Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 tahapan yang harus dilewati dalam membangun sebuah blog/website : for Newbi

5 tahapan yang harus dilewati dalam membangun sebuah blog/website : for Newbi - Blog adalah salah satu wadah informasi dan hasil karya yang bermanfaat untuk orang lain. Blogger adalah palaku yang menjalankan blog dan yang menulis sebuah karya yang dimuat di  internet. Blogging adalah sebutan untuk akativitas nge-blog.

5 tahapan yang harus dilewati dalam membangun sebuah blog/website : for Newbi
5 tahapan yang harus dilewati dalam membangun sebuah blog/website : for Newbi

Bagi kamu yang baru mengenal blog, mungkin kamu akan sedikit canggung mendegar kata di diatas, hal itu wajar saja karan semua orang selalu melewati proses atau tahapan-tahapan terlebih dahulu

Apa itu tahapan? Tahapan ialah langkah-langakah yang harus dilewati untuk mencapai tujuan tertentu sesuai apa yang ia kerjakan.

Dalam membangun sebuah blog atau website pasti melewati beberapa tahapan-tahapan sebelum menjadi apa yang dinginkan.

Jika kita ibaratkan dengan sebuah pohon, tentu tidak mungkin pohon besar itu langsung tumbuh tinggi tampa proses terlebih dahulu, mulai dari biji, pucuk, anak pohon, pohon muda hingga pohon yang kokoh yang mampu menghasilkan buah yang lebat.

Namun apakah setiap pohon yang ditanam akan tumbuh dengan begitu mudah, tentu tidak, pasti akan melewati rintangan dan halangan yang sulit seperti cuaca yang tidak mendukung, badai, serangan hama, dan lain sebagainya. 

Jika si perawat pohon tidak sigap dan cermat maka pada akhirnya pohon itu akan mati.

Begitulah perumpamaan untuk dalam membangun sebuah blog/website semua itu perlu proses dan langkah yang benar agar suatu hari nanti kamu akan melihat pohon yang begitu kokoh yang akan menghasilkan suatu buah yang kamu inginkan.

Nah,  Dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang 5 tahapan yang harus dilewati dalam membangun sebuah blog/website, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

#5 tahapan yang harus dilewati dalam membangun sebuah blog/website

Problema yang sering keliru oleh orang yang ingin menjadi seorang blogger sejati merasa membangun sebuah blog itu hanya perlu beberapa bulan saja. namun pada kenyataannya para blogger master telah membangun blog lebih dari 1 -2 tahun baru dapat menghasilkan buah dari apa yang ia usahakan.

Untuk itu bagi kamu yang memang ingin bergabung menjadi blogger sejati minimal kamu harus tahu dahulu dasar atau pondasi agar apabila saatu hari kamu mengalami suatu badai maka kamu tidak akan tertiup angin karna kamu sudah memiliki pondasi – pondasi yang kuat.

Nah, yang dimaksudkan dengan pondasi yang kuat kamu harus tahu bahwa untuk membangun sebauh blog-websiter perlunya tahapan-tahapan.

Tahapan-tahapan dalam membangun blog-website saya kelompokkan menjadi 5 bagian, diantaranya sebagai berikut
  • Tahap pondasi atau dasar
  • Tahap membangun
  • Tahap patang menyerah-fokos-konsisten
  • Tatah menghasilkan
  • Tahap menjaga
Dari kelima tahapan di pasti kamu pasti akan menemuinya ketika kamu ingin membangun sebuah blog-wesite. Untuk penjelasan dari masing-masing tahapan di atas sebagai berikut
 
#1. Tahap pondasi atau dasar
Pondasi sama dengan dasar berarti pegangan yang dijadikan patokan untuk memulai sesuatu (LANDASAN)

Dalam dunia blog dasar atau pondasi awal haruslah kokoh dan kuat agar kedepannya akan menjadi blog yang mandiri dan tampa terikat.

Pada tahap awal kamu tentu akan memilih jenis plofom apa yang ingin kamu gunakan apakah blogspot atau wordprees, kamu harus memilih tamplate yang cocok untuk blog, memilih niche blog dan kamu juga harus banyak belajar dari bebera refernsi tentang dunia per-blogging seperti seo, adsense dan cara membuat artikel yang baik dan benar.
 
#2. Tahap membangun
Ketika kamu sudah mulai mengetahui dasar-dasar blog. Maka tahapan selanjutnya yaitu kamu siap untuk membangun blog anda menjadi lebih  mantap.

Artikel terkait lainnya : 6 Tips agar sikap disiplin nge-BLOG tetap terjaga walaupun aktivitas harian super sibuk

Tahapan ini di tandai dengan kamu sudah siap membuat  sebuah artikel dalam blog anda. Memang awal mula membuat akan terlihat sulit namun jika sudah terbiasa akan mudah dan tidak sulit seperti apa yang dibayangkan.

Artikel itu ibarat batu-bata semakin banyak batu bata yang kamu pasang untuk membangun dinding –dinding pondasi awal maka semakin cepat rumah itu terabangun begitulah initinya dengan blog, semakin banyak artikel yang berkualitas yang kamu tulis semakin cepat blog anda berkembang.

jangan terlalu di abaikan tentang cara ini dan cara itu, kunci sukses blog itu adalah artikel yang berkualitas  dengan tindakan nyata (AKSI)
 
#3. Tahap pantang menyerah – fokos – dan konsisten
Ketika anda sudah mampu menulis dengan baik, tahap  selanjutnya kamu harus sudah membentengi diri dengan sikap pantang menyerah – fokos – dan konsisten.

Banyak blog pemula yang gagal ketika masuk ketahap ini, karna di tahap inilah cobaan blog mulai terasa. 

Saya ambil contoh ketika anda sudah mampu membangun sebuah blog tentu dipikiran anda kamu sudah siap untuk mendaftarkan blog anda ke jasa Ads untuk bisa menghasilkan.

Tapi pada kenyataanya anda tidak diterima ke jasa ads, dan akhirnya anda down dan merasa gagal, jika anda tidak membentengi diri dengan sikap pantang menyerah maka pada akhir cerita kamu akan berkata capek saya nge-blog tetapi tidak menghasilkan apa-apa , dan akhir kisah berakhir dengan blog yang terbuang sia-sia.

Jika kamu sudah mampu menerapkan sikap patang menyerah maka semua halangan dan rintangan dapat kamu hadapi tampa ada rasa bekeluh kesah.

Ketika kamu mampu menguasai jiwa dan rasa semangat di dalam hati maka akan lahirlah sikap fokos dan konsisten dalam satu tujuan.
 
#4. Tahap menghasilkan
Ketika kamu sudah mempu konsisten dan fokos pada satu tujuan maka kamu  akan menjumpai ke tahap menghasilkan.

Banyak bloger pemula yang beranggapan  dan bepikir bahwa blognya sudah siap untuk menghasilkan padahal blog yang ia miliki hanya berumur jagung dan isinya masih mentah.

Tidak perlu terburu-buru untuk menghasilkan sesuatu semua itu harus memiliki sebuah proses dan tahapan sebelum menghasilkan apa yang kita inginkan.

Bukankah kunci untuk menghasilkan uang dari blog adalah sebuah visior atau pengunjung yang datang. Untuk menarik pengujung tentu harus memiliki artikel yang berkualitas, tentu itu harus dibangun sejak awal, jika kamu terburu-buru dan mengikuti nafsu anda, maka kamu hanya akan memikirkan dolar dan dolar dibenak kamu sehingga kamu tidak akan bisa menulis dengan ikhlas.

#5. Tahap menjaga
Pada akhir drama ini adalah sebuah happy ending yang bahagia, ketika kerja keras anda sudah terbayarkan dengan tujuan yang sudah tercapai, maka disitulah kamu akan mengerti arti sebuh perjuangan.

Ketika blog anda sudah mampu melewati tahap-tahapan diatas maka blog kamu sudah menjadi blog  yang mampu menghasilkan apa yan g kamu impikan.

Tahapan terakhir adalah kamu hanya perlu menjaganya dan merawanya tampa perlu banyak berkorban seperti tahap-tahapan sebelumnya.

Nah sekarang kamu sudah tahu bukan  5 tahapan yang harus dilewati dalam membangun sebuah blog/website.

Semua kehidupan di dunia ini selalu ada proses yang berjalan, bukankah para blogger master juga memulai dari satu langkah sebelum menempuh jalan beribu mil jauhnya.

Ketika anda mengambil jalan pintas, kamu tidak akan pernah menemukan sebuah arti perjuangan dan pada akhirnya kamu akan cepat menyerah dan gagal di tengah jalan ketika badai menghapirimu.

Semoga artikel yang singkat ini dapat membangunkan kita dari tidur yang panjang, dari kesalahan yang terus membayang sehingga bisa lepas dari badan dan bangkit kearah jalan yang benar untuk mencapai akhir yang bahagia. Sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "5 tahapan yang harus dilewati dalam membangun sebuah blog/website : for Newbi"

Berlangganan via Email