Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#8 Tips merawat baterai leptop agar awet dan tahan lama

#8 Tips merawat baterai leptop agar awet dan tahan lama - Batrai adalah salah satu alat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan daya sementara. Batrai sering digunakan untuk peralatan-peralatan elektroni seperti leptop, ponsel, senter, radio dan lain-lain.

Di awal kemunculan batrai, batrai pada masa dulu memiliki bentuk yang besar serta hanya mampu menyimpan dalam beberapa menit saja dengan ketegangan yang rendah.

Pada masa sekarang batrai sudah dalam bentuk yang super mini, namun memiliki daya yang mampu menyimpan energi dalam waktu yang lama.

Salah satu pengembangan penggunaan batrai pada alat eketkronik adalah komputer ke madia leptop.

Jika kita lihat dari segi penggunaan dasar tentu komputer dan leptop memiliki kemiripan, namun jika kita lihat dari segi tempat dan lokasi penggunaan tentu jauh berbeda.

Komputer hanya dapat di gunakan untuk satu lokasi yang telah ditentukan karna bentuk komputer yang sangat besar dan alat-alat pendukung lainnya. 


#8 Tips merawat baterai leptop agar awet dan tahan lama
#8 Tips merawat baterai leptop agar awet dan tahan lama

Sedangkan leptop dapat digunakan dimana saja dan tampa harus terikat pada tempat dan lokasi, hal ini karna leptop memiliki bantuk yang lebih kecil dan ramping serta yang lebih penting adalah adanya batrai yang dapat menyimpan daya untuk leptop.

Nah, apa jadinya jika batrai leptop rusak atau tidak mampu menyimpan daya lagi, tentu fungsi dari leptop itu sama saja seperti sebuah komputer yang tidak dapat digunakan pada lokasi tertentu.Maka dari itu kita perlu merawat leptop dengan baik dan benar agar bisa tetap awet dan tahan lama.

Nah dalam artikel kali ini saya ingin memberikan #8 Tips merawat batrai leptop agar awet dan tahan lama, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

#8 Tips merawat baterai leptop agar awet dan tahan lama

Leptop adalah salah satu pengembangan dari model komputer yang disederhanakan menjadi lebih mini dan praktis agar mudah digunakan dan dibawa kemana-mana

Artikel terkait lainnya : 5 cara menghindari virus yang menyerang komputer (ANTIVIRUS) dan dampak yang ditimbulkan virus bagi kinerja komputer

Untuk menghidupkan sebuah alat elektronik tentu harus memiliki daya listrik untuk dapat menyalakannya, jika leptop yang praktis masih menggunakan daya listrik sebagai media daya, tentu fungsi dari leptop itu sendiri tidak berarti

Untuk menambah kepraktisan dari leptop tersebut yaitu dengan menggunakan daya listrik yang mudah dibawa dan dapat di kombinasikan untuk leptop salah satunya penggunaan batrai leptop

Penggunaan batrai yang berulang-ulang tentu akan mengakibatkan daya batrai itu sendiri mengalami kemorosotan sehingga pada akhirnya tidak akan mampu menyimpan daya lagi.

Hal ini tentu wajar saja, namun apabila leptop baru anda beli namun batrai leptop sudah tidak mampu menyimpan daya, tentu hal ini tidak wajar, penyebab utamanya bisa dari anda sendiri yang menggunakan leptop secara berlebihan bisa juga disebkan oleh faktor – faktor eksternal. Untuk itu kita perlunya perawatan dan pecegahan sedini mungkin agar batrai leptop tetap awet dan tahan kama, berikut tips-tipsnya:
 
#1. Menggunakan leptop seperlunya
Leptop bukanlah sama dengan komputer yang dapat dioperasikan setipa waktu sebab leptop memiliki daya listrik penyimpanan yaitu batrai

Penggunaan leptop secara berlebihan dapat membuat batrai leptop bekerja dengan keras sehingga dapat mengurangi kemampuan penyimpanan daya listrik

Penggunaan yang seperlunya ini dapat juga di artikan penggunaan leptop hanya pada saat ada membawanya keluar sedangkan apabila dirumah, anda lebih baik menggunakan komputer agar fungsi dari batrai tetap terjaga keawetannya.
 
#2. Jangan biarkan baterai kosong sema sekali – 0%
Kebiasaan buruk pengguna komputer yang sering dianggap sepele adalah menggunakan batrai dengan keras sehingga sering mengahasikan daya batrai leptop hingga mencapai 0%.

Batrai yang terbiasa dengan kebiasaan kosong melompong akan menyebakan batrai cepat haus sehingga kemampuan batrai untuk menyimpan daya berikutnya akan berkurang.
 
#3. Isi daya batrai leptop ketika baterai sudah mencapai 20%
Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa batrai leptop yang kosong melompong dapat mengurangi kinerja batrai leptop tersebut.

Untuk itu ketika batrai leptop anda sudah mencapai daya 20% ada baiknya anda sudah mencarger leptop agar daya tidak berkurang menjadi 0%.
 
#4. Jangan mengisi baterai leptop ketika daya leptop masih banyak 80 – 100%
Kebalikannya dari tips nomor-3 yaitu jangan keseringan anda melukan proses carger leptop karna tidak baik untuk batrai anda, ketika batrai leptop masih dalam keadaan penuh sebaiknya anda tidak perlu risau untuk mengcaregernya biarkan daya berkurang dengan aktivitas anda hingga mencapi 20%.
 
#5. Jangan biarkan proses carger leptop berlangsung lama, jika daya sudah mencapai 100%, Lepaskanlah dari sumber listrik
Kebiasaan dari masyarakat kita, sering meranggapan bahwa hal ini wajar saja karna leptop sudah memiliki partisi untuk mengendalikan daya leptop.

Artikel terkait lainnya :Cara membuat alaram anti maling dari handphone bekas

Tetapi pada kenyataannya hal ini tidak tebukti, melalui fakta dilapangan bahwa mencarger leptop yang penuh tampa dilepas dari arus litrik merusak batrai leptop
 
#6. Isi daya baterai leptop dengan arus listrik yang stabil
Arus listik yang tidak stabil dapat merusak perangkat leptop dari mother board hingga mencangkup ke batrai leptop

Hal ini disebakan arus listrik yang masuk tidak stabil, kadang-kadang tinggi, kadang-kadang rendah, untuk itu perlunya anda menggunakan Stabilezer

Ketika anda ingin mencarger leptop,pastikan listrik dalam keadaan stabil, ketika lampu mati dan anda menggunakan mesin deset sebaiknya kamu tidak perlu mencarger karna listrik yang masuk tidak stabil seperti di perusahan PLN.
 
#7. Lepaskan baterai ketika anda memainkan leptop di rumah
Cara altenantif untuk mempertahankan ke awetan leptop yaitu melepaskan batrai leptop ketika anda sedang memainkannya dirumah, apabila anda tidak mempunyai sebuah komputer.

Setiap hari kita tidak akan lepas dengan kegiatan di depan  leptop hingga berjam-jam lamanya, apabila anda menggunakan leptop secara berlebihan tentu saja kinerja penyimpanan batrai akan berkurang.

Tips  nomor-7 ini tidaklah harus dilakukan begitu saja, karna resikonya dapat merusak hardisk apabila tidak memenuhi syarat di bawah ini. Yaitu :
  • Arus lisatrik yang masuk haruslah stabil – arus listrik yang tidak stabil dapat merusak mother boar di tambah lagi ketika anda melepaskan batrai leptop, hal ini dikarenakan arus listrik akan masuk ke media leptop tampa proses penyaringan dari batrai
  • Tidak terjadi pemadaman yang mendadak – jika di daerah anda sering terjadi 
pemandamam yang mendadak dan tiba-tiba ada biaknya anda mengurungkan niat anda untuk melepaskan batrai leptop karna ketika arus listrik terputus maka akibatnya leptop akan mati mendadak. Jika hal ini sering terjadi maka dapat merusak hardisk leptop
  • Gunakan carger yang baik – persyaratan terakhir adalah kamu harus memiliki carger leptop dengan baik dan tidak terputus-putus.

#8. Gunakanlah carger leptop yang berkualitas
Langkah terakhir untuk merawat batrai leptop adalah menggunakan carger yang berkualitas setidakanya masih dapat digunakan secara maksimal.

Carger leptop yang baik adalah carger yang masih utuh tidak teputus-putus apalagi sampai disambung.

Koneksi arus listrik yang rusak dapat menyebabkan kerusakan pada batrai hal ini sam saja seperti arus listrik yang tidak stabil.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan #8 Tips merawat batrai leptop agar awet dan tahan lama.

Batrai adalah salah satu perangkat leptop yang sangat penting, untuk itu kamu perlu merawanya dengan baik dan benar.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu, sampai jumpa lagi. Bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "#8 Tips merawat baterai leptop agar awet dan tahan lama"

Berlangganan via Email