Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menjaga balita agar aman dirumah untuk menghindari kecelakaan pada anak

Cara menjaga balita agar aman dirumah untuk menghindari kecelakaan pada anak - Utamakan keamanan – balita adalah masa dimana anak – anak sangat aktif dalam kesehariannya. Ia selalu melakukan hal – hal yang menurutnya dapat memberikan kegembiraan pada dirinya.

Ia mampu melakukan hal – hal yang menakjubkan, serta perilaku –prilakku tak terduga sehingg kadang – kadang kita merasa kewalahan dalam menghadapinya. Lengah sedikit saja bisa menimbulkan efek cukup vatal.

Cara menjaga balita agar aman dirumah untuk menghindari kecelakaan pada anak
Cara menjaga balita agar aman dirumah untuk menghindari kecelakaan pada anak

Kenapa bisa seperti ini? Kita telah mengetahui bahwa anak-anak pada fase balita adalah tahapan bimana anak – anak sudah mampu bermain sendiri serta melakukan hal – hal yang baru, namun belum mampu membedakan mana yang benar dan salah, mana yang baik untuk dirinya, dan tidak baik untuk dirinya. Kamampuan seperti ini disebut dengan penalaran. Pada fase balitas anak – anak belum mampu menalar dengan baik.

Untuk itu dalam hal ini andalah yang berperan mengawasi dan melindungi si buah hati, anda harus bertanggung jawab untuk selalu memantau dan melindungi balita dari bahaya kecelakaan dirumah.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan menyajikan beberapa tips yang dapat anda lakukan dirumah untuk menghindari kecelakaan pada balita. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 

#Tips menjaga balita agar aman dirumah

Pernahkan anda membaca berita anak yang jatuh dari ketinggian karna lepas dari pengawasan orang tua, atau anak balita yang tenggelam di kolam renang karna kelalaian dari orang tua, semoga hal ini tidak terjadi pada semua anak –anak kita dan pembaca sekalian.

Jika sudah seperti ini siapa yang akan disalahkan? Tentu saja orang tuanya yang tidak bertanggung jawab menjaga dan mengawasi anak balita dengan baik, agar hal ini tidak tejadi, berikut ini beberapa tisp sederhana menjaga anak balita agar aman dirumah, diantaranya sebagai berikut :
 
1. Jangan pernah meninggalkan balita anda sendirian tampa pengawasan
Bagi ibu rumah tangga yang super sibuk sering sekali menyepelekan hal ini, padahal resiko yang ditimbulkan sangatlah vatal karna kita tidak tahu apa yang dilakukannya,  untuk itu sebagai orang tua yang baik untuk selalu tetap mengawasi dan mengontrol kegiatan anak walaupun anda sangat sibuk.
 
2. Jangan pernah meninggalkan balita anda di dekat kolam renang tampa ada yang menjaga dan mengawasinya walaupun hanya sekejap
Sebaiknya anak – anak balita dijauhkan dari area kolam renang karna cukup berbahaya terutama tampa pengawasan dan benar, anak – anak balita yang kecebur ke kolam renang tidak akan bersuara, untuk itu kenapa kita tidak boleh lepas dari pengawasan walaupun hanya sedetik ketika anak – anak balita bermain di area kolam renang .

tips sederhana yang dapat anda lakukan yaitu ketika anak balita ingin bermain air, sebaiknya anda langsung mengajaknya bermain air atau melatihnya berenang, itu lebih baik karna langsung dari pengawasan anda.
 
3. Pastikan anda mengosongkan kolam ikan, wastafel, dan ember setelah bermain
jika anda memiliki kolam ikan buatan yang terbuat dari plastik yang ditiup dengan angin, biasanya cara penggunaannya di isi dengan air, lalu anak – anak akan memancing ikan dari luar. Usahakanlah ketika anak – anak balita selesai bermain di bawang pengawasan anda, kamu harus selalu merapikan setidaknya mengembalikan permaian yang dapat menimbulkan bahaya, contohnya seperti mengosongkan air pada kolam pemaincing ikan, ember , dan lain sebagainya.
 
4. Pastikan balita anda tidak memasukkan dedaunan, biji-bijian atau benda – benda kecil ke mulut
Hal – hal seperti sering sakali saya lihat anak – anak balita dilingkungan saya,rasa-rasanya saya cukup ngilu juga jika memperhatikannya,  jika kita bayangkan bagaiman jika  benda – benda kecil itu sampai tertelan oleh anak balita, jika sudah begini, pasti ujung – ujungnya bisa menimbulkan penyakit. 

Artikel terkait lainnya : Cara membuat kalung mendali penghargaan yang bagus dari pita dan kertas warna

Tips sederhana hindari membeli permainan anak – anak balita dengan diameter yang mudah tertelan oleh anak, karna kebanyakan kasus yang tejadi anak – anak banyak tertelan oleh permainannya sendiri. Orang tua sering cerobah tentang masalah ini
 
5. pastikan balita anda memakain sepatu yang aman untuk dirinya, serta tidak terlalu sesak
Sepetu juga menjadi masalah kecil dan sepele tapi cukup menimbulkan bahaya juga, usahkan ketika membeli sepetu anak – anak balita tidak menggunakan tali, karna biasanya sepetu yang menggunakan tali mudah lepas, dan terpijak sehingga dapat menimbulkan anak – anak balita menjadi jatuh, selain itu sepetu yang terlalu ketak dan sesak dapat memicu kaki anak balita menjadi lecet.
 
6. Pastikan papan, paku atau bahan bangunan berbahaya lainnya tidak ada di dalam rumah dan  halamam rumah anda
Ternyata tempat bermain anak balitas-pun harus anda perhatikan apakah aman atau tidak, terkadang berbagai kontruksi bangunan ada yang mengalami masalah seperti paku pada papan, tiang besi pada beton dan lain sebagainnya, mengetahui berbagai tempat yang aman bagi balita dirumah haruslah anda ketahui, setidaknya anda berusaha memperbaikinya ketika mengetahui ada kontruksi bangunan rumah yang rusak.
 
7. Pastikan pagar dan pintu gerbang anda terkunci bagi balita
Anak – anak mudah sekali terpengaruh dengan kebisingian di dunia luar terutama di jalan raya, kadang – kadang ketika lengah sedikit saja, anak – anak balita tampa sengaja bermain diluar rumah, ketika pintu rumah atau pagar rumah tidak ditutup, bisa saja anak balita tertarik untuk pergi ke jalan raya, untuk menghindari hal ini setidaknya pastikan pintu rumah dan pagar terkuci dengan baik
 
8. Pastikan mainan balita anda aman dan bebas dari bagian kecil dan beracun
Ada beberapa simbol yang sering di tunjukkan dalam berbagai bentuk mainan anak – anak, misal tidak untuk dimulut serta hanya untuk umur 6 tahun keatas. Perintah dan tata cara pemakaian permainan haruslah anda ketahui jangan sampai tidak cocok untuk anak – anak balita.

Selain itu ada beberapa permainan anak yang beracun seperti penggunaan plastik yang tidak sehat, atau penggunaan cat yang tidak baik pada mainan anak – anak balita. Intinya sebelum mimilih permainan anak setidaknya harus mengetahui terlebih dahulu cara penggunaan, baik untuk keamanan maupun kesehatan.
 
9. Pastikan balita menggunakan tabir surya atau topi ketika ingin bepergian keluar rumah untuk menghindari paparan sinar matahari langsung
Kulit balita masih cukup sensitif, penggunaan tabir surya atau topi setidaknya dapat mengurangi paparan sinar matahari langsung. di era sekarang paparan sinar matahari cukup berbahaya karna lapisan ozon bumi telah banyak yang rusak akibat dari efek rumah kaca
 
10. Pastikan semua hewan peliharaan ramah untuk balita anda
Bagi anda pecinta hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, kelinci dan lain sebagainya. Pastikan hewan peliharaan ramah terhadap anggota keluarga anda termasuk balita. Yang perlu di perhatikan juga ketika anak – anak balita mendekati hewan peliharaan pastikan anda mengawasinya sebab terkadang anak balita memperlakukan hewan peliharaan yang bisa membuat dia marah sehingga dapat menyerang balik, pengawasan anda sangat penting dalam hal ini.

11. Pastikan balita anda tidak bermain di jalur keluar masuk mobil dimana pengendara tidak menyadari dan menyangka ada anak kecil di situ
Jika anda memiliki mobil dirumah tentu memiliki garasi, sebaiknya anak – anak balita tidak bermain di garasi mobil atau jalur lalu lalang mobil masuk rumah. Terkadang orang rumah tidak mengetahui ada anak – anak balita bermain disitu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Cara menjaga balita agar aman dirumah untuk menghindari kecelakaan pada anak.

Kecelakaan ringan dan berat sering dialami oleh balita ketika sedang asik bermain, keselahan dan kecelakaan ini paling banyak tejadi ketika orang tua lalai atau lengah dalam penjagaan balita.

Selain itu penyebab lain yang sering terjadi karna meremehkan hal – hal sepele yang menurut anda aman untuk balita, padahal tersimpan bahaya yang mengintai.

Intinya adalah bahwa fase balita adalah fase dimana anak – anak sangat aktif, sebagai orang tua yang bijak tentu mengetahui berbagai hal yang baik untuk balita serta hal yang tidak baik untuk balitas. Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan anda dalam merawat anak – anak dan balita dari  segi keamaan di rumah. Sampai jumpa lagi , bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara menjaga balita agar aman dirumah untuk menghindari kecelakaan pada anak"

Berlangganan via Email