Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memeram buah mangga dan sirsak yang mangkal menjadi matang dengan benar

Cara memeram buah mangga dan sirsak yang mangkal menjadi matang dengan benar - Menunggu proses matangnya buah pada pohon pada pohon pada umumnya memerlukan waktu yang lama, sehingga kadang – kadang petani bauh melakukan proses pematangan buah dengan cara pemeraman buah.

Terutama untuk buah pisang, sawo, sirsak serta mangga. Proses pemeraman buah memiliki kelebihan dan kekuranga, kelebihan yang dapat dirasakan yaitu proses matang-nya buah dapat dipercepat, sedangkan kelemahannya kadang – kadang buah tidak matang secara merata serta jika pada proses pemeraman mengalami kesalahan dapat menyebabkan rasa buah menjadi kurang manis.

Cara memeram buah mangga dan sirsak yang mangkal menjadi matang dengan benar
Cara memeram buah mangga dan sirsak yang mangkal menjadi matang dengan benar

Bagaimanakah cara memeram buah sirsak dan mangga yang benar? pada artikel sebelumnya saya telah menulis tentang  cara memeram buah sawo, pada proses pemeraman buah mangga dan sirsak hampir mirip dengan pemeraman buah sawo, hanya saja proses ini lebih mudah dan simpel, tidak susulit untuk buah sawo untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.
 

#Cara memeram buah mangga dan sirsak yang mangkal menjadi matang

Buah mangga memang salah satu buah favorite saya, selain rasanya manis, buah ini cukup mengenyangkan karna memiliki daging yang tebal, jikalau sudah diajak kekebun, buah yang paling saya incar dulu adalah bauh mangga. Selain itu jenis yang mirip buah mangga juga tatap menjadi incaran saya seperti kuini, hampalam, hambawang, hambacang, dan lain sebagainya.

Artikel terkait lainnya : Tips menemukan bakat dan hobi anda untuk memulai merintis usaha yang baik

Biasanya ketika petik buah mangga atau hampalan, jarang sekali buah matang di pohoh, selalu masih dalam keadaan mangkal, tetapi tenang saja karna kita masih misa meraskan aroma  buah yang matang dengan proses pemeraman buah. Untuk proses pemeraman bauh mangga, dan sirsak serta buah – buah lainnya hampir mirip, sehingga proses ini juga berlaku untuk semua buah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :
 
Step 1 – Petik bauh dari pohoh, jikalau bisa usahakan tidak terbentur tanah, jikalu pohon sangat tinggi usahan untuk mengurangi benturan keras pada buah yang jatuh.
 
Step 2 – bersihkan buah dari kotoran dan getah yang menempel pada kulit buah
 
Step 3 – untuk mempercepat proses pematangan buah, kamu dapat melakukan penjemuran buah dibawah sinar matahari langsung selama 1 hari, jika cuaca tidak bersahabat proses bisa anda tinggalkan
 
Step 4 – siapkan kardus bekas, susun buah secara rapi masukkan satu persatu, tutup karudus, letakkan di ruangan yang kering dengan suhu yang stabil.  Proses pemeraman juga dapat dilakukan di ruangan terbuka , dengan hanya meletakkan buah pada area tebuka
 
Step 5 – jangat terlalu sering memencet buah, membuka kardus, atau menyentuh buah, selama 2 -3 hari.
 
Step 6 – pada umumnya buah akan matang pada hari ketiga atau keempat, bauh yang  sudah matang siap untuk dikonsumsi.
 
Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan proses pemeraman buah mangga dan sirsak, jika kita pelajari buah akan tatap matang dengan sendirinya tampa anda lakukan langkah – langkah diatas, hanya saja ketika melakukan perawatan sedikit pada buah, maka proses pemeraman akan berlangsung secara baik hal ini bertujuan menghindari buah yang tidak matang secara utuh dan bersamaan serta menghindari rasa buah yang hambar (tidak manis).

Kita pelru tahu bahwa buah yang matang dari pohon tentu memiliki rasa yang jauh lebih manis serta memiliki aroma dan rasa  yang original ketimbang buah yang mengalami proses pematangan dengan cara di peram, untuk membedakan buah yang mengalami proses pemeraman atau tidak pada buah mangga, kamu bisa melihat tekstur kulit buah. Secara sekilat ada perbedaan pada kulit mangga, untuk mangga yang matang di pohon akan memiliki terkstur bentuk kulit yang mulus serta tidak kerucut, sedangkan untuk buah yang mengalami proses pematangan secara tidak langsung atau di peram akan lebih pudar warnanya, serta memiliki bentuk kulit kusut dan terlihat ada  beberapa kerutan – kerutan pada kulit buah.

Walaupun demikian buah yang matang secara langsung atau tidak langsung, tetap memiliki rasa yang manis dan lezat, semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai proses pemeraman buah, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara memeram buah mangga dan sirsak yang mangkal menjadi matang dengan benar"

Berlangganan via Email