Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat tempat idcard atau kartu nama peserta dalam kegiatan dengan murah meriah

Cara membuat tempat idcard atau kartu nama peserta dalam kegiatan dengan murah meriahApa itu idcard? idcard adalah kartu nama peserta atau panitia yang di kenakan sebagai bukti mengikuti kegitan yang sedang diselenggarakan, idcard termasuk atribut dalam suatu kegiatan. idcard dapat di artikan juga sebaga kartu berisi informasi pribadi si pemakai, idcard pada dasarnya mempunyai fungsi sebagai kartu yang berguna memberikan informasi kepada orang lain secara langsung dengan melihat idcard yang dipasang oleh si pemakai (id)

Pada umumnya okarde atau kartu nama cukup mudah kita temukan dipasar atau toko dengan bentuk dan variasi yang berbeda – beda, ada yang dikenakan menggunakan tali dan ada pula yang dikenakan denga penjepit besi.

Dalam suatu kegiatan, penggunaan kartu nama peserta (okarde) cukup diperhatikan, mengingat benda ini sebagai bukti yang membedakan antara pengunjung atau peserta ataupun panitia penyelenggara, dengan adanya okarde, seluruh anggota yang mengikuti kegiatan tersebut dapat membedakan mana peserta ataupun panitia.

Untuk itu penggunaan okarde dalam setiap kegiatan harus anda cantumkan apabila anda termasuk panitia penyelenggara.  Pernahkan terbenak dalam pikiran anda untuk membuat bentuk tempat okarde sendiri?

Hemz, kelihatannya menarik bukan? Sebenarnya panitia itu tidak mau yang ribet – ribet, jika ada dana tentu lebih baik membeli untuk menghemat energi dan waktu. Tapi pernahkah kamu menjadi panitia penyelenggara dengan dana yang minim sehingga semuanya harus diperhitungkan dengan baik, salah satunya pembuatan kartu nama peserta da panitia (Okarde).

Kejadian ini pernah saya alami, ketika mengadakan kegiatan perkemahan antar sekolah, karna pesertanya banyak di dukung dengan jumlah panitia, ditambah dengan dana yang minim, membuat saya dan seluruh kru yang bertugas harus berpikir estra dari segi kegiatan dan dari segi pengeluaran, hehe, maklum di desa – desa.

Oke, kita lanjut pembahasan kita, karna keterbatasan dana, membuat kami semua harus mencari alternative dari setiap yang dibuat, temasuk masalah pembuatan  kartu nama peserta dan panitia (okarde)  yang tidak mungkin harus membeli di toko karna terlu mahal hanya sekedar kartu nama, lebih baik uangnya digunakan untuk keperluan yang lebih mendesak saja.

Akhirnya kami menemukan solusi untuk permasalahan ini, yaitu dengan membuat sendiri tempat karut nama peserta (okarde) dengan tetap memperhatikan keindahan dan kerapiannya, supaya tidak malu- maluin, hehe tetapi dengan dana yang murah meriah.
Naha, dalam artikel kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai cara membuat kartu nama (okarde) dengan mudah dan murah meriah. Bagaimana proses pembuatannya? Untuk lebih jelasnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.

#Cara membuat tempat kartu nama (idcard) dengan murah meriah

Setalah kita menyimak penjelasan diatas, mari kita tancap ke proses pembuatan kartu nama ini (okarde), sebelum ke proses pembuatan, sediakan dulu bahan dan alat yang akan digunakan.

Artikel terkait lainnya : Pengertian dan ciri-ciri kalimat tanya dalam Bahasa indonesia

Salah satu yang harus anda persiapkan terlebih dahulu adalan desain kartu nama itu sendiri (okarde) tentukan ukurannya sesuai standar yang ada, setelah selesai dibuat cetak sebagian sebagai contoh untuk tempat/wadah okarde yang akan kita  buat. Saya anggap anda sudah memiliki desain yang telah anda buat. Selanjutnya siapkan bahan dan alat berikut ini :
  • Gunting
  • Pelubang kertas
  • Kertas tebal (karton) atau kertas bekas lainnya seperti kotak r@kok, kertas obat nyamuk atau sejenisnya
  • Plastic putih pembungkus gula, ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran desain okarde, bisa 1/5 kg atau ¼ kg
  • tali okarde warna


#Proses pembuatan tempat idcard (kartu nama peserta)
Langkah pertama – siapkan desain okarde (kartu nama peserta) yang telah anda buat, dan prin, usahakan lebarnya telah disesuaikan dengan ukuran plastic, misal platik gula ¼ kg

Langkah kedua – gunting desain okarde (kertas nama peserta) dengan rapi serta kertas karton sebagai pelapis belakang okarde , lebih baik menggunakan kertas yang agak lebih keras agar okarde yang dibuat tidak mudah terlipat atau tergulung, mengingat bungkus plastic sangat lembek dan lentur.

Langkah ketiga – masukkan desain okarde dan pelapis belakangnya pada pelastik gula

Langkah keempat – jika ukuran desain okarde (kartu nama) terlalu kecil dari bungkus atau plastic gula, anda bisa melakukan lipatan pada bagian sisi plastic, supaya ukuran plastic dan desain okarde sama rata.

Cara membuat okarde atau kartu nama peserta dalam kegiatan dengan murah meriah
Cara membuat idcard atau kartu nama peserta dalam kegiatan dengan murah meriah

Langkah kelima – selanjutnya beri lubang pada bagian atas okarde (kartu nama peserta) dengan pelubang kertas, lakukan pada kedua sisi atas kiri dan kanan

Cara membuat okarde atau kartu nama peserta dalam kegiatan dengan murah meriah
Cara membuat idcard atau kartu nama peserta dalam kegiatan dengan murah meriah

Langkah keenam – langkah terakhir tinggal memasukkan tali okarde warna pada setiap bagian yang telah di lubangi, jangan lupa ikat ujungnya agar tali tidak lepas. Proses selesai, okarde siap digunakan dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat okarde atau kartu nama peserta dalam kegiatan dengan murah meriah
Cara membuat idcard atau kartu nama peserta dalam kegiatan dengan murah meriah

Nah, mudah bukan cara membuat kartu okarde (kartu peserta) dari bahan – bahan yang murah meriah namun tetap terkesan rapi, dari pada menggunakan kertas kardus ditambah tali rapia, pasti gak elok kelihatannya.

#Keuntungan dari segi biaaya
Jika kita bandingkan pengeluaran dari buatan sendiri hanya sebesar Rp.1.500 saja/okarde, jika jumlah peserta terdiri dari 80 orang maka pengeluaran yang dibutuhkan untuk keseluruhan yaitu Rp. 120.000 saja.

Coba kita badingkan dengan membeli wadah okarde (kartu nama), misal harga satu okarde kualitas baik Rp.6.000. jadi jika jumlah pesertanya 80, maka 80 x 6000 = RP. 480.000

Keuntungan dan penghematan anggaran yang berhasil di lakukan untuk sebuah okarde yaitu = 480.000 – 120.000 = RP. 360.000 wow hebat bukan.

Nah, semoga tips sederhana ini dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin mengadakan suatu kegiatan namun minin dengan biaya dan anggarannya, tak perlu khawatir, selama selalu kreatif dan ada usaha semuanya pasti terselesaikan, anak Indonesia pasti kreatif, apalagi anak PRAMUKA. Sampai jumpa lagi pada artikel unik lainnya, wasalam.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Cara membuat tempat idcard atau kartu nama peserta dalam kegiatan dengan murah meriah"

Berlangganan via Email