Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat berkompetisi dalam suatu permainan atau hal lain yang sering diabaikan

Manfaat berkompetisi dalam suatu permainan atau hal lain yang sering diabaikan - Kita sering salah persepsi mengenai kata lomba atau kompetesi. Dalam benak kita hanya ada dua kata yaitu “kalah” dan “menang”.

Pemikiran – pemikiran seperti inilah yang kadang -  kadang merusak suatu maksud di adakannya suatu hal temasuk mengadakan perlombaan atau even-even tertentu.

Coba bayangkan jika didalam benak seseorang hanya ada pemikiran saya harus menang. Apa jadinya ketika dia kalah. Mungkin kebalikan dari kebahagian yang dirasakan, bisa saja menajadi prustasi atau merasa minder dengan kemampun yang dimiliki.

Kita sudah sering mendegar kata bahwa: kalah dan menang itu sudah biasa dalam suatu pertandingan. Yang patut kita jaga adalah sportivitas dalam melakukannya. 

Sebenarnya kata lomba dan kompetetisi merupakan hal yang baik dalam suatu kegiatan karna dapat memberikan semangat kepada pemaian atau orang yang mengikuti kegiatan tersebut.

Manfaat berkompetisi dalam suatu permainan atau hal lain yang sering diabaikan
Manfaat berkompetisi dalam suatu permainan atau hal lain yang sering diabaikan

Namun yang perlu digaris bawahi adalah kita tidak boleh salah memaknai makna dari suatu lomba atau kompetisi itu sendiri. Sebelum diadakannya kegiatan lomba pada umumnya panitia lomba akan berpidato mengenai tujuan diadakan-nya even tersebut, rata-rata semua yang diucapkan itu benar. hanya saja dari para peserta dan sporter yang salah memahami makna dari lomba, kompetisi itu.

Secara umum ada 5 manfaat dan pelajaran yang harus dijadikan pendidikan dalam suatu perlombaan, baik itu kegitaan lomba, persaingan di dalam dunai bisnis, dan yang terkait liannya. 5 dasar ini dapat merubah pola dan minset anda memahami makna dan tujuaan diadakannya lomba yang sudah sering diabaikan, diantaranya sebagai berikut :

#Manfaat berkompetisi dalam suatu permainan

Menurut anda pribadi, lebih semangat mengikuti kegiatan yang diadakan karna hanya sebagai hiburan saja, atau sebagai ajang perlombaan? Rata – rata banyak menjawab lebih menyukai dan bersemangat ketika diadakan perlombaan atau kompetisi.

Kompetisi memang memberikan efek penyemangat bagi peserta lomba karna ada tujuan mengikuti kegitaan tersebut. Namun jika anda perdalami lagi filosofi diadakannya lomba tentu  bukan menuntut anda menang atau kalah tapi menuntut anda untuk menampilkan kebolehan anda sebaik – baiknya dan semaksimal mungkin. Makna – makna seperti inilah yang sering sekali terlupakan oleh para peserta lomba sehingga dalam benak dan pikiran mereka hanya ada obsesi menang.

Apa akibatnya ketika obsesi ini berlebihan, tentu akan menimbulkan efek tertekan bagi peserta lomba. Namun apa pula akibatnya ketika kalah, bisa jadi mengalami kekecewaan yang berat. Inilah efek yang ditimbulkan ketika memaknai bahwa perlombaan atau kompetisi itu adalah ajang ujung bakat yang harus ditonjolkan atau disombongkan.

Sebenarnya ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari diadakannya kompetis atau lomba, apabila kita dapat menyikap dan memaknai makan kompetisi itu dengan benar, insya’allah tidak ada kekecewaan dan tekanan dari pihak manapun, malah dapat menampilkan suatu yang tebaik sesuai dengan persiapan yang telah dilakukan.
 
1. Jadikan kemenangan sebagai wujud penguasaan, bukan keunggulan atas orang lain
Kemenangan bukanlah hal patut untuk disombongkan atau dibanggakan bahkan merendahkan orang lain,  tapi Jadikan kemenangan sebagai wujud penghargaan, bukan keunggulan atas orang lain. 

Artikel terkait lainnya : Cara membuat telur asin dengan mudah tampa abu gosok

Menghargai pemenang karena memiliki keahlian yang bagus, bukan sekedar “lebih baik” dari pada pemain lain. Dorong pemain lain yang kalah untuk tatap menampilkan yang terbaik serta keterampilannya juga di masa yang akan datang.
 
2. Menerima kemenangan ala kadarnya
Suatu hal yang luar biasa bisa diterima secara bijaksana dan ala kadarnya tampa harus berlebih – lebih hingga lawan kompetisi merasa minder dan iri.

Sebaliknya kesederhanaan akan memberikan rasa saling menghargai dan menimbulkan perasaan bahwa kemenangan bukanlah suatu keberhasilan tetapi awal dari perubahan yang lebih baik,  dengan kesederhaan akan memotivasi diri untuk tetap selalu melatih potensi diri sehingga tidak ada rasa sombong dan merasa telah hebat dari yang lain.
 
3. Mengajarkan kita untuk selalu sportivitas dan berlaku jujur
Suatu kegiatan akan terasa kotor ketika di isi dengan kecurangan (tidak sportivitas). Sportivitaslah yang menjadi patokan bagus atak tidaknya suatu lomba. Karna tampa sportivitas dan kejujuran semua kegitan atau perlombaan hanya di isi dengan kebohongan belaka.

Perlombaan mengajarkan kita untuk menunjung tinggi sportivitas sehingga secara tidak langsung telah mengajarkan kita arti kejujuran dan menghargai jerih payah orang lain dalam berusaha menampilkan yang terbaik.

Cara sederhana menunjukkan sportivitas antar pemain yaitu dengan melakukan berjabat tangan, saling tos setelah usai melakukan pertandingan.
 
4. Meningkatkan kemampuan diri dimasa yang akan datang
Jika anda bisa memaknai arti kata menang dan kalah semuanya memiliki manfaat dan hikmah yang terkadung didalamnya. 

Bagi si pemenang mengajarkan untuk tidak sombong, serta rendah hati, dan berusaha untuk melatih kamampun untuk lebih baik lagi.

Bagi si kalah tidak berpatah hati, putus semangat, namun dijadikan motivasi atau penyemangat diri untuk lebih baik lagi dan mau merubaha diri menjadi lebih hebat dimasa yang akan datang.

Jadi manfaat di adakannya perlombaan secara tidak langsung memeberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas dari peserta lomba.
 
5. Mengajarkan menerima kekalahan secara positif
Kalah, what? Siapa yang ingin kalah, tentu tidak ada yang ingin. Apapun model kompetisinya tidak ada satupun yang ingin kalah. Tapi bukan berarti anda tidak pernah kalah, justru yang sering terjatuh yang akan menjadi lebih hebat jika kamu tahu makna sesungguhnya kekalahan itu.

Ketika kamu menggap sebuah kompetisi itu adalah suatu keharusan untuk menang, maka secara otomatis akan memberikan efek yang negatif ketika kalah.

Menerima kekalahan berarti melatih mental sabar dan pantang menyerah serta menerima sesuatu sesuai dengan yang di usahakan, tampa anda sadari dengan menerima  kekalahan secara positif berarti anda telah menang (kemenangan yang tertunda)

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Manfaat berkompetisi dalam suatu permainan. Tidak semua permainan dapat di jadikan ajang perlombaan, ada beberapa jenis perlombaan yang malah justru hanya sekedar sebagai edukasi atau sebagai ajang persahabatan.

Penyesuain kondisi dan keperluaan akan memberikan penepatan suatu perlombaan menjadi maksimal, kompetisi sangat baik dilakukan untuk mengukur kemampuan para peserta yang bermain jika dibandingkan dengan bermain saja. Semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan pemahaman baru buat anda mengenai kompetisi.  Sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Manfaat berkompetisi dalam suatu permainan atau hal lain yang sering diabaikan"

Berlangganan via Email