Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngemil Sehat dan Asik Bersama Keluarga

Apa itu Ngemil?

NGEMIL (Snacking) adalah makan atau minum diantara makan reguler ditujukan pada makanan olahan, selain itu ngemil juga dapat diartikan sebagai kebiasaan mengkonsumsi makanan diantara jam makan berat. Pada umumnya konsumsi makanan berat di indonesia terjadi 3 kali dalam 1 hari, yakni pada pagi, siang dan malam hari.

Diantara jam makan reguler (berat) inilah biasanya kita sering sekali ngemil dengan alasan untuk mengganjal perut sebelum jam makan utama, terkadang juga karna lagi pengen  ngemil aja diwaktu santai untuk merubah mood ataupun sebagai makananan ringan ketika sedang menonton televisi bersama keluarga. Sebenarnya apakah ngemil itu baik untuk tubuh dan kesehatan?

Manfaat Dari Ngemil? Apa Ada?

Ternyata ngemil itu tidak harus dihindari, malah kamu harus ngemil loh? dengan catatan jenis makanan dan minuman dan porsi ngemil itu harus seimbang. Selama ini anggapan masyarakat tentang ngemil selalu berhubungan dengan kebiasaan buruk yang harus dihindari, soalnya ngemil dapat memicu penambahan berat badan (obesitas), gula darah, dan penumpukan lemak berlebih ditubuh.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan ngemil, asal kamu tahu apa jenis cemilannya serta pola dan porsi ngemilnya. Dari hasil penelitan oleh University of Missouri menyebutkan  ngemil (snacking) dapat menghindari kita dari rasa lapar berlebih  dan kenyang yang lebih lama. Rasa lapar yang berlebih dapat memicu meningkatkan jumlah porsi makanan ketika jam makan utama, akibatnya jumlah asupan kalori tubuh menjadi banyak dari seharunya.  Intinya dengan ngemil kamu membantu mengontrol nafsu makan kamu ketika jam makan berat (utama).

Selain manfaat untuk menghindari lapar berlebih, ngemil juga dapat memberikan nutrisi tambahan bagi tubuh  yang belum di peroleh ketika jam makan utama, tapi dengan catatan jenis cemilan harusalah seimbang dan bergizi serta tahu cara ngemil yang benar. 

Nah, jadi aktivitas ngemil bukan suatu yang mesti di hindari, akan tetapi dapat menjadi pola kebiasaan yang sehat, asal jenis cemilan dan pola nyemilnya benar. Apa saja jenis Cemilan sehat dan bagaimana Cara ngemil yang asik dan benar?

Jenis Cemilan Sehat Dan Enak Bantu Usir Bad Mood

Di Saat pandemi sekarang, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah ketimbang beraktivitas di luar, terkadang sering timbul Bad Mood, ujung-ujungnya menghabiskan waktu di depan televisi atau sekedar ngemil untuk mengusir bad mood-mu, sah-sah saja untuk ngemil, tapi ingat harus cemilan sehat ya, serta dengan jumlah porsi secukukpnya.

Apa itu Cemilan? Cemilan merupakan makanan dengan porsi kecil yang di konsumsi diantara dua waktu makan berat (Utama).  Masyarakat pada umumnya menganggap cemilan termasuk jenis makanan pemicu obesitas (kegemukan), penumpukan lemak dan gula darah, padahal cemilan berguna untuk menjaga metabolisme tubuh sebelum waktu makan utama. Tapi, perlu di ingat! Jenis cemilan haruslah benar dan sesuai porsi, yakni cemilan yang seimbang dan sehat. Apa itu cemilan Sehat? Cemilan sehat adalah makanan dengan porsi kecil yang tinggi nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh yang dikonsumsi sebelum waktu makan berat (utama).

Gorengan Termasuk Cemilan Yang Rendah Akan Gizi

Hayo, cemilan apa yang sering kamu makan? Masyarakat Indonesia identik sekali dengan cemilan gorengan, hampir setiap acara kumpul dengan teman, keluarga hingga pekerjaan sering sekali disuguhkan dengan cemilan gorengan, padahal pada gorengan lebih dominan mengandung lemak dan karbonhidrat tinggi namun rendah akan nilai gizi.  Bayak pilihan cemilah sehat yang bersumber dari buah, sayur serta  biji-bijian yang dapat konsumsi yang bagus kamu pilih untuk kumpul bersama keluarga.
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Ngemil Sehat dan Asik Bersama Keluarga"

Berlangganan via Email