Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bertambah usia, berkurang pula waktu hidup didunia (selamat ulang tahun)

Bertambah usia, berkurang pula waktu hidup didunia (selamat ulang tahun) - Bertepatan pada tanggal 28 November 2016 yang jatuh pada hari senen adalah hari kelahiran saya, alhamdulillah di usia yang semakin menginjak dewasa ini semoga kedepannya bisa menjadi insan yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Barang siapa yang lebih baik dari tahun lalu maka ia termasuk orang – orang yang beruntung, barang siapa yang sama kebaikannya dari pada tahun sebelumnya, ia termasuk orang – orang yang merugi, sedangkan barang siapa yang lebih buruk amal kebaikan dari tahun sebelumnya ia termasuk orang – orang yang celaka.

Banyak hadist dari rasulullah.saw yang menjelaskan bahwa kita hidup di dunia ini hanyalah sementara untuk mengumpulkan bekal yang lebih baik untuk alam akherat. Secara logis orang  yang bijak tentu mengetahui mana yang lebih di prioritaskan, namun adakalanya kita kalah dengan hawanafsu, syahwat dan bisikan syaitan sehingga kadang – kadang kita lalai dengan urusan agama.

Dipergantian umur ini, saya mengawali awal umur baru dengan mengucap bismillah dan saya menulis tulisan dalam sebuah artikel yang bertema 

“awal kemaksiaatan itu adalah waktu yang senggang dan iseng – iseng”

Saya tertarik mengulas tentang tema ini sebagai bahan motivasi dan inspirasi untuk pembaca sekalian terutama untuk penulis sendiri.

Mengawali umur yang makin bertambah pula, tentu makin bertambah pula berbagai dosa dan maksiat yang kita lakukan kepada allah.swt yang maha melihat dan maha mengetahui baik secara  nampak maupun yang tersembunyi di dalam hati manusia.

Banyak sekali hilap dan kesalahan yang admin (saya) lakukan kepada pembaca sekalian dalam penyajian informasi yang saya tulis, untuk itulah saya sebagai penulis dalam blog/website sederhana ini (Padahakan.com) mengucapkan meminta maaf yang sebesar – besarnya kepada pembaca sekalian, jika ada kritik dan saran dari pembaca sekalian, anda bisa langsung mengirim kritik dan saran melalui contak pada blog ini.

Bertambah usia, bekurang pula waktu hidup didunia (selamat ulang tahun)
Bertambah usia, bekurang pula waktu hidup didunia (selamat ulang tahun)

Hari berganti hari, bulan melaju menjati tahun, tak terasa umur saya sudah bertambah lagi satu tahun, sedangkan saya sendiri tidak menyadari bahwa bertambahnya umur berarti berkuranglah waktu dan kesempatan untuk mengumpulkan pahala dan amal kebaikan selama hidup didunia ini.

Manusia adalah tempat berkumpulnya salah dan dosa, sebaik- baiknya dari itu adalah meminta ampun kepada allah.swt dengan sebenar – benarnya tobat.  Waktu itu ibarat pedang yang siap melukai tubuh apabila tidak digunakan secara bijak, pergunakan waktu yang ada untuk terus melakukan amal kebaikan untuk diri sendiri khususnya untuk orang banyak.

Mengawali pergantian umur ini saya ingin menyuguhkan sebuah inspirasi dan pengetahuan mengenai kemaksitan dan waktu luang, kenepa kedua hal ini saling berkaitan dan apa saja cerita menarik dari pembahasan ini, untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
 

#Kemaksiaatan CS waktu luang

Difinisi dari kemaksiataan dapat kita artikan sebagai suatu tindakan baik secara nampak atau tidak, baik dengan ucapakan, pendegaran, penglihatan dan qalbu yang melanggar ketentuaan yang telah allah.swt larang. Intinya kemaksiataan itu adalah segala larangan allah.swt yang dilakukan.

Pada dasarnya sebelum seseorang melakukan tindakan kemaksiataan tentu diawali telebih dahulu dengan berbagai tanda dan pemicunya. Selama ini kita menganggap bahwa maksiat itu di dorong oleh hati untuk melakukannya padahal penyebab terbesar dari kemaksiataan adalah penyebab dan pemicunya.

Setiap sesuatu di bumi ini tentu diawali dengan mukadimah, untuk itu kita dianjurkan berusaha terlebih dahulu sebelum berserah diri kepada allah, karna pada intinya segala sesuatu itu hanyalah allah.swt yang menentukannya, namun usaha dan tindakan kita merupakan adap kita kepada allah.swt

Artikel terkait lainnya : 9 Tips perlindungan balita ketika berada di tempat umum

Mengenai hal inilah kenapa waktu luang dan iseng-iseng adalah awal dari kemaksiataan, berarti mukadimah dari kemaksiataan itu adalah waktu senggang.

Mengkaitkan di era moderenisasi sekarang, banyak sekali aula muda (teramasuk diri saya pribadi) sering menghabiskan waktu dengan hal – hal yang tidak beramanfaat, pada dasarnya segala sesuatu yang tidak melanggar ketentuan dari allah.swt maka  itu tidak digolongkan dari maksiat. Namun ketika waktu luang ini digunakan untuk iseng – iseng seperti bersosial media, maka disinilah awal dari kemaksitaan itu. 

Apa contohnya, seperti melihat gambar yang tidak harus dilihat, melihat informasi gosip yang menjelekkan orang lain, saling ejek mengejek dan lain sebagainya, padahal tujuan kita bersosial media tidak lain yaitu mengisi waktu kosong atau senggang, namun tampa kita sadari waktu luang itulah awal dari kemaksiataan. Mulai dari iseng – iseng dan coba- coba menjadi ketagihan dan merusak pikiran dan hati.

Mulai dari pikiran hingga tindakan semuanya saling berkaitan apa yang kita lihat, kita lakukan, kita ucapkan, kita dengarkan, bagaimana mungking kita bisa lepas dari  maksiat sedangkan setiap hari kita selalu mengucapkan hal –hal yang tidak baik, mendegarkan yang menjerumus pada merendahkan orang lain, melihat yang tidak pantas. Setiap hari pikiran dan hati kita selalu kotor dengan berbagai bentuk kemaksiaatan.

Tak heran memang kita tidak mendapatkan manisnya bermunajat kepada allah,  Zikir, shalat, sedangkan setiap hari kita selalu bermaksiat (maksiat mengalahakan kebaikan yang sedikit).

Secara nyata kita tidak akan lepas dari namanya maksiat, tetapi kita sudah mengetahui mukadimah dari maksiat itu sendiri sehingga kita dapat mengetahui bagaimana cara meminimalisir dan mengurangi dampak dari maksiat pada diri sendiri.

Yaitu dengan cara memanfaatkan waktu senggang dan waktu hari – harimu dengan  selalu meniatkan untuk beribadah kepada allah, kita hidup didunia ini hanya untuk beribadah kepada allah.swt. 

Atur manajemen waktumu untuk tidak terbuang percuma, usahakan selalu memaksimalkan waktu untuk melakukan hal – hal positif karna allah.swt.  ketika dalam hidup-mu terdapat waktu luang atau senggang disitulah awal kemaksiataan itu akan terjadi.

Jika anda seorang pekerja keras, niatkan pekerjaan itu hanya untuk allah.swt seperti untuk menafkahi keluarga dirumah dengan cara yang halal dengan catatan semua kewajiban telah dikerjakan seperti sholat 5 waktu dan lain sebagainya.

jika kita membiarkan diri terlena dengan berbagai kenyamaan dan santai doang, maka kadang – kadang sikap iseng – iseng akan terjadi seperti jalan – jalan yang akhirnya hanya melihat hal yang tidak baik, membuang waktu hingga melalaikan kewajiban diri sendiri seperti sholat.

Intinya pergunaakan waktumu dari mulai bangun pagi hingga tidur malam dengan segala aktivitas yang menyibukkan-mu untuk bisa dekat dengan allah.swt.  jangan biarkan satu detikpun waktu senggang-mu untuk dirimu, karna awal dari kemaksiataan adalah waktu yang tidak digunakan dengan baik hingga timbulah sikap iseng – iseng.

Mengakhiri motivasi dan insipirasi hidup ini, sekali lagi saya mengucapkan banyak minta maaf kepada pembaca setia blog ini, semoga apa yang saya sajikan dan suguhkan pada pembaca sekalian dapat bermanfaat untuk anda dan saya pribadi.

Semoga kedepannya. Blog ini bisa menyajikan informasi yang lebih bermanfaat dan berguna untuk pembaca sekalian, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Bertambah usia, berkurang pula waktu hidup didunia (selamat ulang tahun)"

Berlangganan via Email