Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menyambung kabel listrik agak tidak mudah konslet

Tips menyambung kabel listrik agak tidak mudah konsletKebutuhan akan teknisi listrik semakin hari semakin pesat, karna hampir setiap rumah, gedung, perkantoran menggunakan berbagai bentuk energi listrik yang tak lepas dari rangkain kabel – kebel yang ada.

Kabel termasuk alat pangatar listrik yang terbuat dari tembaga dan plastik, dimana tembaga sebagai pengantar listrik, sedangkan plastik pembungkusnya sebagai isolator atau penghambat listrik.

Jika kamu amati dirumahmu sendiri, pasti banyak sekali rangkain listrik dan bentuk kabel, mulai dari kabel kipas angin, kulkas, televisi, rangkaian kabel lampu, dan lain sebagainya.

Nah, mengenai tentang kabel, dalam kesempatan kali ini admin ingin berbagi tips sederhana bagaimana cara menyambung kabel yang benar agar tidak mudah konslet.

Sebelum itu apakah kalian mengetahui apa itu konslet. Secara sederhana konslet dapat diartikan tersatunya arus energi listrik postif dan negatif, apabila arus listrik positif menyatu dengan arus listrik negatif tampa ada elemen yaitu seperti kebel maka terjadilah arus konslet. 

Penyebab paling vital dari arus listrik yang konslet dapat menyebabkan percikan api dan memicu kebakaran apabila tegangan listrik kuat dan tidak turun.

Nah, untuk itulah kita perlu berhati-hati dalam pemasangan rangkaian listrik untuk menghindari konslet. Jika kita masih minim dalam ilmu rangkaian listrik maka tentu memerlukan tehnisi listrik untuk memperbaiki berbagai kerusakan alat – alat yang berhubungan dengan instalasi listrik.

Namun, bagaimana jika kerusakan arus listrik hanya berhubungan dengan kebel yang putus dan perlu disambung? Mungkin secara pribadi kamu pasti bisa untuk memperbaikinya.

Contoh seperti yang saya lakukan ketika kabel kipas angin saya putus dan perlu disambung, nah agar kebel tidap mudah konslet, ternyata ada tips sederhananya yang perlu kamu lakukan, berikut ini langkah – langkahnya.

#Cara menyambung kebel agar tidak mudah konslet

Selama ini kita mengetahui cara menyambung kabel itu dengan cara menyatukan tembaganya saja, padahal selain menyatukan tembaganya, ada beberapa tips sederhana namun bermanfaat besar, yaitu menghindari konslet, nah berikut ini caranya.

Langkah pertama – tentukan kabel yang akan disambung

Langkah kedua – siapkan korek api, dan panaskan plastik kebel yang akan disambung, lakukan pada kedua warna kabel (merah dan biru)

Disinilah yang menjadi point penting dalam menyambung antar kabel yaitu , usahakan antara kabel warna biru dan merah tidak sejajar, fungsinya untuk agar kebel tidak mudah menyatu dan mengalami konslet.

Tips menyambung kabel listrik agak tidak mudah konslet
Tips menyambung kabel listrik agak tidak mudah konslet

Langkah ketiga – setelah plastik kabel meleh sedikit, tarik plastik kebel hingga tersisa tembaganya saja, lakukan hal ini pada kebel yang satunya.

Langkah keempat – lakukan pada kabel penyambung yang satunya

Langkah kelima – ketentuannya jika kabel merah yang panjang maka untuk kebel merah yang satunya sebagai penyambung berukuran lebih pendek, sebaliknya jika yang biru pendek, maka kebel penyambung  yang biru yang satunya panjang. Ilustrasinya sebagai berikut.

Tips menyambung kabel listrik agak tidak mudah konslet
Tips menyambung kabel listrik agak tidak mudah konslet

Langkah keenam – tidak dirapikan dengan menggunakan  lem slasiban hitam atau lem kabel, dengan cara melilitkan secara melintir pada kebel yang terkelupas. Fugnsinya untuk menghindari anda tersengat listrik, karna sifat plastik dapat menghambat arus listrik (isolator). Selesai.

Bagi anda yang tidak memiliki lem selasiban hitam atau lem kebel, Kamu dapat menggunakan sangke kresek hitam (plastik sayur) dan korek api.

Artikel terkait lainnya : Cara melakban kabel terkelupas dari tas plastik bekas yang murah namun kuat 

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan cara menyambung kabel agar tidak mudah konslet, tips ini berlaku untuk semua bentuk penyambungan kabel, baik itu kabel pada alat elektronik dan kebel pada instalasi listrik, memang secara sederhana sering diabaikan, namun manfaat yang dirasakan jauh lebih besar karna dapat menghindari arus konslet pada kabel listrik.

Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat bagi anda, sampai jumpa lagi pada artikel teknologi lainnya, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Tips menyambung kabel listrik agak tidak mudah konslet"

Berlangganan via Email