik dan kependidikan dan kuliah

Hari ini saya ingin menulis kembali dengan tema “Membagi waktu antara kerja sebagai penulis dan Tenaga Pendidik dan kependidikan serta kuliah” menurut saya pas banget dengan diri saya pribadi karna memang benar bahwa jadwal dan pembagian waktu  perlu dilakukan untuk mengajarkan hidup disiplin dan tahu apa yang harus dilakukan dalam rutinitas lainnya, so pasti semua itu tetap ibadah nomor 1, karna kita sudah tahu bukan tujuan kita diciptakan untuk apa.

# Membagi waktu antara menulis dan bekerja dan aktivitas lainnya

Pada dasarnya sifat manusia itu suka bermalas-malasan, dan cendrung berubah-ubah, untuk perlunya jadwal sebagai bentuk peringan dini kepada kita agar melakukan aktivitas sesuai jadwal yang telah ditentukan, contoh ambil sederhananya seperti jadwal sholat lima waktu yang sudah ditetapkan sesuai jadwalnya masing – masing, seperti subuh, tengah hari, petang, magrib dan malam.

Jadi bagi teman – teman yang rutinitas nge-Blognya di barengi dengan kesibukan diluar, ada baiknya membuat jadwal harian agar bisa mengontrol kapan harus menulis dan shere, agar bisa tetap aktiv dan terus menguptude artikel menarik lainnya. Nah berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan ketika ingin mengatur waktu harianyamu, ulasannya sebagai berikut.

Perlatan apa yang perlu dipersiapkan ketika ingin mengatur waktu?

Kamu perlu menyiapkan buku dan pena, atau lebih simpelnya menggunakan aplikasi ms.word agar dapat menulis jadwal harian dan dicetak nantinya
Rutinitas apa yang perlu kamu cantumkan?

Ada baiknya mengutamakan aktivitas wajib terlebih dahulu sebelum aktivitas lainnya, seperti contohnya:
  • Sholat lima waktu
  • Membaca Al-Qur’an
  • Belajar
  • Olahraga
  • Makan
  • Mandi
  • Tidur


Setelah mencantumkan jadwal rutinitas wajib lalu kamu bisa menambahkan berbagai aktivitas lainnya seperti, salah satunya menulis dan shere artikel ke internet.

Kenapa perlu membuat jadwal rutinitas harian dan apa fungsinya?

Ketika kamu bingung ingin melakukan apa, jadwal rutinitas kamu akan menjadi patokan apa yang perlu kamu lakukan setelah selesai beraktivitas lainnya, sehingga setiap detik dan menit waktumu dapat digunakan secara efektif dan efesien.  Cara penggunaanya cukup kamu tulis di kertas lalu tempel deh dikamar kamu, cara ini dapat mengingatkan kamu apa yang perlu kamu lakukan setiap hari, tampa perlu berpikir lagi. Setidaknya cara ini cukup membantu kamu dalam menghargai waktu agar bisa hidup disiplin.

Apakah jadwal harian harus selalu dilakukan?

Tentu tidak, karna aktivitas setiap hari terkadang mengalami perubahan yang tidak terduga-duga, seperti kamu harus pulang jam satu siang, namun terkendala dengan hujan, sehingga kamu tidak dapat pulang tapat waktu.

Artikel terkait lainnya : 15 Masalah yang sering muncul di masyarakat yang perlu dibenahi oleh negri ini

Intinya jadwal harian berfungsi untuk mengatur pola hidup kamu namun sifatnya tidak mengikat tetapi menjadi pondasi dalam kegiatan harinmu jika tidak ada hambatan untuk melakukannya. Namum perlu di ingat ada beberapa aktivtias yang perlu kamu lakukan dan menjadi kebiasan yang wajib harus kamu lakukan dalam kondisi apapaun, seperti yang telah diuraikan diatas, mengenai apa yang perlu di dahulukan ketimbang aktivitas lainnya.

Adakah dampak dan perubahan  yang saya rasakan ketika membuat jadwal harian?

So, pasti ada sob, sekarang coba kamu bandingkan dirimuadalam satu pekan ini, apakah adalah perbedaan dari cara tidur kamu, mungkin selama ini kamu selalu tidur larut malam, sekarang karna kamu telah membuat jadwal yang mengharuskan kamu tidur jam 21.00, otomatis tampa kamu sadari kamu akan menciptakan peraturan untuk dirimu sendiri bahwa waktu tidur sudah ditentukan oleh kamu. 

Kebiasaan seperti akan menumbuhkan sikap disiplin, yang berdampak dari seluruh aktivitas kamu dimasa depan, mulai dalam mengejar karir, bekerja dengan penuh semangat, tidak terbiasa menunda- nunda ibadah, yang akhirnya juga tidak menunda-nunda kesuksesan-mu.

Bagaimana cara agar jadwal harian yang telah dibuat dapat dilakukan secara kontinue?

Apakah kamu sudah siap membuat jadwal harianmu, dan apakah kamu sudah siap melakukannya? Mungkin sebagian sudah siap dan berusaha mengubah pola hidup yang ada.

Namun yang menjadi hambatan disini adalah apakah kita mampu melaksanakannya secara kontinue dan berkelanjutan? Mungkin jawabannya tidak, karna sifat manusia relatif berubah-ubah dan tidak suka dengan aturan.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk itu kita perlu dongkrakan dan eveluasi setiap bulannya, misalnya dengan memberikan hadiah untuk dirimu sendiri ketika berhasil mencapai dan melaksanakn rutinitas dengan baik selama satu bulan, atau kamu melakukan eveluasi dalam aktivitasmu sebulan untuk di revisi dan diperbaiki lagi. 

Agar hasilnya lebih maksimal kamu perlu membuat skala  prioritas atau target dalam satu bulan kedepan agar memiliki tujuan utama selain memantapkan jadwal harianmu.

Nah, sekarang kamu tidak bingung lagi bukan dalam mengatur pola hidupmu, mungkin selama ini kita mengikuti arus saja tampa memikirkan apa yang perlu dilakukan kedepannya, dengan menciptakan jadwal tentu kita telah mendorong hati dan menanmkan niat apa yang akan kita lakukan, misal, nanti malam saya ingin sholat tahujud sesuai dengan rutinitas yang talah dibuat, so pasti walaupun anda tidak melakukan nya, setidaknya mendapatkan pahala dari apa yang telah anda niatkan dalam jadwal harian anda.

Sekarang cobalah rehat sejenak sambil menyusun agenda harian anda, dan rasakan perubahan yang akan anda alami dalam hidup anda, salam sukses. 

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Membagi waktu antara kerja sebagai penulis dan Tenaga Pendidik dan kependidikan dan kuliah"

Berlangganan via Email