Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membasmi ulat pada jambu biji secara tradisional

Cara membasmi ulat pada jambu biji secara tradisional - Pada musim penghujan berbagai macam tumbuhan mulai mengalami proses pematangan  buah, namun pada musim hujan buah – buah yang dihasilkan pada umumnya  mudah sekali terserang oleh hama ulat yang benar – benar merusak isi dan kulit dari buah tersebut bahkan menjalar pada daun hingga batang pohoh.

Jika hal ini lambat ditangani maka buah akan mengalami kerusakan dari dalam sehingga terkesan mulus dari luar namun rusak dari dalam, dan akhirnya buah tidak bisa dinikmati lagi hanya karna gara– gara ulat.

Bagi petani buah, pada umumnya menggunakan berbagai bahan kimia untuk mengusir hama pada buah, penggunaan bahan kimia tentu memiliki efek samping bagi kesehatan manusia, untuk itulah kita sangat di anjurkan untuk selalu mencuci dengan bersih buah –buah yang dibeli pasar sebelum dikonsumsi langsung.

Cara membasmi ulat pada jambu biji secara tradisional
Cara membasmi ulat pada jambu biji secara tradisional

Nah, salah satu jenis tumbuhan yang mudah sekali terserang hama ulat pada musim penghujaan adalah tumbuhan jambu biji, serta berbagai jenis tumbuhan jambu lainnya.

Jika dalam skala kecil seperti berada pada perkarangan rumah, kamu bisa menggunakan cara tradisional untuk mengusir hama ulat pada tumbuhan jambu, cara tradisional akan lebih aman dan ramah lingkungan  sekitar anda.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengusir ulat pada tumbuhan jambu pada musim penghujaan agar buahnya bagus dan baik. Apa saja yng harus dilakukan? Untuk lebih jelansya, simak penjelasan berikut ini.

#Cara membasmi ulat pada jambu biji secara tradisional

Banyak versi yang mengatakan bahwa pada musim penghujan kenapa tumbuhan jambu yang akan berbuah akan menghasilkan buah yang lebih banyak ulatnya? Fakta yang dapat kita tangkap adalah pada musim penghujaan pada umumnya tumbuhan akan banyak mengalami proses pemekaran bunga. Bunga yang mekar akan menghasilkan nektar yang mengundang berbagai jenis kumbang (serangga) penghinsap nektar, nah kumbang ini akan berhinggap di sari dan putik bunga buah, walaupun tumbuhan dan kumbang mengalami proses yang sama – sama menguntungkan, yaitu bunga mengalami penyerbukan sedangkan kumbang akan mendapatkan makanan yang ia cari. 

Artikel terkait lainnya : 7 penyebab penyimpangan sosial pada anak dan individu masyarakat

Namun tahukan anda, ternyata ada beberapa jenis serangga penghisap nektar yang membawa berbagai telur ulat sehingga ketika ia hinggap pada bunga buah, otomatis telur ulat akan jatuh dan siap menetas di dalam daging buah. Versi lainnya mengatakan karna induk ulat itu sendiri yang memang merusak pertumbuhan buah tersebut.

Untuk itu cara tebaik untuk mengurangi dari permasalahan tumbuhan jambu yang berulat adalah dengan pencegahan lebih awal sebelum ulat merusak isi buah.

Cara yang digunakan cukup simpel serta sangat mudah di praktek-kan serta dijamin ampuh, nah, semoga saja jambu biji yang ada di perkarangan rumah anda bisa menghasilkan buah yang berkualitas, berikut ini cara membasimi ulas pada tumbuhan jambu baji yang dapat merusak buah, langkah – langkahnya sebagai berikut :
 
ALat dan bahan
  • Abu gosok
  • Air (penyemprot air0

Langkah-langkah menghilangkan ulat pada pohon jambu - Pertama siapkan alat dan bahan yang akan dibutuhkan
 
Siapkan selang atua media semprot untuk mencuci pohon jambu biji, lakukan menyeluruh dari daun dan barang

Setelah permukaan daun dan batang sudah bersih serta mulai agar kering, taburkan abu gosok sesuai dengan kebutuhan serta besarnya pohoh-nya, min 5 genggam tangan.

Taburi  dengan abu gosok pada daun dan bunga, serta lakukan dua kali seminggu, sampai proses buah sudah terbentuk, dengan melakukan tips diatas maka pohon jambu dan buahnya terbebas dari serangga hama ulat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai cara menghilangkan hama ulat pada tumbuhan jambu.

Sebenarnya masih banyak tips dan metode yang dapat anda terapkan untuk menghilangkan berbagai ulat pada pohon jambu salahnya dengan membiarkan serngga mendominasi tumbuhan tersebut, sebeb serangga dapat membunuh berbagai jenis hama ulat yang siap menggangu buah dan daun.

Memang benar bahwa pohon yang dapat menghasilkan buah apabila terdapat banyak jenis serangga maka ke-elokan buah akan lebih baik juga. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan anda, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membasmi ulat pada jambu biji secara tradisional"

Berlangganan via Email