Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

42 Tips mempermudah pekerjaan rumah tangga yang jarang diketahui

42 Tips mempermudah pekerjaan rumah tangga yang jarang diketahui - Bagi kaum ibu – ibu rumah tangga, keperluaan akan berbagai pekerjaan rumah sangat-lah  banyak, dari yang mudah dikerjaan hingga yang membutuhkan ketelitian. Tak heran memang pekerjaan atau jasa pembantu rumah tangga cukup diperlukan bagi kaum wanita yang memiliki rutinitas pekerjaan yang cukup sibuk.

Bagi ibu – ibu rumah tangga haruslah tahu menguasai berbagai urusan rumah minimal menguasai 5 hal pokok ini, yaitu pintar di dapur, pintar berhias di depan suami, pintar mejaga keuangan keluarga, pintar untuk mendidik anak, serta pintar di tempat tidur (hehe).

42 Tips mempermudah pekerjaan rumah tangga yang jarang diketahui
42 Tips mempermudah pekerjaan rumah tangga yang jarang diketahui

Banyak sekali pengetahuan dan ilmu – ilmu dasar yang harus diketahui bagi seorang wanita, seperti tips – tips memasak, cara menjaga keuangan, mengetahui passion masa sekarang, tahu cara mendidik anak , dan lain sebagainya, kebutuhan – kebutuhan dan pengetahuan seperti ini sudah sangat lemah di era sekarang.

Di era modern sekarang, semua pekerjaan serba canggih dan modern sehingga gaya – gaya kunu dan tradisional mulai dihilangkan, termasuk dalam urusan pekejaan rumah bagi kaum wanita.

Ya, memang benar, di era sekarang untuk mencari wanita yang pintar memasak, pintar mendidik anak, pintar menajaga keuangan, dan lain sebagainya cukuplah sulit, untuk mencari wanita yang ideal untuk dijadikan pendaping hidup-pun cukup selektif, padahal pertumbuhan antara kelahiran anak wanita dan laki – laki jauh berbeda 5 berbanding 1. Tapi kenapa ya tetap sulit??

Untuk itu bagi kaum wanita setidaknya harus mengetahui berbagai hal – hal dasar dalam pekerjaan rumah tangga walaupun anda termasuk wanita karir,
Nah, dalam artikel kali ini , kita akan membahas mengenai tips pekerjaan – pekerjaan rumah tangga secara tradisional yang sudah dilupakan  yang dapat membantu dan mempermudah pekerjaan rumah bagi kaum wanita, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.
 

#42 Tips mempermudah pekerjaan rumah tangga secara tradisional

Keterampilan dan kehebatan seorang wanita terletak pada kemampuan menjaga rumah tangga, sehingga wanita dijuluki kelapa rumah tangga, sedangkan pria kepala keluarga, untuk mendapatkan mandat tersebut tentu harus diiringi kemampun dan keterampilan yang sejalan, setidaknya harus mengetahui hal – hal dasar yang telah diuraikan ditas, berikut ini beberapa tips sederhana untuk membantu pekerjaan rumah tangga secara tradisional:
 
1. Cara menjaga sayuran agar tidak layu
Untuk di zaman modern sekarang, cukuplah mudah untuk menjaga sayuran dan buah  agar tetap segar yaitu di simpan di lemari es (ice box).  Namun bagi anda yang tidak memiliki ice box atau terkendala dengan mesin kulkasnya, dapat melakukan secara tradisional dengan cara :

Siapkan sayuran yang akan disimpan (yang tidak akan diolah pada hari tersebut), siapkan kertas koran yang sudah di basahi dengan air, bungkus rapat sayur – sayuran yang akan disimpan dengan kertas koran tersebut, ke-esokan harinya sayur akan masih tetap segar.
 
2. Tips membujuk anak – anak agar ingin mandi
Terkadang anak – anak sangat rewel jika sudah diajak urusan mandi kadang – kadang bisa sampai menangis untuk tidak ingin mandi. Solusi terbaik yaitu dengan membujuk menggunakan mainan air, anak – anak sangat senang dengan urusan permainan.

Ambillah mainan yang dapat terapung di atas air seperti bebek, perahu mainana, ikan – ikanan atau yang lebih simpel botol – botol plastik yang tidak terpakai, ajak terlebih dahulu anak – anak bermain air, hal ini bertujuaan agar anak – anak senang ketika di ajak mandi.

3. cara menyimpan bawang merah dan mengawetkan cabai merah
Keperluan akan  bumbu – bumbu dapur sangat dibutuhkan dalam proses masak-memasak, untuk itu terkadang untuk dapat memenuhi memenuhi kebutuhan bumbu dapur biasanya pembelian bumbu dapur seperti bawang merah dan cabai merah di beli dalam jumlah besar, agar bawang  merah dan putih dan cabai merah dapat bertahan lama berikut yang dapat anda lakukan:
Agar bawang merah ataupun bawang putih tidak cepat busuk, sebaiknya bawang merah dan bawang putih diletakkan di dalam wadah atau keranjang  yang berlubang, dan diletakkan di tempat yang sirkulasi udaranya baik (tidak pengap) dan juga tidak terkena air ataupun sinar matahari langsung

Sedangkan untuk pengawetan cabai merah dalam jumlah besar dapat dilakukan dengan cara: ambil cabai merah yang akan diawetkan, cuci hingga bersih, selanjutnya kukus , setelah agak lembek, cabai ditiriskan dan dikeringkan sampai benar – benar kering, setelah kerin cabai merah siap di simpan di toples atau plastik, tutup dengan rapat. Untuk cara penggunaanya cukup direndam dengan air, cabai merah awetan siap untuk digunakan kembali.
 
4. Cara mengolah bihun agar tidak terlalu lembek pada saat akan diproses 
Bihun yang lembek sangat tidak sedap jika ingin diproses dengan cara digoreng atau ditumis, untuk itu bagi anda yang ingin mengolah bihun dalam bentuk digoreng, ongseng, atau tumis sebaiknya bihun tidak direndam dengan air panas, seharusnya dikukus selama 4 menit sehingga bihun tidak akan terlalu banyak mengandung air.

Artikel terkait lainnya: 9 Tips perlindungan balita ketika berada di tempat umum

Cara mengatasi bihun yang menyatu atau lengket karna bahan komposisi bihun terbuat dari tepung jagung, sebelum di iris tipis sebaiknya bihun di beri minyak sayur terlebih dahulu.
 
5. Cara cepat memeram buah sirsak dan alvokat
Pada artikel sebelumnya saya telah mengulas lebih lanjut cara memeram  buah sirsak, namun dalam artikel kali ini agak berbeda serta memiliki rentan waktu yang lebih cepat dari pada sebelumnya.

Proses pemeraman buah sirsak dapat dilakukan dengan cara: siapkan buah sirsak yang akan diperam, oleskan kapur sirih pada bagian ujung tangkai sirsak, selanjutnnya letakkan buah sirsak di atas tempayan air, selanjutnya tunggu hingga 3-4 hari, buah sirsak akan masang dengan sempurna

Sedangkan untuk proses mematangkan buah alvokat dengan cara: buatlah kantung kertas. Lalu masukkan sebuah apel dan alvokat mentah kedalam-nya. Usahakan memilih buah apel yang sudah matang, langkah terakhir masukkan  kantong kertas tersebut ke dalam peti beras, tunggu hingga alvokat matang dengan sendirinya.
 
6. Tips memotong lontong agar terlihat rapi
Biasanya dalam proses pemetongan lontong, anda pasti sering mengalami  proses pemotongan yang kurang rapi, bahkan pecah – pecah terutama untuk jenis lontong yang memiliki tekstur lembek.

Tips simpel memotong lontong agar rapi dan cepat dengan cara: siapkan sehelai benang, lalu ikatlah ujung benar pada dinding, selanjutnya tangan yang satu membentangkan benang, langkah selanjutnya lontong yang sudah dikupas dipegang lalu benang dilingkarkan pada lontong,dan tariklah benang maka lontong akan terpotong dengan rapi dan halus. Cara ini berlaku juga bagi anda yang ingin memotong telur dengan cepat dan rapi tampa harus menggunakan pisau.
 
7.  Cara menggunakan penggorengan biasa untuk membuat kue serabi, dadar gulung dan kulit risoles
Untuk dapat membuat kue – kue yang tidak memerlukan minyak dalam proses memasaknya tentu harus menggunakan media masak (penggorengan) antilengket atau wajan yang benar – benar sepesial.

Namun bagaimana  jika anda tidak memiliki wajan antilengket, hanya sekedar wajan biasa. Anda tidak perlu risau, ada beberapa tips sederhana yang dapat anda terapkan dengan cara:

Siapkan wajan yang akan digunakan,  oleskan sedikit minyak makan atau margarin, masak-lah 1butir telur kocok, aduk secara merata diatas penggorengan tersebut, pastikan api  tidak terlu besar, setelah telur matang, angkat telur, salanjutnya wajah yang lengket siap digunakan untuk pembuatan kue dadar gulung, kulir risol, atau kue serabi.
 
8. Menghindari susu, gulu dan kopi menggumpal
Dalam penyajian minuman yang hangat terkadang kita menjumpai ada beberap bahan yang saling terikat atau menggumpal, walaupun dalam beberap menit kemudian akan meleleh dengan sendiri.

Namun jika anda ingin menghindari hal tersebut, sebelum ditang air panas, sebaiknya ketiga bahan tersebut di aduk terlebih dahulu hingga benar – benar tercampur dengan rata, setelah selesai baru air panas bisa dimasukkan.
 
9. Cara mengatasi pulpan (pena) yang serba macet
Tekadang ketika baru membeli pena, pena yang digunakan terasa mecet, penyebab utamanya biasanya karna pena terlalu kering serta alur tinta masih belum mengalir pada ujung pulpen.

Solusinya yaitu dengan cara menggosokkan ujung pena di atas kaca bening atau pulpen atua jendela kaca yang datas, gosok hingga panas maka otomatis ujung pena atau pelpen akan panas, sifat panas pada ujung pena akan memuai sehingga tinta akan keluar dan pena tidak akan mecet lagi.
 
10. Cara membersihkan noda pada sepatu
Sepatu yang memiliki tekstur kulit yang halus dan mudah tergores sangat tidak cocok menggunakan sikat kasar, sedangkan penggunaan spon atau kain  terkadang kurang maksimal dalam membersihkan noda pada sepatu.

Tips sederhana yang dapat anda lakukan dengan cara menggosokkan noda pada sepatu dengan menggunakan roti tawar yang lembut, noda akan hilang dan sepatu akan tampak seperti baru lagi.
 
11. Cara membuat garam halus agar tetap awet tidak mencair
Bagi ibu – ibu rumah tangga sudah tahu bukan perbedaan garam kasar dan halus, pada umumnya garam halus yang disimpan di dalam toples masih akan mampu mencair walaupun disimpan di tempat yang kering.

Tips sederhana yang dapat anda lakukan dengan cara menaburkan 2 sondok teh beras kedalam garam, maka otomatis garam tidak akan mencair, hal ini juga berlaku untuk garam kasar.
 
12. Cara menghilangkan bau apek pada lemari dan kopor
Koper dan lemar memang mudah sekali bau apek terutama untuk jenis lemari dan koper yang jarang digunakan akan tetapi dipakai untuk menyimpan pekaian yang hanya digunakan pada acara tertentu saja.

Lemari dan koper tersebut diatas memang mudah sekali bau apek, solusi mengatasinya dengan cara memberikan beberapa parfum bau apek pada lemari, biasanya banyak dijual di pasar, selain itu anda juga dapat menggunakan sabun mandi batangan yang langsung bisa anda letakkan di dalam lemari dan koper tersebut. Bau apek akan hilang dan bau wangi akan menyebar.
 
13. Mebersihkan rambut yang terkena permen karet
Anak – anak sekolah sering kali iseng – iseng meletakkan permen karet pada rambut siswa lainnya.  Kelakuan seperti ini tentu tidak baik untuk dilakukan. Bagi orang tua yang tidak tahu cara menghilangkan permen karet pada rambut solusi terakhir yaitu dengan cara mempangkas rambut yang terkena permen karet.

Tidak semua anak ingin dipotong rambutnya, terutama ketika jumlah permen keretnya terlalu banyak, tentuk membuat model rambut anak menjadi berubah.

Tips sederhana cara menghilangkan permen karet pada rambut dengan menggunakan minyak sayur, lalu remas – remas area rambut yang terkena permen keret, selanjutnya sediakan kertas yang telah diumuri minyak dan bersihkan rambut tersebut menggunakan kertas yang telah disediakan sebelumnya, maka permen karet akan mudah sekali untuk lepas dari rambut, langkah terakhir rambut yang sudah bersih dari permen karet harus dicuci bersih (keramas) untuk menghilangkan bau minyak sayur.
 
14. Tips menggoreng bawang agar garing dan renyah
Menggoreng bawang memang susah – susah gampang, karna terkadang jika terlalu lama bisa membuat bawang yang digoreng menjadi hangus, sedangkan jika terlalu cepat membuat bawang menjadi lembek.

Tips sederhana menggoreng bawang agar tetap garing dan renyah dengan cara : siapkan bawang yang sudah di iris tipis – tipis, campurkan degan garam sedikit, aduk hingga merata, panaskan minyak dengan api sedang, setelah minyak agak panas goreng bawang hingga kering, hasil akhir bawang akan renyah dan sangat garing.
 
15. Makanan yang baik untuk anak yang sulit berbicara
Kepercayaan masyarakat indonesia memang sangat betuah terutama adat istiadat setempat, konon katanya anak yang lancar berjalan pada umunya akan sukar berbicar atau lambat dalam berbicara. Solusi yang disarankan dengan memberikan makanan telur merpati yang direbus, insya’allah anak akan lancar berbicara.
 
16. Cara menghilangkan kotoran pada ember
Terkadang berbagai merek ember dan perabot rumah tangga yang terbuat dari plastik sangat sulit dibersihkan terutama terkene noda – noda yang membendel. 

Tips yang dapat anda lakukan dengan menggunan lap kain yang dioleskan pada minyak tanah, gosokkan pada noda ember yang membandel, otomatis noda pada ember akan hilang, untuk mengurangi bau minyak tanah pada ember dapat menggunakan sabun cuci.
 
17. Memboat obat herbal untuk gigitan ulat yang membuat gatal
Obat herbal memang dipercaya lebih ampuh dan terkesan lebih alami ketika menyembuhkan penyakit ringan seperti luka kulit hingga gatal – gatal pada kulit akibat ulat bulu yang dapat menimbulkan bintik – bintik merah pada kulit.

Cara mengolah obat herbal untuk kulit yang gatal akibat ulat dengan cara memanfaatkan abu gosok/abu dapur yang dogosokkan pada area kulit yang gatal, tunggulah  sesaat dan gatal – gatal akan segera hilang.
 
18. Manfaat minyak kelapa untuk keperluan bersih – bersih
Minyak kelapa atau minyak sayur yang terbuat dari kelapa tua memang memiliki khasiat lebih selain sebagai minyak untuk menggoreng atau menumis.

Salah satunya minyak kelapa dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan noda – noda membandel pada prabotan rumah tangga terutama yang terbuat dari plastik.

Artikel terkait lainnya: 5 cara memanfaatkan air kelapa dengan cara berbeda

Selain itu juga minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan bau minyak tanah pada tangan anda.  Serta minyak kelepa juga dapat menghilangkan getah pada pisau ketika selepas mengupas buah nangka muda.
 
19. Cara memasak sayuran yang benar agar kadang vitamin tidak berkurang
Memang untuk mengelola sayur dari ibu – ibu rumah tangga  berbeda – beda, tapi secara umum agar kandungan vitamin dan zat – zat lain pada sayur tidak hilang, anda dapat mengikuti tips cara mengolah sayur dengan benar tampa mengurangi kadar vitamin pada sayur, langkah – langkahnya sebagai berikut :
Didihkan terlebih dahulu air secukupnya, kemudian masukkan sayur yang telah di cuci bersih, rebus kira – kira selama sepuluh menit, maka warna sayur akan tetap hijau dan masih bervitamin dengan utuh.
 
20. cara membulatkan bola pimpong yang penyek
Bagi pecinta olahraga pimpong mungkin tidak asing lagi dengan bolanya yang mudah sekali penyek apabila terinjak, jika sudah bigini bola pimpong tidak akan dapat dipakai kembali.

Tapi jangan khawatir selama bola masih dalam keadaan tidak pecah maka bola pimpong masih bisa digunakan dan diperbaiki dengan cara, siapkan air secukpnya, masak hingga mendisih, masukkan bola pimpong yang diperbaiki  bentuknya, melalui proses penguaian dan pemanasaan bola pimpong akan kembali utuh dan bulat kembali seperti sedia kala,
 
21. Menjadikan lilin agar awet (tidak mudah melelah)
Walaupun kebutuhan akan lilin sudah tergantikan, namun tidak semua daerah yang masih terjamah oleh saluran listrik, selain itu kadang – kadang terjadi proses pemadaman masal, disinilah kebutuhan akan lilin akan sangat berperan penting.

Agar lilin dapat bertahan lama dan tidak mudah habis, ada beberapa trik khusus yang dapat anda lakukan dengan cara menambah sabun colek pada seluruh batang permukaan lilin, setelah itu diamkan dan keringkan. Lilin otomtasi akan awet dan tidak mudah habis.
 
22. Tips menggoreng ikan agar tidak lengket
Cara yang bisa dilakukan dalam menggoreng ikan adalah dengan meletakkan selembar daun pisang di dalam penggorengan, atau cara lainnya dengan cara memasukkan daging kelapa sewaktu minyak masih dingin, setelah minyak panas, masuk-kan ikan laut berbumbu lalu goreng  hingga masak, otomatis ikan tidak akan lengket pada penggorengan.
 
23. memanfaatkan kulit jeruk nipis untuk kesehatan kulit tubuh (penyegar badan)
Selain isi jeruk nipis yang bermanfaat, ternyata kulit jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk kesehatan kulit tubuh, cara penggunaanya, siapkan kulit jeruk nipis secukupnya, masukkan kulit jeruk nipis tersebut kedalam air hangat, ketika anda mandi lakukan pembilasan terakhir untuk campuran air hangat dan kulit jeruk nipis, maka kulit anda akan terasa halus, segar dan lebih lembut tentunya.
 
24. Tips mengupas bawang merah agar tidak perih dimata
Ketika hajatan, jumlah bawang putih akan akan dikupas tentu berlipat ganda, efek yang dapat dirasakan kadang – kadang akan menimbulkan perih dimata hingga sampai menangis dengan sendirinya. Jika anda tidak tahan degan bau dan efek hawa dari bawang merah yang menyebabkan perih dimata, ada beberapa solusi yang dapat anda terpakan dengan cara :

Siapkan wadah yang berisi air secukupnya, sebelum dikupas, masukkan bawang kedalam air, rendam selama 2 jam. Setelah itu tiriskan dan kupas. Hasil yang dapat anda peroleh yaitu tangan tidak akan menjadi hitam serta tidak menimbulkan perih dimata.
 
25. Menghilangkan bau anyer pada ikan lele
Ikan lele dikenal memiliki lendir dan bau anyer yang khas, apabila bau anyer dan lendirnya tidak dihilangkan dapat memicu rasa yang kurang sedap. Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan bau anyer pada ikan lele, ulasannya sebagai berikut :

Siapkan beberapa belut yang akan diperoses, masukkan kedalam kantung plastik, selanjutnya bubuhi dengan sengenggam garam dan ikan rapat. Dalam waktu yang tidak lama belut akan mati dengan sendirinya.  Setelah belut mati, remas – remas dengan abu gosok, agar kotoran , lendir dan bau amis akan melekat pada abu gosok tersebut. Selanjutnya proses pembersihan dengan cara membelah perut belut dengan cara memanjang dari perut sampai ekor, buanglah isi perut belut yang tidak dipakai, langkah terakhir cuci hingga bersih, belut siap untuk diolah menjadi aneka makanan yang tidak mengeluarkan bau amis lagi.
 
26. Cara menghilangkan rumput pada sela-sela lantai konblok
Pada beberapa lantai konblok rumah atau halaman biasaya di tumbuhi beberapa rumput yang membandel, apabila sudah terlalu besar akan kurang sedap dipandang, terutama untuk halaman rumah bagian depan, ada beberapa cara untuk dapat menghilangkan rumput tersebut salah satunya dengan menggunakan air garam yang dimasak hingga mendidih, selanjutnya siramkan air panas bercampur garam pada rumput di sela – sela konblok tersebut, rumput akan menguning dan mati dengan sendirinya.
 
27. Cara menghilangkan bau hangus pada nasi ketika dimasak dengan media pengawahan
Dalam acara hajatan atau pernikahan, biasanya untuk di berbagai daerah pada umumnya akan lebih menyukai memasak nasi di pengawahan besar menggunakan kayu api, otomatis metode memasak nasi dengan tehnik menanak nasi.

Permasalahan yang sering terjadi yaitu, nasi yang dimasak kadang – kadang bisa menimbulkan aroma gosong atau hangus, jika disantap oleh para tamu undangan tentu kurang sedap jika dipadukan dengan berbagai lauk pauk yang telah disediakan.

Untuk menghilangkan aroma gosong atau hangus pada nasi untuk metode memasak di pengawahan atua wajan besar menggunakan kayu api dengan cara menutup  dandang atau pengawahan dengan daun pisang yang telah dicuci bersih, aroma dari daun pisang akan menjaga tekstur dan aroma khas dari beras yang dimasak agar tetap wangi.
 
28. Menyembuhkan luka kerena bulu ulat
Ada beberapa jenis ulat yang memiliki bulu yang lebat, dan apabila tersentuh oleh kulit manusia biasanya akan menimbulkan alergi dan bintik – bintik merah, berikut ini tips membuat ramuan herbal kulit untuk mengatasi dan menyembuhkan luka karena bulu ulat dengan cara : mengoleskan minyak zaitun pada selembar daun kunyit, pangganglah di atas api sampai panas, lalu selanjutnya gosokkan pada bagian badan yang terkene bulu ulat tersebut.
 
29. Tips menggoreng ikan kakap agar tetap mulus
Ada beberap trik untuk dapat menggoreng ikan kakap supaya tetap mulus, ikan kakap dikenal sangat mudah sekali hancur dan juga lengket ketika digoreng menggunakan penggorengan. Sulusi terbaiknya dengan cara ikan kakap ditaburi dengan tepung terigu terlebih dahulu (tampa air) selanjutnya ikan kakap digoreng, maka hasilanya akan tetap mulus.
 
30. Cara mencegah rambut rontok secara alami
bahan yang diperlukan adalah tiga buah jeruk nipis yang sudah tua, peras dan ambil airnya, campurkan dengan dua butir putih telur, aduk hingga merata, ratakan pada seluruh permukaan kepala, tunggu proses pengeringan selama 3 jam. setelah kering, cuci rambut dengan air bersih, lakukan 3-4 kali dalam seminggu, rasakan perubahan pada rambut anda.

31. cara mengatasi bintik – bintik hitam pada wajah
Dengan menggunakan buah tomat segar, dapat dijadikan sebagai obat herbal menghilangkan bintik –bintik diwajah dengan cara, buah tomat yang matang dimasak dan diambil airnya, selanjutnya estrak dari bauh tomat di usapkan ke seluruh wajah secara perlahan,biarkan hingga kering, selanjutnya bilas dengan air. Lakukan secara rutin pagi dan malam (setelah bangun tidur dan sebelum tidur)
 
32. Cara menghaluskan kulit tangan
Bahan yang diperlukan untuk proses menghaluskan kulit tangan yaitu  satu sendok kecil madu dicampur dengan satu sendok teh air perasan jeruk nipis. Perbandingannya 1 : 1. Lakukan pada seluruh permukaan tangan biarkan hingga kering, setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan secara rutin selama 2 minggu dan liat hasil akhirnya.
 
33. Cara menghitamkan rambut agar kelihatan berkilau
Dengan memanfaatkan daun pere, kita dapat membuat ramuan herbal untuk kesehatan rambut, cara pembuatannnya cukup simpel, ambil daun pere secukupnya, lalu tumbuk , tambahkan air secukupnya, cara penggunaannya berikan hasil perasan sari daun pere sebagai media keramas, lakukan 2 hari sekali, liat hasil akhir yang menakjubkan.
 
34. Tips menyembuhkan sengat lebah
Tips sederhana untuk menghilangkan rasa sakit  serta agar sengatan lebah cepat sembuh dengan menaburkan garam halus pada area tubuh yang disengat, cara ini efektif untuk mengurangi rasa sakit serta mempercepat penyembuhan-nya.
 
35. Cara mengurangi kadar kolestrol pada daging yang dimasakKadar kolestrol pada daging memang cukup tinggi, untuk itu setidaknya kita dapat mengurangi kadar kolestrol pada daging dengan melakukan proses pemasakan yang benar.

Sebelum daging diolah tentu terlebih dahulu di rebus untuk menghasilkan tekstur daging yang lebih empuk, nah dalam proses perebusan anda pasti melihat buih –buih pada permukaan air, buih – buih yang berwarna kecoklatan inilah yang banyak mengandung kolestrol pada daging, untuk itu segara buang buih – buih yang menumpuk pada permukaan atas untuk mengurangi kadar kolestrol pada daging.
 
36. Mengobati luka bakar dengan odol
Luka bakar berbeda dengan luka sayatan, untuk itu tidak semua obat luka cocok untuk luka bakar, anda tidak perlu khawatir untuk jenis luka bakar ringan anda bisa memanfaatkan odol pasta gigi dan sedikit taburan veksin. Oleskan odol gigi pada luka bakar secara merata selanjutnya taburi veksin. Alhasil luka tidak akan melepuh tetapi akan menjadi kering.
 
37. Mengobati luka yang lama kering dengan getah kamboja
Selain memiliki bunga yang cantik, pohok kamboja juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka, termasuk untuk jenis luka yang lama sembuhnya, cara penggunaanya cukup simpel dengan mengoleskan getah kamboja secara merata pada luka pada tubuh anda, tunggu hingga kering, lakukan secara rutin,  dalam waktu singkat luka akan segera kering dan sembuh.
 
38. Cara menghilangkan karat pada jurum
jarum, jarum pentul, peniti, dan berbagai benda yang mudah berkarat lainnya dapat dihilangkan karat yang melekata pada jarum dengan menggunakan kentang mentah, proses penggunaanya mudah sekali dengan menusuk - nusukkan jarum pada kentang metah hingga seluruh lapisan karat pada jarum rontok semua.

39. Tips menghilangkan lumpur yang banyak pada pakaian
Noda lumpur memang cukup sulit untuk dihilangkan apalagi khusunya pakaian yang berwarna putih, berbeda dengan noda - noda lainnya yang mudah hilang dengan diterjen atau pemutih lainnya.
cobalah tips berikut ini dengan cara rendamlah terlebih dahulu pakaian yang akan dicuci dengan air bersih selama semalah, selanjutnya taburi dengan kaporit pada pakaian yang terkena lumpur tadi, selanjutnya kucek - kucek sedikit hingga lumpur rontok, setelah noda rontok anda bisa menggunakan berbagai merek diterjen untuk memberikan harum dan teksur lembut pada pakaian yang dicuci.

40. Cara mengawetkan daging
daging memang makanan yang cukup mudah sekali busuk apabila tidak diproses dengan cepat, dizaman sekarang sudah sangat mudah untuk menyimpan dan mengawetkan daging yaitu dengan menggunakan ice box.

tetapi kadang kala, pada suatu haru ice box rusak atau terjadi pemadaman yang cukup lama, sedangkan daging pada ice box ada. tips sederhana cara mengawetkan daging secara manual dengan cara siramkan daing dengan air yang dicampur dengan air cuka, lalu taburi daging dengan bawang merah yang telah di iris dengan tipis, simpan di tempat yang aman, proses pengawetan secara manual selesai, selagi menunggu ice box hidup atau diperbaiki, tips ini dapat anda lakukan.
 
41. Tips agar permukaan kue yang dipanggang telihat mengkilat
Setelah adonan jadi dan sudah di masukkan ke dalam loyang, proses terakhir yaitu melakukan pemanggangan, agar hasil akhir pada permukaan atas terlihat mengkilap kamu dapat mengoleskan terlebih dahulu adonan kue dengan susu. Hasil akhir permukaan roti yang di panggang tampak rata dan akan lebih mengkilat.
 
42. Tips mengawetkan kupiah beludru
Kupiah beludru pada umumnya banyak dipakai oleh anggota – anggota yang bekerja di instansi pemerintahan atau yang bersifat formal, kupiah beludru berbeda dengan model peci pada umumnya karna sangat tidak tahan apabila dicuci dengan diterjen atua sejenisnya.

Apabila kopiah beludru terkene berbagai bercak – bercak atau noda cara terabaik untuk membersihkannya dengan cara menyikatnya dengan minyak tanah, selanjutnya jemur dengan cara di angin – anginkan, setelah kering kamu beri parfum untuk mengurangi bau dari minyak tanah tesebut.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai 42 Tips mempermudah pekerjaan rumah tangga yang jarang diketahui.

beberapa tips diatas adalah tips dan cara sederhana dan tradisional yang sudah terlupakan oleh arus jaman, memang ada beberapa cara atau langkah diatas yang sudah tidak relevan lagi dengan zaman modern sekarang, namun setidaknya anda mengetahui beberapa langkah atau tips sederhana ketika ingin mengerjakan pekerjaan rumah. sampai jumpa lagi pada artikel menarik lainnya, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "42 Tips mempermudah pekerjaan rumah tangga yang jarang diketahui"

Berlangganan via Email