Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung mencari ide menulis, lakukan 7 tips berikut

Bingung mencari ide menulis, lakukan 7 tips berikut! - Ide adalah modal utama saat akan menulis, ide merupakan inti dalam sebuah tulisan, sehingga sebelum memulai menulis terlebih dahulu mengetahui ide yang akan ditulis.

Pernahkan anda mengalami tiba – tiba kehabisan bahan atau pikiran yang akan ditulis? Kadang – kadang ketika pikiran tidak mood, pengetahuan dan gagasan – gagasan baru sering kali tidak muncul.

Bagi yang telah terjun dalam dunia blogging tentu saja tidak boleh mengalami kekeringan ide dalam menulis, karna untuk meningkatkan populeritas blog tentu diawali dengan terus update artikel terbaru.

Bingung mencari ide menulis, lakukan 7 tips berikut
Bingung mencari ide menulis, lakukan 7 tips berikut

Untuk mencari sumber – sumber ide dalam menulis dapat dilakukan dengan mudah, dengan melihat dan meperhatikan lingkungan sekitar serta kejadian yang terjadi,  bisa saja dijadikan sumber ide atau gagasan baru untuk anda.

Agar anda tidak mengalami kekeringan ide dalam menulis, berikut ini beberapa tips sederhana, bagaimana cara mengumpulkan ide – ide baru dalam menulis artikel untuk blog anda, ulasannya sebagai berikut.


#7 Tips untuk mencari sebumber atau ide dalam menulis

Untuk mengumpulkan berbagai informasi atau sumber yang digunakan sebagai bahan tulisan, memang dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kreteria tulisan yang akan anda buat.

Jika berhubungan dengan yang sfesifikasi seperti ilmu pengetahuan, pengetian atau difinis atau bentuk kajian ilmu maka sumber yang lebih utama menggunakan media buku atau koran atau hal lainnya, sedangkan untuk jenis tulisan yang bersifat pribadi, romansa, dan bentuk aktivitas sehari – hari kamu dapat mencari informasi dengan melihat lingkungan sekitar, melalui teman ataupun dari pengalaman diri sendiri.

Berikut ini bebera langkah atau cara yang dapat kamu gunakan ketika kamu sudah benar – benar kehabisan ide untuk menulis, sehingga bisa saja ide atau gagasan baru terbuka dari pintu pemikiran anda, ulasan-nya sebagai berikut :
 
1. Lingkungan sekitar
Cara mencari ide untuk menulis bisa diawali dengan melihat kejadian dan peristiwa yang terjadi dilingkungan sekitar anda, dalam 1 x 24 jam tentu saja banyak sekali peristiwa yang anda lihat bukan, dari yang bersifat masih lazim hingga tidak lazim.

Semua informasi yang anda tangkap daat diolah menjadi sebuah rangkai kalimat hingga membentuk ide – ide yang baru, seperti kejadian yang pernah saya lihat yaitu “pengendaraan sepeda motor menabrak tiang PLN akaibat fokus tehadap smarphone” dari rangkaian peristiwa diatas anda bisa saja menulis judul artikel seperti “bahayanya berkendara sambil menggunakan smarphone” atau “Tips menghidari kecelakaan pada saat berkendara”.
 
2. Diri sendiriKumpulan ide – ide dalam menulis juga bisa datang dari pengalaman hidup anda,  khayalan atau imajinasi anda dapat memberikan suguhan ide yang mudah untuk anda kembangkan karna langsung dari pemikiran anda, jika kamu benar – benar kekeringan ide untuk menulis kamu bisa melihat pengalaman hidupmu serta khayalan imajinasimu.
 
3. Menonton Televisi
Banyak sekali berbagai ide yang kita dapat ketika anda menontol televisi seperti tentang topik terhangat hari ini, atau yang sedang menjadi viral di sosmed, informasi seperti ini biasanya disuguhkan dalama acara televisi.
Untuk mengkaitkan ide dengan informasi yang kamu ingin cari, kamu harus menyesuaikan jenis tayangan yang akan kamu lihat sebagai referenis pendukung artikel yang akan kamu buat.
4. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik pada umumnya hanya digunakan sebagai sarana hiburan atau pendidikan, namun bukan berarti musik itu hanya sekedar seseorang yang bernyanyi dengan lantunan melody namun dibalik itu semua terdapat pesan atau isi lagu yang dinyanyikan.

Coba anda hayati dari isi makna lagu favorite anda, apakah kamu mendapat makna yang tersirat dalam lagu tesebut, nah, makna tersirat inilah yang bisa ada jadikan sebagai referensi ketika ingin menulis artikel dan  lain sebagainya.
 
5. Membaca buku
Tidak heran lagi jikalau buku adalah jendela ilmu, berbagai sumber pengetahuan bisa kamu jumpai di buku, metode ini lebih saya sukai karna saya sendiri biasnya pergi ke perpustakaan untuk nebeng wifi perpustakaan yang kenceng dari pada menggunakan jaringan dari pihak ketiga.

Banyak sekali ide – ide yang dapat kamu tungkan dalam bentuk artikel tulisan setelah kamu membaca secara singkat isi buku. Metode memang lebih efektik dari pada yang lain bagi saya sendiri.
 
6. mendegarkan curhatan teman
Kepada siapa lagi bisa mencurahkan berbagai pengalaman hidup jika bukan kepada teman dekat, jika kamu memiliki teman lebih sekedar teman, pasti kamu akan banyak sekali kebanjikan berbagai curhatan yang menyanyat hati, seperti di dalam drama korea dan india saja, hehe

Yah, begitulah pada umumnya isi dari curhatan hati sahabat, lebih kurang masalah percintaan atau memang mau minjam uang untuk jalan malam minggu, hehe (kebanyakan teman saya).

Dari hasil informasi yang kamu peroleh dari curhatan teman, bisa saya dijadikan berbagai referensi untuk menulis artikel yang berema percintaan seperti, “tips mengatasi putus cinta agar tidak baper”.
 
7. membaca koran
Dan yang terakhir yang dapat kamu manfaatkan adalah penggunaan media koran atau media berita dalam bentuk visual. Cara ini cukup simpel dan mudah kamu gunakan, karna biasanya dapat kamu jumpai dimana saja, biasanya di dalam koran banyak sekali informasi yang dapat kamu peroleh baik itu tajuk berita, peristiwa tebaru, masalah kehidupan sehari – hari, iklan – iklan yang bertaburan hingga berbagai cerpen – cerpen ringan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai cara – cara mencari sumber ide dalam menulis yang dapat anda terapkan. Memang kita tidak bisa memaksakan pikiran yang sedang bleng karna dipengaruhi oleh perasaan tidak ingin menulis, atau pembawaan yang malas. Sebenarnya tidak harus dikaitkan dengan kegiatan tulis menulis, namun dengan mencari berbagai sumber pengetahuan berarti kamu secara tidak langsung juga telah belajar hal baru yang bisa saja bermanfaat dikemudian hari.

Semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi yang bagus buat anda yang sedang bingung-bingungnya untuk mencari ide yang akan ditulis, sampai jumpa lagi,bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

3 komentar untuk "Bingung mencari ide menulis, lakukan 7 tips berikut"

Berlangganan via Email