Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya pelayanan prima sebagai strategi pemasaran produk

Pentingnya pelayanan prima sebagai strategi pemasaran produk - Pelayanan prima (excellent service) adalah segala upaya kegiatan terbaik yang dilakukan oleh penjual/produsen (barang dan jasa) kepada pelanggan/konsumennya. Sebuah usaha dapat dipat dikatakan sukses apabila minat konsumen atau pelanggan tertarik untuk membeli produk atau jasa anda.

Banyak sekali strategi dalam menarik perhatikan dari konsumen salah satunya strategi pelayan prima. Tujuan di adakannya pelayanan prima tidak lain yaitu untuk meraih kepuasan pelanggan itu sendiri. Seperti pepatah mengatakan pelanggan atau konsumen itu dapat dianggap sebagai raja yang harus di layanai sebaik mungkin.

Pentingnya pelayanan prima sebagai strategi pemasaran produk
Pentingnya pelayanan prima sebagai strategi pemasaran produk

Semakin tinggi pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan akan semakin puas hasil yang dapat anda peroleh. Tentu saja dengan adanya pelayanan prima dapat menguntungkan kedua belah pihak baik dari pihak konsumen maupun produsen.

Coba anda bayangkan ketika anda pergi kesalah satu toko baju dimana terdapat salah satu pelayan baju yang menawarkan produk baju dengan ramah serta denga palayanan yang apik sehingga kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama, apa yang kamu rasakan, tentu kamu merasa senang telah dilayani dengan sebaik mungkin dari para pegawai toko, sehingga secara tidak langsung anda menjadikan toko baju miliki A sebagai tempat langganan anda.

Namun sebaliknya ketika anda pergi ke toko baju miliki si-B, palayanan yang diberikan dari pegawai toko sangat tidak supan serta cuek  dan jutes, anda merasa tidak diperhatikan dan lain sebagainya,. Bagaimana perasaan anda? Bisa jadi anda telah menanamkan pikiran di dalam hati, jikalau ingin membeli baju saya tidak ingin berbelanja miliki toko B”

Inilah alasan mengapa pelayanan prima sangatlah penting dalam manarik konsumen dalam memasarkan produk atau jasa-nya. Bila palanggan merasa puas, mereka akan datang kembali dan menginformasikan kepada teman – temannya tentang pengalamannya ketika berbelanja di toko anda.

Bagi anda yang memiliki usaha atau bekerja dalam suatu usaha milik orang lain dalam bagian (pemasaran produk – sekretaris, dll) setidaknya mengetahui tentang apa itu palayanan prima bagi palanggan.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai mendisktripsikan pelayanan prima untuk pengusaha dan pekerja dalam  bidang pelayanan, untuk lebih jelasnya simak, simak ulasan berikut ini.
 
#Pengetahuan pelayanan prima untuk pemilik usaha
Telah dijelasnkan panjang lebar diatas bahwa, setiap usaha perlu berbagai strategi pemasaran dan penjualan agar produk yang ditawarkan dapat menarik konsumen lebih banyak, salah satunya dengan menerapkan palayan prima.

Bagi anda yang memulai usaha baru, setidaknya tahu secara singkat tentang pelayanan prima bagi pelangga, pengetahuan ini berguna untuk mengarahkan pegawai atau pekerja anda agar dapat bekerja secara sopan, ramah dan menyenangkan bagi pelanggannya.

Identifikasi kebutuhan pelanggan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang apa saja yang menjadi kebutuhan pelanggan. Secara umum, pelanggan membutuhkan hal – hal berikut :
 
1. Kualitas produk (barang/jasa) yang dijual
Kualitas adalah prioritas utama yang harus anda pertahankan dari produk atau jasa yang anda buat, untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggan tentu di iringi dengan produk atau jasa yang berkualitas dari pada produk yang lain dengan model yang sama.
 
2. Pelayanan penjualan
Setelah mengedepankan kualitas barang, maka selanjutnya di iringi dengan pelayanan yang baik kepada palanggan, yaitu dengan menerapkan pelayanan prima, bagi pemilik usaha atau pekerja yang bertugas harus mengetahui tanggung jawab-nya masing – masing dengan mengedepankan kepuasaan pelanggan.
 
3. Harga yang pantas
Barang yang berkualitas tentu di iringi dengan harga yang pantas, namun ada kalanya kita juga harus memperhatikan harga – harga patokan pasar, jangan sampai pelanggan atau konsumen anda lari karna harga patokan anda terlalu mahal, initinya kualitas produk  adalah faktor yang  menentukan tinggi rendahnya harga barang yang akan dipasarkan.
 
4. Ketepatan waktu
Jika anda bergerak dalam pemaran online, pada umumnya pasti mengirimkan barang lewat jasa pengiriman barang, nah, banyak sekali para konsumen yang mengeluhkan barang yang dikirim kadang – kadang tidak sesuai dengan jadwal yang telah dijanjikan, hal ini sering sekali saya alami.

Artikel terkait lainnya : Cara mengawetkan bumbu masakan (dapur) agar tetap segar dan mudah digunakan

Kepercayaan pelanggan sangat penting harus anda pertahankan, usahakan memilih jasa pengiriman barang yang berkualitas agar tidak menggangu dalam proses pengiriman barang.
 
5. Tempat yang nyaman
Kenapa produk yang dijual di supermarket dengan produk yang dijual dipinggir jalan berbeda harganya walaupun dengan merek dan kualitas yang sama. Faktor utamanya adalah tempat yang bersih serta rasa nyaman berbelanja. 

Anda tidak perlu membayangkan harus membuka supermarket dengan berbagai fasilitas yang lengkap, dengan menjaga kebersihan, ruangan yang rapi, pelayanan yang baik, ramah dan menyenangkan juga termasuk dari cara agar pelanggan atau konsumen merasa puas.
 
6. Akses informasi yang jelas
Akses informasi tentang usaha anda baik secara ofline atau online haruslah jelas agar memberikan rasa kepercayaan kepada pelanggan, biasanya para konsumen akan bertanya – tanya dulu tantang berbagai hal, jika akses infomasi anda kurang jelas, biasanya dapat mengurangi tingkat kepercayaan konsumen, tentu saja hal ini dapat mengurangi penjualan anda.
 
7. Fasilitas yang memadai
Bagi kelang atas mungkin fasilitas – fasilitas yang digunakan sudah dibilang cukup memadai, tapi bagaimana dengan para pelaku bisnis kelas sedang dan bawah. Segala fasilitas penunjang itu sangat penting untuk kepuasan pelanggan, tapi adakalanya kita harus menyesuaikan kondisi kita, untuk itu pilihlah mana yang harus didahulukan dan diadakan, jikalau ada barang yang tidak terlalu penting anda tidak perlu mencantumkan dalam fasilitas yang harus dipenuhi.
 
8. Layanan purnajual
Layanan purnajual (after seles service) juga termasuk dari kebutuhan pelanggan yang harus anda memiliki untuk dapat memasarkan produk anda dengan lebih cepat dan efesien.
 
#Pengetahuan pelayanan prima untuk pekerja/pegawai yang berhubungan dengan pelayanan
Pengetahuan tentang pelayanan prima tidah hanya harus diketahui oleh pemiliki usaha namun juga dari para pekeja yang berada di usaha tersebut.

Karna sesungguhnay penanganan langsung seorang konsumen itu adalah para pelayan/pegawai/pekerja tesebut. Pemimpin atau pemilik usaha hanya mengatur dan mengarahkan saja. Pengetahuan dasar ini wajiblah diketahui oleh orang yang bekerja dalam urusan pelayanan, kegiatan pelayanan prima pada umumnya bertumpu pada 3 konsep utama, yaitu :
 
#Attitude (sikap)
konsep sikap yang diharapkan di tujukkan oleh penjual terhadap pelanggan/calon pembeli berhubungan langsung mengenai :

  • penampilan yang menarik
  • berpikir positif
  • hormat, ramah, dan sopan santun

#Attention (perhatian)
Pelanggan/calom pemali menghendaki perhatian dari penjual dalam beberapa hal yaitu :

  • Mendengarkan kebutuhan pelanggan
  • Menaruh perhatian penuh pada pelanggan

#Action (tindakan)
Tindakan yang dimaasud adalah perilaku yang ditunjukkan oleh penjual pada saat transaksi berlangsung. Hal – hal yang diharapkan dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Menulis semua kebutuhan pelanggan
  • Melakukan konfirmasi atas kebutuhan tersebut
  • Mewujudkan kebutuhan pelanggan
  • Memastikan semua kebutuhan telah terpenuhi
  • Melakukan pengemasan sesuai standar
  • Menyampaikan permohonan maaf bila ada yang kurang atau tertinggal
  • Serta mengucapkan terima kasih atas transaksi yang telah dilakukan

Tindakan yang dimaksud adalah perilaku yang ditujukkan oleh penjual pada saat transaksi beralangsung, hal – hal yang diharapkan dilakukan adalah yaitu:

Bagi pelaku usaha  atau pegawai yang mengurusi pelayanan produk harus menanamkan prinsip ini dalam usahanya dan pelayanannya mengenai tentang pelayanan prima yaitu :

“saya akan berbahagia bila orang lain berbahagia karena saya, dalam kondisi seperti ini, pelaksanaan pelayanaan kepada pelanggan benar-benar diupayakan semaksimal mngkin agar pelanggan bahagia atau puas, karena kepuasaan pelanggan akan membuat penjual ikut berbahagia karna masuknya keuntungan yang lebih besar”

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Pentingnya pelayanan prima sebagai strategi pemasaran produk.

Banyak pelirik usaha kelas atas sudah menerapkan konsep pelayanan prima dalam setia aspek kegiatan yang dibangun, jika anda perhatikan para pegawai di supermaket tentu ramah tamah bukan, atau para pegawai bank pasti sopannya minta ampun ditambah lagi cantik – cantik bikin klepek – klepek, hehe. Kalau sudah pergi ke-bank rasanya mau datang lagi. Hehe.

Bagi anda yang sedang merilis usaha kecil – kecil, misalkan berjualan bakso, tidak ada salahnya menerapkan konsep pelayanan prima yang baik, dengan strategi pelayanan yang baik, dijamin pengungjung akan datang lagi warung anda.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahun dan wawasan anda mengenai pelayanan prima kepada pelanggan, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga:

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Pentingnya pelayanan prima sebagai strategi pemasaran produk"

Berlangganan via Email